Bosan dengan berita itu-itu saja? Download Aplikasi Liputan6

Film Horor Yang Sukses 'Bikin Ngompol' Editor KapanLagi.Com®

Mahardi Eka Putra   | Kamis, 31 Oktober 2013 20:01 WIB
Film Horor Yang Sukses 'Bikin Ngompol' Editor KapanLagi.Com®
dokumentasi pribadi

Kapanlagi.com - Perayaan Halloween tak bisa dipisahkan dari film-film horor yang menghiasi perfilman. Baik film hantu, thriller, slasher, gory, atau pun misteri punya resepnya masing-masing untuk membuat takut penonton.

Turut memeriahkan Halloween, editor KapanLagi.com® mengungkap film horor yang sukses membuat mereka ketakutan. Setiap editor tentunya punya pendapat masing-masing tentang film apa yang dianggap paling mengerikan.

Simak daftar lengkapnya di bawah ini.  Siapa tahu ada film yang kamu inginkan untuk ditonton di malam Halloween ini!

  (kpl/dka)

1. KERAMAT

Gambar

Film horor Indonesia satu ini kerena karena digarap ala CLOVERFIELD. Menonton film ini jadi pemeran di dalamnya karena emang adegan-adegan horornya nakutin langsung ke penonton. Kayak waktu sang pemegang kamera jatuh dan kamera masih nyala lalu gak sengaja ngerekam pocong. Itu horor, sehoror-horornya. Endingnya juga seru dan gak dibuat-buat. Boleh lah bangga sama film horor indo ini yang bebas dari Nikita Mirzani.

Oleh: Arai Amelya

2. BANYU BIRU dan ELEPHANT

Gambar

Film paling horor itu ya BANYU BIRU (2005) dengan bintangnya Tora Sudiro dan Dian Sastrowardoyo. Alasannya karena aku sudah nonton itu beberapa kali, tapi tetep nggak bisa bener-bener memahami maksudnya.
Apa dia beneran nemuin ayahnya atau cuma mimpi (spoler dikit), aku nggak paham. Itu yang bikin horor. Karena aku jadi ngerasa aku bego banget.

Film lain yang juga tak kalah mengerikannya adalah ELEPHANT. Setelah menontonnya beberapa kali, aku jadi ngeri sendiri membayangkan apabila kejadian yang ada dalam film benar-benar terjadi di dunia nyata. Pasti mencekam. Gambarannya gini, bayangkan ada sepasang pria homoseksual di kantormu yang tiba-tiba menembaki semua orang sekantor. Merinding rasanya saat membayangkan.

Film sederhana seperti dua film di atas saja sudah membuatku takut apalagi film horor setan-setan.

Oleh: Dewi Ratnaningtyas

3. THE HUMAN CENTIPEDE (2010)

Gambar

Film ini bukan film horor, lebih mirip slasher seperti SAW. Ceritanya tentang 2 orang wanita yang ban mobilnya tiba-tiba bocor di tengah hutan dan mereka pun mencari pertolongan. Tak disangka di tengah hutan ada sebuah rumah dan di sinilah ketegangan terjadi. Ternyata rumah yg mereka masuki adalah rumah seorang psikopat bedah. Keduanya lantas menjadi kelinci percobaan dari eksperiman 'sinting'-nya.

Dijamin kamu bakal tegang hingga akhir dan banyak sekali adegan disturbing. Peringatan untuk ibu hamil dilarang nonton film ini karena banyak darah dan adegan super sadis. Kalau penasaran bisa lihat trailernya di sini!

Oleh: Lila Susanti

4. JU-ON (Versi Jepang)

Gambar

Bukan versi Amerika-nya, ya, disarankan versi aslinya. JU ON jadi amat mencekam lantaran score yang sangat jarang, sehingga penampakan Toshio dan Kayako bikin jantung melompat. Dialog dalam film terbilang sedikit, memaksa penonton fokus pada visualisasi. Setelah nonton film ini, dijamin kamu bakal ingat, "Aaaaaaaarrrrkkkkkkkkkkkk," alias suara dari tenggorokan Kayako ketika dia tertatih turun tangga.

JU ON juga punya banyak gimmick mengejutkan, misalnya Kayako yang ada di dalam selimutmu, memandangimu dengan mata hitamnya. Atau tangan di rambutmu ketika kamu sedang keramas. Bisa bayangkan rasanya?

