DC Comics Vs Perusahaan Indonesia, Saat Superman Jadi Merek Wafer

Kistin Septiyani | Kamis, 30 Mei 2019 19:21 WIB
DC Comics Vs Perusahaan Indonesia, Saat Superman Jadi Merek Wafer

Kapanlagi.com - Superman merupakan karakter superhero yang sangat terkenal di seluruh dunia. Karakter ini diciptakan oleh DC Comics dan telah diangkat dalam banyak layar lebar. Karakter laki-laki berkekuatan super ini memiliki begitu banyak penggemar.

Namun siapa sangka nama superhero ini juga digunakan oleh sebuah produsen makanan ringan di Indonesia. PT Marxing Fam Makmur menjadikan Superman sebagai nama salah satu produk mereka yang berupa wafer. Tak hanya itu, mereka juga menampilkan karakter superman dalam kemasan jajanan tersbut.

1 dari 2 halaman

1. Digugat DC Comics

Hal ini tentu menyulut kemarahan dari pihak DC Comics sebagai pemilik hak cipta asli dari Superman. Mereka merasa keberatan dengan penggunaan nama Superman dalam produk kudapan tersebut.

Dikutip dari Vice, pada Rabu (29/5/2019), DC Comics mengajukan gugatan ke Pengadilan Niaga Jakarta Pusat pada 3 April 2018 silam. Namun sayangnya gugatan tersebut ditolak dan PT Marxing Fam Makmur masih menggunakan Superman sebagai nama produknya.

2 dari 2 halaman

2. Terjadi Berkali-kali

Kasus semacam ini ternyata bukan pertama kali terjadi di Indonesia. Beberapa brand besar dunia seperti IKEA, Onitsuka Tider, dan ASICS juga pernah mengajukan gugatan yang sama pada beberapa perusahaan di Indonesia. Namun sekali lagi, kasus tersebut dimenangkan oleh perusahaan dalam negeri.

Hal ini tentu saja memunculkan kegelisahan dan kekhawatiran. Ketua Asosiasi Pengusaha Indonesia (APINDO) mengungkapkan kekhawatiran mereka dengan sistem hukum yang ada di Indonesia. Kebijakan-kebijakan yang ada di Tanah Air bisa saja dimanfaatkan oleh sebagian orang yang tak bertanggung jawab untuk melakukan pelanggaran hak kekayaan Intelektual.

(kpl/TIN)


Editor:  

Kistin Septiyani

↑