Film Superhero Bikin Gaya Nonton di Bioskop Berubah

Mahardi Eka Putra | 30 Mei 2014, 15:51 WIB
Film Superhero Bikin Gaya Nonton di Bioskop Berubah
Kapanlagi.com - Film superhero yang diproduksi oleh Marvel ternyata mampu mengubah gaya menonton para penikmat film di bioskop. Perubahan apa yang ditimbulkan oleh film-film tersebut?

Hal tersebut ternyata ada kaitannya dengan penempatan post-credit-scene yang selalu disisipkan Marvel di setiap akhir film mereka. Klip-klip pendek yang diletakkan setelah nama-nama tim produksi filmnya tampil di layar bioskop. 

Penonton yang mulanya enggan menunggu lama memandangi layar setelah filmnya selesai, kini jadi betah duduk berlama-lama demi menonton klip "bonus" yang disisipkan di akhir credit. Contoh post-credit-scene yang ramai dibicarakan adalah post credit dari film CAPTAIN AMERICA: WINTER SOLDIER, THE AMAZING SPIDER-MAN 2 dan X-MEN: DAYS OF FUTURE PAST.

Di bawah ini adalah salah satu contoh post-credit scene yang ditampilkan dalam film CAPTAIN AMERICA: THE WINTER SOLDIER.

Isi dari klip-klip tersebut bisa beragam, mulai dari bocoran cerita untuk film superhero selanjutnya, atau bocoran tentang tokoh baru yang akan muncul dalam film berikutnya. Tipe yang kedua terbukti lebih menarik, seperti dalam CAPTAIN AMERICA: THE WINTER SOLDIER yang memberitahukan sosok Quicksilver dan Scarlet Witch.

Perubahan pola menonton ini terjadi sejak dirilisnya film IRON MAN di tahun 2008. Film superhero itu memberikan bocoran tentang penampilan perdana sang Nick Fury (Samuel L Jackson). Mulanya hanya para penggemar komik saja yang sadar akan hal ini namun perlahan seiring dengan makin banyaknya film superhero dirilis, pola menonton pengunjung bioskop pun berubah.

Salah satu post-credit-scene yang disukai banyak penonton adalah credit scene dari THE AVENGERS (2012). Di dalamnya kamu bisa melihat para Avengers sedang nongkrong di sebuah restoran kecil sembari menikmati makanan. Adegan unik tersebut ternyata disukai oleh penggemar komik atau pun penikmat film.

Bukan tidak mungkin bahwa di masa mendatang, tak hanya film superhero saja yang menyajikan klip bonus di akhir filmnya. Dengan begitu makin banyak yang menonton film dan makin banyak pula yang menghargai usaha keras pembuat film dengan menonton credit yang berisi nama-nama para tim produksi. 

  (zim/dka)

Editor:   Mahardi Eka Putra