Bosan dengan berita itu-itu saja? Download Aplikasi Liputan6

Doctor Strange Multiverse of Madness: Sebuah Petaka untuk Awal yang Baru

Kamis, 28 April 2022 13:03 WIB
Doctor Strange Multiverse of Madness: Sebuah Petaka untuk Awal yang Baru
Impawards

Kapanlagi.com -  

Tim penulis: Adham Adyatma, Aisyah Eka Aprilia, Yerisha Maharani Putri
Editor: Sanjaya Ferryanto

Setelah dihebohkan sekaligus dimanjakan dengan Spiderman: No Way Home Desember tahun lalu, para penikmat film Hollywood sekaligus penggemar berat Marvel Studio diberi kejutan sekali lagi untuk fase keempat pada Marvel Cinematic Universe. Pasti KLovers yang sudah menonton Spiderman: No Way Home di bioskop sudah mengintip sedikit tentang film terbaru MCU yang akan rilis pada bulan Mei mendatang, yap, Doctor Strange in Multiverse of Madness!

Now that you are AWAKE, it's time for you to wake right now!

Awake

Marvel Studios memutuskan untuk tidak memberi jeda bernapas para penggemarnya dengan merilis teaser pertama dari Doctor Strange in Multiverse of Madness pada post-credit scene Spiderman : No Way Home. Teaser yang berdurasi dua setengah menit itu mampu membuat para penggemar histeris di studio bioskop. Selain teaser pertama yang menghebohkan para penikmat Marvel di seluruh dunia, Marvel Studio juga merilis 1 trailer dan 2 poster.

Sebelumnya diketahui bahwa Doctor Strange memiliki peran penting di dalam cerita Marvel Cinematic Universe. Dimulai dengan Doctor Strange bersama dengan para Avengers lainnya berada di Planet Titan untuk menghentikan Thanos mendapatkan semua infinity stones. Lalu berlanjut saat Doctor Strange membantu Peter Parker untuk menghapuskan ingatan orang orang bahwa Peter Parker adalah Spider-Man. Dari dua adegan kemunculan Doctor Strange tersebut, dapat ditarik sebuah benang merah yang menunjukkan eksistensi dari Multiverse. Pada film Multiverse of Madness inilah kemungkinan akan lebih dijelaskan soal keberadaan Multiverse yang sudah sempat dimunculkan sedikit di film film yang melibatkan Doctor Strange.

Setelah 1 teaser, 1 trailer dan 2 poster yang dirilis sudah membuat para penggemar berspekulasi dan berekspektasi pada apa yang akan disajikan Kevin Feige dan tim untuk film Marvel Cinematic Universe pertama di 2022, berikut adalah kemungkinan yang bakal terjadi dan patut untuk diantisipasi pada Doctor Strange in The Multiverse of Madness: 

1. Varian Karakter Utama

Gambar

Setelah merilis teaser, trailer dan poster dalam kurun waktu 5 bulan, banyak penggemar yang berasumsi bahwa pada poster pertama yang rilis pada 22 December 2021, di mana ada 2 Stephen Strange dan 2 Wanda Maximoff bukanlah karakter yang sama, melainkan itu adalah varian dari kedua karakter tersebut. Penggemar Marvel Cinematic Universe akan sangat familiar dengan istilah varian yang pertama kali diperkenalkan pada series Loki (2021).

Beberapa teori dari penggemar menerka bahwa akan ada versi Wanda Maximoff yang baik dan yang 'jahat'. Selain itu, untuk tokoh utama kita sendiri yang diperankan Benedict Cumberbatch, Doctor Strange juga akan memiliki banyak varian yang akan muncul di Doctor Strange in The Multiverse of Madness. Salah satunya adalah 2 varian yang muncul pada series MCU versi animasi What If (2021). 1 varian dimana Doctor Strange kehilangan kekasihnya, Christine Palmer, dan karakter yang lain di mana Doctor Strange menjadi zombie.

