MovieTalk: Eksplorasi Film Zombie ala Zack Snyder di 'ARMY OF THE DEAD'

Mahardi Eka Putra | 11 Mei 2021, 14:34 WIB
MovieTalk: Eksplorasi Film Zombie ala Zack Snyder di 'ARMY OF THE DEAD'

Kapanlagi.com - Zack Snyder baru-baru ini disorot karena trilogi film Superman dalam MAN OF STEEL, BATMAN V SUPERMAN: DAWN OF JUSTICE, dan JUSTICE LEAGUE: SNYDER'S CUT. Ia juga tenar lewat film superhero lain, WATCHMEN. Kini ia siap merilis film garapannya yang baru, ARMY OF THE DEAD. Ini mengingatkan awal karirnya di mana ia menggarap film zombie berjudul DAWN OF THE DEAD. 

Dalam film barunya ini, Snyder merangkap menjadi penulis skenario, sutradara, dan juga sinematografer. Bahkan dalam preskon virtual beberapa waktu lalu, ia juga membocorkan bahwa ia jadi cameo dalam filmnya. Sementara di jajaran aktor ada Dave Bautista, Hiroyuki Sanada, dan Ella Purnell yang jadi sorotan. 

Sekilas dari trailernya, ARMY OF THE DEAD bercerita tentang kota Las Vegas yang sudah jadi sarang zombie. Kota perjudian yang termasyhur di Amerika Serikat ini telah dipenuhi zombie jenis baru. Mereka cepat, tangkas, dan bahkan bisa berkomunikasi satu sama lain layaknya manusia. Scott Ward (Dave Bautista) dan tim bayarannya menjalankan misi hidup mati masuk ke kota tersebut demi bayaran fantastis dari Hunter Bly (Hiroyuki Sanada). 

Lewat ARMY OF THE DEAD, Zack Snyder melakukan eksplorasi lebih jauh pada film zombie. Tidak hanya dari sisi cerita saja, Snyder juga menulis tokoh-tokoh yang rapuh dan juga memperkaya mitologi film-film zombie dengan gambaran zombie jenis barunya ini. 

Kecocokan Dave Batista Dengan Peran Utama Film

Bicara tentang tokoh yang rapuh, konsep inilah yang kemudian membuat Snyder melirik Dave Bautista. Pada awalnya Dave yang dikenal lewat tokoh Drag (GUARDIAN OF THE GALAXY) jenaka dan penuh aksi mengaku sedang tidak ingin membintangi film aksi. Namun, setelah membaca tuntas skenario yang disodorkan kepadanya, ia terkejut dan tertarik untuk bergabung. 

"Ia tidak menyangka bahwa film ini akan sangat emosional, terutama pada perjalanan tokohnya. Dan aku meyakinkan kepadanya bahwa tokoh Scott yang diperankannya akan sangat emosional. Sudah tentu ia mampu membunuh zombie, tapi persoalan emosional ini mendatangkan kesulitan tersendiri. Aku bisa merasakan kerapuhan tokoh ini pada Dave," papar Zack Snyder dalam preskon virtual dengan media Asia pekan lalu.

Dalam cerita, tokoh Scott yang diperankan Dave Batista diceritakan sedang berupaya menjalin hubungan kembali dengan putrinya. Bagi Snyder, dinamika antara ayah dan putrinya ini bakal menambah kekayaan cerita filmnya.

Zack Snyder ketika sedang menyutradarai. Foto: NETFLIXZack Snyder ketika sedang menyutradarai. Foto: NETFLIX

Bersenang-senang Menciptakan 'Semesta' Filmnya

Snyder mengaku bersenang-senang lewat ARMY OF THE DEAD. Berbeda dari film debutnya, Snyder kini lebih leluasa dalam berkreasi. Pasalnya, film barunya ini benar-benar ia garap dari nol.

"DAWN OF THE DEAD adalah adaptasi dari film lain. Sementara ini karya original. Ini jadi kesempatan besarku untuk menciptakan semesta baru dan kubikin heboh. Bagiku, membuatnya dari nol sangatlah menyenangkan. Pokoknya para penonton akan masuk ke dalam dunia zombie yang belum pernah mereka lihat sebelumnya," ujar Snyder.

Film zombie selalu memiliki potensi untuk dikembangkan. Snyder percaya bahwa setiap sineas yang mengerjakan film zombie selalu punya cara untuk membuatnya menarik. Oleh karenanya ia yakin genre film zombie akan terus berkembang. 

"Aku yakin ada banyak sineas jenius yang tertarik menggarap film zombie. Dan ketika mereka melakukannya, hasilnya pasti menakjubkan. Entah dari sisi cerita, atau settingnya, misal di Roma Kuno, zaman Napoleon, di Prancis, atau bahkan di masa depan sekalipun," paparnya. 

Versi Zombie Paling Ganas

Dari sisi penggambaran zombie, Snyder menyebut bahwa zombie dalam film ini boleh dikatakan "predator puncak" dari macam-macam zombie yang pernah muncul dalam perfilman. Satu hal yang ia inginkan adalah membuat zombie yang benar-benar menakutkan. 

"Ambil contoh saja zombie di I AM LEGEND. Aku tak tahu mereka zombie atau vampir. Namun, mereka benar-benar menakutkan. Itulah yang kucoba di sini. Dua tokoh zombie dalam film ini benar-benar menakutkan. Akan ada ratu zombie dan jendral zombie," bocornya. 

Dua pemeran tokoh zombie di atas sudah lama bekerja bersama Snyder. Untuk peran kali ini mereka siap berakting maksimal untuk membuat penonton takut. 

Tidak hanya dua tokoh zombie istimewa itu saja, para zombie dalam film juga digambarkan bergerak sangat lincah. Belum lagi ada harimau zombie di tengah kota. 

Tayang 21 Mei 2021 

ARMY OF THE DEAD bisa kalian tonton di Netflix per 21 Mei 2021. Pada tanggal 13 nanti kalian bahkan bisa menonton 15 menit awal filmnya secara gratis pada video di bawah ini. So tunggu apa lagi, jangan lupa pasang reminder kalian ya. 

 

 

 

(kpl/dka)

Editor:   Mahardi Eka Putra

Topik Terkait