Bosan dengan berita itu-itu saja? Download Aplikasi Liputan6

Film Hollywood Syuting di Lokasi Eksotis, Indonesia Salah Satunya

Mahardi Eka Putra   | Senin, 04 November 2013 14:01 WIB
Film Hollywood Syuting di Lokasi Eksotis, Indonesia Salah Satunya
dok. istimewa

Kapanlagi.com - Film-film Hollywood selalu nomor satu dalam menampilkan kisah menarik dengan setting lokasi eksotis. Hamparan lanskap yang indah dan mengagumkan menjadi nilai plus filmnya, terlebih bila setting lokasinya memegang peranan penting dalam kisah di dalamnya.

Tak jarang sineas Hollywood melakukan syuting langsung di tempat eksotis tersebut. Hal ini jelas membuat film tersebut menjadi film spektakuler. Penonton bisa melihat sendiri betapa mengagumkannya alam ciptaan Tuhan di lokasi syuting tersebut.

Beberapa film ini menampilkan lokasi eksotis dari negara-negara di dunia. Baca dan saksikan sendiri betapa eksotisnya lokasi tersebut!

  (mom/dka)

1. CAST AWAY (2000)

Gambar

Dengan miliaran penduduk yang menempati Bumi, tidak mudah untuk mencari pulau tak berpenghuni. Akan tetapi tokoh yang diperankan Tom Hanks dalam film CAST AWAY berhasil melakukannya. Pulau Monuriki adalah salah satu dari kepulauan Mamanuca Islands, kelompok pulau di sekitar gunung berapi di daerah Viti Levu, Viti Levu.

Meski penonton diberi kesan bahwa pulau tersebut tak berpenghuni, mereka sebetulnya masih bisa mengunjungi salah satu pulau di area tersebut. CAST AWAY telah berhasil menaikkan angka kunjungan di sana. Wisatawan yang berkunjung pastilah mengincar untuk berjemur dan berenang.

Pulau Fiji yang eksotis.Pulau Fiji yang eksotis.

2. SEX AND THE CITY 2 (2010)

Gambar

Sekuel film SEX AND THE CITY yang terlalu diagung-agungkan ini menceritakan tentang Carrie Bradshaw (Sarah Jessica Parker) dan trio sosialitanya berwisatan ke Abu Dhabi atas undangan dari seorang Sheik kaya raya. Sineas yang menggarap film ini tahu benar bahwa fans dari serial teve serta film pertamanya pasti menontonnya. Oleh karenma itu ia membawa kisah cinta ala wanita dewasa ini ke negeri eksotis di Uni Emirat Arab dengan gurun serta eksotismenya.

Ironisnya, kedua filmnya dilarang tayang di Abu Dhabi dan Uni Emirat Arab lantaran film ini sebenarnya tayang di Maroko.

3. EAT PRAY LOVE (2010)

Gambar

Ada banyak lokasi dengan pemandangan eksotis di Indonesia, namun kita semua tahu bahwa Bali lah yang paling banyak dikenal oleh wisatawan asing. Beruntunglah Bali karena ia dimasukkan dalam memoar tulisan Elizabeth Gilbert yang berjudul sama. Ia menyebutkan tiga lokasi yakni Italia, India, dan Indonesia (Bali).

Dalam film adaptasinya, penonton bisa melihat Gilbert (Julia Roberts) bersepeda di hamparan sawah Bali. Rumah tempat Gilbert bermalam pun sangat bercorak Bali dengan gapura dan juga hamparan sawah yang mengelilinginya. Dan di bagian endingnya, penonton bisa melihat sunset di pantai Lovina.

 

4. SOUND OF MUSIC (1965)

Gambar

Penikmat film di era 60-an dibuat kagum dengan pemandangan perbukitan dan gunung Alpine di sepanjang film. Sineas yang menggarapnya banyak melakukan pengambilan gambar di luar ruangan dekat dengan Salzburg, Austria dan Bavaria di Jerman Selatan. Pemandangan gunung bersalju memang tak pernah usang.

