Fakta Iron Man 2 Setelah 10 Tahun Dirilis di Bioskop, Jangan Ngaku Fans Marvel Kalau Nggak Tahu

Wuri Anggarini   | Rabu, 01 April 2020 09:00 WIB
Fakta Iron Man 2 Setelah 10 Tahun Dirilis di Bioskop, Jangan Ngaku Fans Marvel Kalau Nggak Tahu

Kapanlagi.com - Sudah lebih dari satu dekade lamanya bioskop kesayangan di sekitar diwarnai oleh film superhero besutan Marvel Studios. Bermula dari film IRON MAN yang dirilis pada 2008 lalu, Marvel dengan cantiknya membuat rajutan cerita yang saling terkait antara film satu dengan yang lain dalam Marvel Cinematic Universe.

Fase ketiga Marvel Cinematic Universe telah mencapai puncaknya lewat AVENGERS: ENDGAME. Banyak yang masih merasakan patah hati karena tewasnya Tony Stark alias Iron Man. Nggak bisa dipungkiri, sosok yang diperankan oleh Robert Downey Jr. ini memang punya tempat tersendiri di hati para fans. Karakter Iron Man juga memegang peranan penting dalam kelompok superhero tersebut.

Iron Man sendiri telah memiliki 3 film solo selama menjadi bagian dari Marvel Cinematic Universe. Kebetulan nih, sekuel keduanya yaitu IRON MAN 2 akan berusia satu dekade di bulan April tahun ini. Kesannya lawas banget, tapi pecinta Marvel pasti setuju jika IRON MAN 2 masih terus memikat jika ditonton ulang mengisi waktu rebahanmu.

Nggak hanya menarik buat ditonton ulang, IRON MAN 2 juga masih asyik buat dikulik bahkan setelah 10 tahun sejak pertama kali hadir di bioskop. Nggak percaya? Yuk, simak fakta unik film IRON MAN 2 setelah 10 tahun dirilis. Jangan ngaku fans Marvel kalau sampai nggak tahu!

1 dari 7 halaman

1. Pimpin Puncak Box Office di Minggu Pertama

Pimpin Puncak Box Office di Minggu Pertama (c) Facebook.com/ironman
Beberapa minggu sebelum resmi dirilis, beberapa media dan kritikus film saling melontarkan spekulasi tentang kesuksesan sekuel tersebut. Marvel memang berhasil menyedot perhatian dan kritik positif lewat IRON MAN sehingga bukan hal yang mengherankan jika banyak yang berharap sekuelnya akan jauh lebih fantastis.

Ternyata, IRON MAN 2 berhasil membuktikan diri. Film tersebut meraup keuntungan di minggu pertamanya. Tercatat, IRON MAN 2 meraih total pendapatan $ 133 juta! Super fantastis, kan?

2 dari 7 halaman

2. Punya Alternate Opening

Punya Alternate Opening (c) Facebook.com/ironman
Biasanya sih penonton berharap ada alternate ending di film yang akhirnya bikin gregetan. Tapi, beda dengan IRON MAN 2 yang ternyata punya alternate opening. Sudah pernah nonton? Kalau di versi yang kamu tonton di bioskop, film ini dibuka dengan sebuah scene yang menunjukkan 6 bulan setelah akhir dari film pertama Iron Man. Adegan pembukanya adalah ketika Tony Stark meluncur dengan Iron Suite-nya untuk menghadiri Stark Expo.

Sementara itu di versi alternate opening-nya, kamu bisa menikmati adegan pembuka Stark bersama Pepper Potts sepanjang 3 menit, sebelum ia meluncur dengan Iron Suite-nya untuk menghadiri Stark Expo. Alternate opening ini kabarnya bisa dinikmati di versi DVD dan Blu-Ray.

3 dari 7 halaman

3. Steve Jobs Kritik Iron Man 2 Langsung ke Bos Disney

Steve Jobs Kritik Iron Man 2 Langsung ke Bos Disney (c) Shutterstock
Kalau levelnya cuma netizen sih, kritik film paling cuma curhat di media sosial, bikin blog, atau yang paling keren sih vlog. Beda lagi kalau levelnya udah CEO perusahaan internasional, seperti mendiang Steve Jobs. Menurut cerita, Steve Jobs ternyata memberikan kritik negatif tentang IRON MAN 2 dan hal itu disampaikan langsung ke bos Disney, Bob Iger. Wow!

Cerita ini disampaikan dalam buku memoir bertajuk The Ride of a Lifetime: Lessons Learned from 15 Years as CEO of the Walt Disney Company. Dalam buku ini, Iger mengungkapkan bahwa ia dan Jobs memang sudah bersahabat sejak lama. Saat IRON MAN 2 rilis, Jobs mengajak anaknya nonton di bioskop. Usai nonton, ia langsung menelepon Iger sambil berkata: “It, sucked”.