Oleh: Renata Angelica

5. THE OTHERS (2001)

Gambar

Sebenarnya terlalu banyak film horror dan sejenisnya yang saya sukai. Kebetulan saya adalah pecinta film horror dan thriller. Namun karena saat ini yang ada dalam pikiran saya adalah film THE OTHERS, maka saya 'terpaksa' memilihnya.

Film ini bercerita tentang keluarga kecil yang hidup di sebuah rumah besar dengan setting Perang Dunia 2. Kidman berperan sebagai Grace Stewart, ibu dari dua anak. Sedangkan sang suami sedang bertugas di medan perang.

Jangan harap banyak penampakan seram yang mengagetkan di film ini seperti yang sering terlihat pada film horror pada umumnya. Ada sih, tapi tidak bisa dibilang banyak. Film ini lebih fokus untuk menuntun penonton mengikuti alur menuju klimaks.

Beberapa peristiwa ganjil mulai dialami kedua anak Grace sejak tiga pelayan baru bekerja di rumah yang mereka huni. Awalnya Grace tak ingin percaya begitu saja. Ia baru benar-benar resah setelah merasakan sendiri keganjilan di rumah tersebut.

Poin istimewa THE OTHERS terletak pada bagian akhir film. Tom Cruise dan timnya sangat sukses menipu para penonton yang kadung terpatok pada awal cerita. Alur cerita yang sangat menjebak

Jika kamu telah menontonnya dan ingin memutar kembali film ini, berarti kamu termasuk korban jebakan Tom Cruise. Bagaimana bisa? Tonton filmnya dan kamu akan menemukan jawabannya.

Oleh: Adhib Mujaddib

6. JELANGKUNG

Gambar

Film horor paling mengerikan tentunya adalah JELANGKUNG. Selain menjadi pionir kebangkitan film tanah air, film JELANGKUNG mampu mengajak penonton merasakan ketegangannya. Endingnya juga menggantung. Bikin penasaran pokoknya.

Oleh: Rizqi Zhairizma

7. THE CONJURING

Gambar

Film horor yang mengerikan ada banyak. Pertama ada JELANGKUNG. Ini salah satu motor penggerak perfilman indonesia. dan template ceritanya diikuti banyak horor indonesia lain. hantunya nggak narsis, ketegangan dibangun pelan-pelan namun pasti.

Yang kedua KERAMAT. Tidak original sih idenya, tapi sukses mengadopsi genre found footage dengan cita rasa Indonesia seperti adanya wayang, budaya jawa yang kental dan lain-lain. Kemudian ada HANTU, horor tentang petualangan remaja di sebuah hutan berhantu. unsur horornya jawara dan niat.

Dari luar negeri ada SHUTTER dan THE CONJURING. Judul yang pertama adlaah cikal bakal horor Thailand dikenal di dunia. Sedangkan CONJURING garapan James Wan adalah yang terbaik. Lebih terasa daripada dwilogi INSIDIOUS.

Oleh: Abbas Aditya

8. NIGHTMARE ON ELM STREET

Gambar

Sebenarnya hantu Indonesia seperti Si Manis Jembatan Ancol sangat melekat di benak. Kalau Dian Permatasari dan Ozy Syahputra muncul pasti lari dan membenamkan kepala ke sofa.

Untuk film paling seram aku pilih A NIGHTMARE ON ELM STREET membuat kematian dan penyiksaan mental lewat mimpi terasa mengerikan. Freddy Krueger pembunuh berantai yang bisa mengakses mimpi dan mengejar hingga ke dunia nyata bukan pilihan untuk ditonton. Film yang seolah justifikasi kekejaman sisi unconsious manusia dan membuat berpikir dua kali untuk tidur dengan nyaman.

oleh: Ahmat Effendi

 

9. INSIDIOUS

Gambar

Film paling serem yang selalu bikin mimpi buruk setelahnya adalah INSIDIOUS 1 dan 2 lalu RUMAH DARA serta POCONG 2. Satu kemiripan yang membuat keempatnya mengerikan adalah penggunakan musik yang minim namun efek suara yang maksimal. Jadi bikin jantungan setiap saat.

