Hanya di Cina, SMS-Mu Bisa Terlihat di Layar Bioskop

Mahardi Eka Putra | 20 Agustus 2014, 14:51 WIB
Hanya di Cina, SMS-Mu Bisa Terlihat di Layar Bioskop

Kapanlagi.com - Jaringan bioskop di Cina membuat inovasi untuk membuat penontonnya merasa terlibat dalam filmnya. Mereka siap menyertakan sebuah sistem bernama Bullet Screen ke dalam setiap bioskopnya. Apa keistimewaan teknologi satu ini?

Ternyata teknologi ini memungkinkan SMS yang dikirim penonton ke pada server bioskop bisa tampil di layar lebar. So, setiap SMS yang berkaitan dengan filmnya akan langsung bisa disaksikan semua yang menontonnya. Saat banyak jaringan bioskop melarang para penontonnya memainkan handphone saat film berlangsung, bioskop di Cina justru mendukung penontonnya mengirimkan SMS saat film berlangsung. 

Jika rencana ini benar-benar dilakukan di Cina, maka bisa dipastikan hal tersebut akan mengubah 180 derajat kebiasaan orang saat menonton film di bioskop. Saat filmnya sedang berlangsung, penonton bisa melihat teks SMS di layar baik itu pujian atau cacian akan filmnya. 

Inspirasi ini datang dari budaya menonton film di mobile media. Masyarakat Cina memang banyak yang menggunakan fasilitas ini dalam menonton film. Alasannya karena dengan menonton di mobile media, mereka langsung bisa memberi komentar tentang filmnya. 

Sutradara Shen Leping mengungkapkan pendapatnya terkait dengan rencana pembuatan sistem menonton yang baru ini. "Kami sedang meneliti bagaimana respon dari penonton bisa mempengaruhi film itu sendiri. Penonton akan mendapat tempat yang sama dengan sutradara. Dalam banyak kasus di China, penonton sangat membantu sebuah film menjadi laris," paparnya. 

Pro kontra masih berlangsung tentang sistem menonton yang baru ini. Hanya saja sebagian besar menganggapnya sebagai hal yang menyenangkan dan baru. Persis seperti penemuan pop corn sebagai camilan menonton dulu, mulanya hal tersebut diprotes, tapi lihat sekarang. Tak lengkap rasanya menonton film tanpa pop corn.

Menurutmu? Apakah sistem yang semacam ini makin membuatmu nyaman berada di dalam gedung bioskop.

  (col/dka)

Editor:   Mahardi Eka Putra