4 dari 7 halaman

4. Perselisihan dengan Terrence Howard

Perselisihan dengan Terrence Howard (c) Facebook.com/ironman
Karakter War Machine alias James Rhodes memang lebih dikenal diperankan oleh Don Cheadle. Tapi, buat yang sudah nonton Marvel Cinematic Universe sejak fase paling awal, pasti tahu dong kalau karakter ini awalnya diperankan oleh Terrence Howard dalam film pertama Iron Man. Terrence Howard kemudian tiba-tiba digantikan oleh Don Cheadle di tengah proses produksi IRON MAN 2.

Sampai saat ini, fans masih belum mendapatkan penjelasan pasti tentang alasan aktor tersebut didepak dari MCU. Tapi beberapa tahun setelah IRON MAN 2 rilis, Terrence sempat mengungkapkan perselisihannya dengan Robert Downey Jr. meskipun tidak diceritakan secara gamblang.

5 dari 7 halaman

5. Easter Egg Black Panther Sudah Ada di Iron Man 2?

Easter Egg Black Panther Sudah Ada di Iron Man 2? (c) Facebook.com/ironman
Pecinta film Marvel pasti sudah familiar dengan easter egg yang muncul dalam setiap film Marvel Cinematic Universe. Tapi, tahu nggak kalau easter egg soal Black Panther ternyata sudah ada sejak film IRON MAN 2? Hayo, ada yang lihat nggak?

IRON MAN 2 nggak hanya menampilkan palu Thor yang muncul di post credit scene aja. Ada juga adegan yang menampilkan Tony Stark bersama Nick Fury yang sedang melihat sebuah peta. Dalam peta tersebut terlihat Afrika Selatan, yang merupakan lokasi dari Wakanda. Sosok Black Panther sendiri akhirnya benar-benar muncul dalam CAPTAIN AMERICA: CIVIL WAR, 6 tahun setelah IRON MAN 2 rilis.

6 dari 7 halaman

6. Gambaran Film Solo Black Widow Sudah Ada Sebelum Iron Man 2 Rilis

Gambaran Film Solo Black Widow Sudah Ada Sebelum Iron Man 2 Rilis (c) Facebook.com/ironman
Pecinta Marvel sejati pasti ingat kalau di film IRON MAN 2 inilah menjadi momen kemunculan pertama kali karakter spy ikonik dalam MCU, yaitu Black Widow. Dalam film ini, Natasha Romanoff alias Black Widow diperkenalkan sebagai asisten pribadi Tony Stark yang ternyata merupakan kamuflasenya dalam menjalankan tugas sebagai mata-mata S.H.I.E.L.D. di bawah komando Nick Fury.

Selama masa promosi IRON MAN 2, Kevin Feige, sang bos Marvel Studios sudah mengungkapkan jika Black Widow punya kesempatan untuk mendapatkan film solo dalam waktu dekat. Ya, ternyata ‘waktu dekat' versi Marvel adalah 10 tahun kemudian, karena film solo pertama Black Widow dijadwalkan rilis pada Mei 2020 mendatang.

7 dari 7 halaman

7. Peter Parker Muncul Pertama Kali di Iron Man 2, Nyadar Nggak?

Peter Parker Muncul Pertama Kali di Iron Man 2, Nyadar Nggak? (c) Facebook.com/ironman
Hayo, menurut kamu kapan pertama kali Peter Parker muncul dalam Marvel Cinematic Universe? Kalau kamu termasuk golongan yang menjawab di dalam film CAPTAIN AMERICA: CIVIL WAR, ups sayang banget ternyata level fans kamu belum setinggi itu. Pasalnya, Peter Parker pertama kali muncul dalam IRON MAN 2, ada yang nyadar nggak?

Jangan bayangin Tom Holland yang nongol dalam kostum Spider-Man, karena sudah pasti itu nggak mungkin banget. Peter Parker hadir dalam sebuah scene di mana ada seorang anak kecil yang menggunakan Iron Mask berdiri berhadapan dengan salah satu robot penghancur yang diciptakan Ivan Vanko, lalu Iron Man yang sebenarnya muncul dan save the day.

Spekulasi ini sebenarnya sudah menjadi perbincangan di kalangan fans Marvel, mengingat latar belakang adegan tersebut adalah Queens, New York, yang cocok dengan timeline MCU. Nah, teori ini kemudian dikonfirmasi oleh Tom Holland sendiri yang membenarkan jika anak tersebut adalah Peter Parker. Tossss buat kamu yang berhasil menjawab dengan benar!

Biarpun sudah 10 tahun sejak pertama kali dirilis, tapi pecinta Marvel sejati pasti nggak ada bosannya membahas tentang IRON MAN 2. Itung-itung nostalgia mengenang aksi heroik Tony Stark di setiap filmnya, yang mana sudah nggak bisa kamu saksikan di fase Marvel Cinematic Universe selanjutnya. Kalau buat kamu sendiri, mana film Iron Man yang paling berkesan buatmu, KLovers?

(kpl/wri)

Editor:  

Wuri Anggarini