Salah satu adegan nyanyian dalam film ini diambil gambarnya di bukit yang begitu indah hingga lagu dan adegan tersebut dikenang sepanjang masa. Pembuatannya pun tak mudah, sutradaranya harus naik helikopter dan mengambil gambarnya sebanyak 20 kali.

5. THE BEACH (2000)

Gambar

THE BEACH yang dibintangi oleh Leonardo DiCaprio menampilkan beberapa adegan pantai yang super indah. Kisahnya tentang tokoh DiCaprio menemukan sebuah "surga" di pantai tersembunyi bersumber dari peta dari seorang tak dikenal. Surga tersebut (Pulau Ko Phi Phi Lee dan Teluk Maya ternyata benar-benar ada.

Syuting filmnya pun dilakukan di lokasi yang sebenarnya. Pulau tersebut berbentuk bulan sabit dengan tebing-tebing curam mengelilinginya. Dua tempat tersebut menampilkan panorama pantai yang begitu memesona.

6. OUT OF AFRICA (1985)

Gambar

OUT OF AFRICA yang dibintangi oleh Meryl Streep dan Robert Redford menampilkan pemandangan cantik dari Bukit Ngong di Kenya, Nairobi. Area di sekitar Bukit Ngong adalah tempat favorit para penjajah dan pemilik perkebunan.

Bukit Ngong berdiri setinggi 2460 meter di atas permukaan laut dan di atasnya ada tempat untuk pejalan kaki. Nging menjadi salah satu tempat tereksotis yang ada di Africa.

7. SEVEN YEARS IN TIBET (1997)

Gambar

Film yang disutradarai oleh Jean-Jacques Annaud ini dibintangi oleh Brad Pitt. Dalam film tersebut diceritakan seorang pria Austria (Pitt) mendaki gunung Tibet di tahun 1939 untuk mencapai puncak Nanga Parbat. Kecelakaan, cobaan dan perenungan pria tersebut selama di Tibet membawanya kepada pencerahan dan kekuatan.

Karena pihak pemerintah China tak terlalu senang isi cerita, maka tim filmnya harus sembunyi-sembunyi memfilmkannya. Sebagian lagi diambil gambar di Argentina.

8. INDIANA JONES AND THE LAST CRUSADE (1989)

Gambar

Meski dalam film ini banyak lokasi film yang dipakai, namun adegan puncaknya ketika Indiana Jones dan ayahnya berada di kota mati Petra di Yordania. Penonton bisa menyaksikan The Treasury (atau Al Khazneh) bangunan arsitektur Yunani yang dipahat dengan tangan di dinding jurang besar.

Meski hanya penampilan luar dari The Treasury yang diperlihatkan dalam film, penonton masih bisa mengagumi betapa karya seni arsitektur ini adalah salah satu hal eksotis di dunia.

9. THE MAN WITH GOLDEN GUN (1974)

Gambar

Pulau Khao Phing Kan diubah menjadi Ko Tapu, markas besar Scaramanga. Tokoh tersebut adalah musuh utama James Bond dalam film THE MAN WITH THE GOLDEN GUN. Pulau ini terletak di teluk Phang Nga Bay, tepat di pesisir Barat Thailand. Warna airnya yang jernih dan hijau menjadi salah satu daya tariknya. Berkat film James Bond, lokasi ini langsung laris didatangi wisatawan.

10. POPEYE (1980)

Gambar

Film live action Popeye dibintangi oleh Robin Williams sebagai Popeye dan Shelley Duvall sebagai Olive Oyl. Pengambilan gambar filmnya dilakukan sepenuhnya di dekat desa of Mellieħa, Malta. Desa tersebut hanya dengan sedikit sentuhan menjadi desa Sweethaven yang ada dalam cerita. Malah pemerintah Malta meminta set film tersebut tak dibongkar saat syutingnya rampung. Orang mengenalnya sebagai desa Popeye hingga.

Editor:   Mahardi Eka Putra