2. X-Men atau Illuminati?

Gambar

Pada trailer pertama yang rilis melalui akun YouTube resmi dari Marvel Entertainment, diperlihatkan bahwa Doctor Strange sedang dikawal oleh segerombol pasukan kecil seperti Ultron menuju sebuah ruangan dimana muncul satu karakter yang sangat familiar dengan khas kepala botaknya, yaitu Charles Xavier atau Professor X, ketua dari tim X-Men. Beberapa penggemar melemparkan asumsi bahwa pada akhirnya X-Men akan debut di MCU melalui sekuel film Doctor Strange ini hanya dengan kehadiran Professor X di trailer.

Namun, ada teori lain yang cukup matang dimana bukan X-Men yang akan bergabung dengan Doctor Strange dan Wanda Maximoff, melainkan Illuminati. Berdasarkan komiknya sendiri, Illuminati adalah kumpulan dari perwakilan tim di Marvel Universe yang terdiri dari 7 orang, yaitu Namor (Perwakilan Atlantis), Reed Richards atau Mr. Fantastic (Perwakilan Fantastic Four), Tony Stark atau Iron Man (Perwakilan Avengers), Charles Xavier atau Professor X (Perwakilan X-Men), T'Challa atau Black Panther (Perwakilan Wakanda), Black Bolt (Perwakilan Inhumans) dan kemudian ada Doctor Strange (Sebagai Sorcerer Supreme dari bumi).

Hal ini dispekulasikan dikarenakan ada scene pada trailer dimana terdapat beberapa kursi tinggi saat Doctor Strange dikawal ke sebuah ruangan. Penggemar berasumsi tempat tersebut adalah ruang pertemuan Illuminati. Namun belum diketahui apakah ke enam member akan hadir atau akan ada perubahan nantinya untuk menyelaraskan dengan jalan cerita MCU yang bertema multiverse.
Jadi, KLovers lebih tertarik dengan jalan cerita yang mana? X-Men atau Illuminati?

3. Prediksi Multiverse of Madness dengan salah satu fans Marvel

Gambar

Menurut salah satu wawancara dengan penggemar yang sudah lama mengikuti film dari Marvel Cinematic Universe atau MCU, ekspektasi terhadap film Multiverse of Madness akan kembali berisikan fanservice namun tidak akan sebanyak film Marvel Cinematic Universe sebelumnya.

Kejutan atau fanservice ini dinilai adalah senjata terkuat Marvel Cinematic Universe untuk para penggemarnya selama fase 4. Hal inilah yang menjadikan penggemar berat Marvel Cinematic Universe selalu menantikan apa yang akan menjadi surprise untuk membuat mereka bernostalgia.

Penggemar dari MCU menganggap bahwa beberapa aspek yang disajikan dalam Doctor Strange in The Multiverse of Madness ini dari segi visual dan cerita akan lebih matang ketimbang film-film sebelumnya.

Selain itu, menurut salah satu penggemar yang kami wawancarai, prediksi terkuat karakter yang akan muncul dan hal ini dinantikan penggemar Marvel Cinematic Universe adalah Professor X. Professor X atau Charles Xavier sendiri adalah salah satu ketua dari tim X-Men yang berisikan para mutan. Professor X sendiri adalah seorang mutan yang dapat bertelepati dan berkomunikasi dengan mutan lainnya di bumi.

Prediksi ini dinilai sangat kuat dikarenakan, setelah rilisnya trailer pertama Doctor Strange in The Multiverse of Madness, di mana Doctor Strange ditangkap dan harus menghadapi beberapa orang atasan robot seperti Ultron, diperlihatkan meskipun tidak jelas bahwa itu adalah seorang Professor X yang diperankan oleh Patrick Stewart dengan suaranya yang khas.

Hal ini memperkuat ekspektasi penggemar bahwa Doctor Strange in The Multiverse of Madness akan menampilkan universe para mutan yang sudah lama tidak pernah terlihat lagi sejak beberapa tahun terakhir di film layar lebar, X-Men: The Dark Phoenix (2019) besutan 20th Century Studios.

“Saya berekspektasi bahwa universe 'mutan' akan masuk di dalam film Multiverse of Madness kali ini,” jelas penggemar tersebut.

“Multiverse kemungkinan akan menjadi anti-klimaks dari konflik multiverse, dimana Multiverse of Madness terlihat akan menyelesaikan permasalahan multiverse namun sebenarnya menjadi awal dari fase selanjutnya dari cerita Marvel yaitu soal multiverse,” jelas penggemar tersebut.