Oleh: Yunita Rachmawati

10. THE RING (Jepang)

Gambar

Film horor favoritku sejauh ini adalah INSIDIOUS dan THE RING (Jepang). INSIDIOUS menegangkan banget karena penonton dibuat bertanya-tanya tentang apa yang terjadi sebenarnya. Adegan penjelajahan di dunia roh juga jadi saat-saat menegangkan karena banyak setan yang bertindak secara tidak terduga. Satu lagi yang bikin keren adalah ending filmnya. Saat semua penonton mengira masalah telah berlalu, ternyata ada fakta ngeri lain yang disuguhkan secara tak terduga.

Lantas untuk THE RING, tak hanya setannya yang super serem (bayangkan saja melihat hantu ngesot keluar dari TV kayak gitu lalu jalan pelan-pelan tapi pasti untuk menebarkan kematian), tapi jalan ceritanya juga bikin penasaran. Seolah ikut terbawa dalam lingkaran kematian yang tak tahu di mana akhirnya.

Oleh: Riswinanti Pertamasari

11. RUMAH DARA

Gambar

RUMAH DARA bisa dibilang salah satu film slasher terbaik yang pernah diproduksi di Indonesia. Tegangnya dapet, dan aktingnya Shareefa Daanish bagus banget. Setelah diteror muncratan darah sepanjang film, keluar studio rasanya masih mual. *cari udara segar*

Oleh: Ratih Adiwardhani

12. TUSUK JELANGKUNG

Gambar

Satu-satunya film horor yang pernah kutonton dan menimbulkan trauma sampe sekarang. Setelah nonton film itu, aku tak berani tidur sendirian selama 2 pekan, dan selama 1 pekanharus ditemeni kalo mandi. Ada yang harus berjaga di luar pintu saat aku mandi.

Semua itu gara-gara adegan setan yang tiba-tiba menggosok punggung Marcella Zalianty di bathub. Setelah itu sama sekali gak mau nonton film horor apa pun. Mending nonton drama Korea ke mana-mana *fiuuuuh*

oleh: Wulan Novi



13. SETAN KREDIT

Gambar

Jadi, menurut hemat saya, saya sebenarnya hemat sekali nonton film horor. Jadi di antara semua film horor yang paling serem menurut hemat saya adalah SETAN KREDIT-nya Warkop. Bagian terseram film ini adalah saat Indro ngobrol sama hantu pocong. Sumpah serem, bayangin aja kalian ngobrol sama pocong. Serem kan?

Oleh: Rizal B. Ramadhan

14. SAW

Gambar

Tak perlu hantu untuk bikin penonton sembunyi di balik bantal. Cukup menggunakan permainan 'survival of the fittest', Saw mampu membuat penontonnya ngilu minta ampun! Semua korban dalam film ini dipaksa memutuskan, siapa yang harus selamat dari maut, dirinya sendiri, orang lain, atau bahkan orang tercinta?

Siapapun yang selamat, harus ada yang dikorbankan, mulai dari selembar kulit, sebongkah daging, sepotong tangan, sederet gigi, hingga nyawa orang lain. Sudah mulai ngilu?

Ini belum seberapa, sampai Anda sampai di adegan body-twister yang membuat kepala, tangan, kaki, dan tubuh korbannya dipilin sedemikian rupa oleh mesin. Dibarengi dengan bunyi 'kreeeekk' tulang patah plus visual mengerikan dari kulit robek dan cipratan darah, berani nonton tanpa tutup mata?

Oleh: Ellyana Mayasari

 

15. THEY NEST

Gambar

Banyak orang jijik dengan kecoa, saya termasuk salah satunya. Dan film THEY NEST benar-benar memberikan terapi shock untuk mereka yang benar-benar benci kecoa. Bayangkan saja para kecoa menyatroni pemukiman warga dan bersarang di mana-mana, termasuk di dalam tubuhmu. Saya langsung muntah di pertengahan film saking jijiknya.

Oleh: Mahardi Eka

16. MALAM JUMAT KLIWON

Gambar

Tak ada yang bisa mengalahkan ngerinya film horor dari Indonesia. Hantunya terasa dekat dengan kita. Salah satu yang mengerikan adalah film
Suzanna yang berjudul MALAM JUMAT KLIWON. Tekniknya sederhana, banyak menggunakan zoom in dan zoom out. Tapi toh film ini membuatku mimpi buruk dan memorinya erat melekat hingga saat ini.

Oleh: Fajar Adhityo

Editor:   Mahardi Eka Putra