Kapanlagi.com - Oscar 2020 berlangsung Senin (10/2) waktu Indonesia. Ajang penghargaan film yang diselenggarakan oleh Academy of Motion Pictures Arts and Sciences ini telah memasuki tahun ke-92. Dan mengawali gelarannya, Janelle Monae, Steve Martin, dan Chris Rock langsung menohok dengan menyentil seputar jumlah nomine perempuan atau nomine berkulit warna yang sedikit.

"Ada banyak sutradara hebat yang dinominasikan tahun ini," kata Rock.

"Aku tak tahu, Chris. Aku rasa ada sesuatu yang kurang dari daftar tahun ini," timpal Martin.

"Va***a?" celetuk Rock. Ia menyebut alat kelamin perempuan. "YA BETUL," keduanya langsung sepakat dan hal tersebut disambut tepuk tangan dan tawa hadirin yang ada di venue.

Selain itu, tercatat hanya dua aktor berkulit warna dari duapuluh aktor yang masuk nominasi. Tidak ada sutradara wanita yang dinominasikan tahun ini. Seperti dilansir oleh CNBC, keterwakilan perempuan dan keberagaman kulit hanya nampak dari PARASITE (Korea Selatan) yang dibintangi oleh cast non kulit putih serta film LITTLE WOMEN yang castnya didominasi oleh aktor perempuan.

"Kami punya keyakinan kuat bahwa keterwakilan sangatlah bermakna, utamanya dalam film animasi," produser HAIR LOVE. Film animasi tersebut berkisah tentang keindahan rambut seorang gadis kulit hitam. Filmnya ini berhasil menang sebagai Film Animasi Pendek Terbaik. “Karena lewat animasi, kita pertama kali menikmati film (saat masih anak-anak) dan darisitu kita membentuk hidup serta cara pandang kita kepada dunia," tambahnya.

 

 

 

 

 

 

 

 

(kpl/dka)