Bosan dengan berita itu-itu saja? Download Aplikasi Liputan6

Hal Klise Yang Selalu Ada Dalam Film Laga Ini Bikin Kamu Jengkel

Mahardi Eka Putra   | Rabu, 29 Januari 2014 06:01 WIB
Hal Klise Yang Selalu Ada Dalam Film Laga Ini Bikin Kamu Jengkel
dok. Columbia Pictures

Kapanlagi.com - Film laga masih laris ditonton hingga kini. Sebabnya apa lagi kalau bukan karena film seperti ini mampu membuat penonton ikut merasakan ketegangan ketika tokoh dalam film sedang beraksi.

Akan tetapi setelah melihat begitu banyak film laga Hollywood, penonton pasti sadar bahwa ada pola yang tercipta dari beberapa hal klise di dalamnya. Beberapa mungkin kita suka, beberapa kita benci, beberapa bahkan mungkin kita tunggu-tunggu.

Lewat artikel ini, kamu bisa mengetahui beberapa hal klise yang kerap muncul dalam film laga Hollywoood. Sepuluh hal ini dipastikan selalu ada dalam setiap film laga dan sealu sukses membuatmu jengkel. (moj/dka)

1. Menembak dengan mudah

Gambar

Tidak peduli apa pun situasinya, tampaknya jagoan dalam film laga selalu menguasai dan menikmati setiap tarikan pelatuknya. Sang jagoan selalu sukses menembakkan pelurunya tepat ke arah para musuhnya tanpa meleset.

Sementara itu para musuh yang jumlahnya bisa puluhan sepertinya kesulitan menembak dengan tepat sasaran.

2. Semuanya bisa meledak

Gambar

Seperti yang sudah diketahui banyak orang, mobil dalam film laga sangat mudah untuk meledak. Mobil-mobil dalam film sepertinya terbuat dari kertas yang disiram dengan bensin sehingga mudah terbakar.

Perhatikan saja bahwa dalam setiap film laga mobil atau apa pun yang ada di sekitar sang jagoan mudah sekali untuk meledak. Ledakan memang selalu jadi resep mujarab untuk memikat penonton.

3. Jagoan tak pernah takut ledakan

Gambar

Kritikus film ternama Amerika yang kini telah wafat, Roger Ebert pernah mengatakan bahwa manusia punya kecenderungan takut dengan api dan tak tahan akan panasnya. Ia beranggapan bahwa film aksi mengabaikan hal tersebut.

Sang jagoan dalam film jelas tak punya rasa takut dalam menghadapi ledakan besar meski ledakan tersebut terjadi tepat di belakangnya. Sang jagoan sepertinya merasakan hal tersebut seperti api hangat di pantatnya.

4. Masa bodoh dengan kehidupan pribadi

Gambar

Hal paling miris saat melihat jagoan dalam film aksi laga adalah mereka seringkali mengacuhkan kehidupan pribadi mereka. Pastilah mereka tak memikirkan rencana mereka di masa tua nanti. Pasalnya mereka menghabiskan uang untuk membeli peralatan beraksi yang sepertinya lebih penting dalam hidup mereka. Hei, yakin mau beraksi terus sampai tua?

5. Luka? Tak masalah

Gambar

Setiap film aksi laga pastilah mengacuhkan hukum fisika dalam setiap adegannya. Coba tebak! Mereka juga mengacuhkan hukum biologi. Perhatikan beberapa tokoh yang diperankan oleh oleh Arnold, Sylvester, dan juga Bruce Willis.

Mereka tak pernah merasakan sakit atau pun terganggu dengan luka yang mereka dapat. Kalau tidak sampai tertembus peluru, mereka akan tetap beraksi.

6. Penjahat selalu mati dengan cara yang sama

Gambar

Semua film aksi pastilah diakhiri dengan adegan ledakan yang begitu dahsyat. Sebelum menuju ke adegan tersebut, biasanya sang jagoan mengalahkan musuh utamanya. Yang unik ternyata pola seperti ini banyak dipakai dalam film laga. Saat penjahatnya sekarat dikalahkan oleh jagoan, maka kematian yang pantas untuk sang penjahat adalah sebuah ledakan besar.

 

Editor:   Mahardi Eka Putra

Topik Terkait