Bisa dilihat bahwa film Multiverse of Madness sebenarnya akan menjadi awal dari permasalahan tentang multiverse di ranah Marvel Cinematic Universe (MCU). Film Multiverse of Madness juga digadang-gadang akan menjadi pintu masuk untuk seri lama seperti X-Men yang sudah lama tidak terlihat kabarnya ke dalam Marvel Cinematic Universe yang sebenarnya X-Men juga masih termasuk dalam dunia dari Marvel itu sendiri.

4. Teori Unik di kalangan Penggemar Marvel Cinematic Universe

Gambar

Menurut wawancara pada penggemar, ada satu teori kuat yang menjadi plot utama Doctor Strange in The Multiverse of Madness bahwa Villain atau penjahat utama pada film ini besar kemungkinan adalah Wanda Maximoff. Hal ini berkaitan dengan series Wanda Vision yang rilis 2021 kemarin menceritakan bahwa pada akhirnya Wanda harus kehilangan Vision dan kedua anaknya, Billy dan Tommy. “Dari trailer yang sudah muncul, saya menangkap bahwa Doctor Strange akan mencoba mencari tahu tentang Multiverse kepada Wanda Maximoff dikarenakan perkara Multiverse adalah hal yang paling sedikit diketahui bahkan oleh kelompok sekelas Sorcerer Supreme sekalipun,” ungkap penggemar tersebut.

Menurut teori yang beredar, kehadiran America Chavez sendiri yang mempunyai kekuatan untuk melakukan perjalanan lintas universe akan menjadi sebuah bantuan untuk Doctor Strange dalam mempelajari masalah multiverse ini selain meminta bantuan pada Wanda Maximoff. Namun, hal ini akan menjadi sebuah masalah baru dikarenakan dapat menjadi peluang untuk Wanda Maximoff bertemu dengan anak-anaknya dari universe lain. Sehingga diisukan bahwa Wanda Maximoff akan menculik America Chavez untuk memanfaatkan kekuatannya.

Selain itu, cuplikan ketika Doctor Strange ditawan oleh sekelompok Ultron dan harus menghadap ke beberapa orang, yang menurut teori sekelompok orang ini adalah grup Illuminati, merupakan ganjaran untuk Doctor Strange yang terus melintasi beberapa universe yang merupakan hal terlarang. Dan diduga nantinya Doctor Strange malah akan membantu Illuminati ini dalam memberantas permasalahan multiverse ini.

Tidak hanya satu atau dua teori yang beredar di kalangan penggemar Marvel Cinematic Universe, melainkan puluhan teori pun dapat berspekulasi untuk menyambut film kedua di fase 4 Marvel Cinematic Universe ini.

Pada poster kedua dari Doctor Strange in The Multiverse of Madness dapat dilihat beberapa pecahan kaca di sekitar Doctor Strange. Beberapa dari penggemar melakukan analisa terhadap apa saja yang terlihat pada pecahan di poster tersebut dan salah satunya tameng di sebelah kanan bawah.

Yang membuat berbeda, itu bukan sembarang tameng seperti yang biasa dilihat di film-film Marvel Cinematic Universe dimana pemilik asli tameng adalah Steve Rogers atau Captain America. Melainkan tameng itu tidak akan terkesan asing untuk para penggemar atau penonton awam yang mengikuti series What If (2021).

Jadi tahu nggak kalian KLovers siapa pemilik tameng ini?

Yap, Captain Carter! Captain Carter atau Peggy Carter. Sosok kekasih Steve Roger di Captain America: The First Avenger (2011) ini memiliki cerita yang berbeda di series What If (2021) pada episode pertama. Di mana orang yang menjadi percobaan penyuntikan super serum Dr. Abraham Erskine bukanlah Steve Rogers, melainkan Peggy Carter itu sendiri dan menjadikan dia sebagai Captain Carter.

Jadi, bagaimana KLovers? Sudah siapkah kalian untuk membantu Doctor Strange memecahkan masalah Multiverse ini di Doctor Strange in The Multiverse of Madness?