Harga-Harga Baju Ini Bikin Mata Terbelalak

Angga S Priyono | Rabu, 10 September 2014 15:01 WIB
Harga-Harga Baju Ini Bikin Mata Terbelalak
Kapanlagi.com - Setelah sebelumnya kamu mengetahui mobil-mobil dalam film apa saja yang paling mahal, sekarang saatnya untuk mengetahui daftar baru. Kami memiliki barang memorabilia lain yang bisa kamu simak.

Inilah 5 busana (dalam film) termahal sepanjang sejarah. Seperti telah diketahui, bahwa kostum atau baju yang dipakai dalam film terkadang memiliki nilai berharganya sendiri. Lekatnya imej atau bahkan prestasi yang diraih oleh benda tersebut akan mempengaruhi harga jual.

Mungkin kamu akan dengan mudah mengenali beberapa busana dalam daftar ini, akan tetapi, apa kamu berapa harga sesungguhnya dari masing-masing baju tersebut? Daripada menebak-nebak, mari kita simak bersama kelima busana dengan harga selangit

1 dari 5 halaman

1. COWARDLY LION OUTFIT

COWARDLY LION OUTFIT Kostum Singa Penakut © THE WIZARD OF OZ
Apa kamu pernah melihat THE WIZARD OF OZ? Sebuah kisah imajinasi seorang gadis yang memasuki dunia fantasi dan mengalami petualangan ajaib di sana. Mengingatkanmu pada ALICE IN WONDERLAND? Memang keduanya memiliki kesamaan cerita, akan tetapi kita akan membahas Dorothy dan teman-temannya.

Dikisahkan, ada seorang gadis muda terdampar ke alam lain dari dunia nyata yang ia tinggali. Bingung bagaimana ia keluar dari sana, Dorothy berniat untuk menemui Wizard of Oz agar dirinya bisa kembali pulang.
Dalam perjalanannya menemui sang penyihir, ia ditemani oleh 'singa penakut', 'manusia timah', dan 'orang-orangan sawah'.

Dan kostum singa penakut itulah yang menjadi salah satu busana termahal dari properti film. Sebenarnya baju penuh bulu ini telah dipajang di museum, akan tetapi tahun lalu berencana dijual beserta sepasang sepatu berhiaskan batu ruby milik Dorothy. Sebelum tersimpan dengan rapi, 'barang berharga' ini ditemukan kotor dan tidak terawat di salah satu gudang MGM pada tahun 1991,

Saat ini nilainya mencapai lebih dari US$ 700 ribu atau senilai
Nilai tersebut bahkan lebih mahal dari sebuah 'mesin waktu', DeLorean DMC-12 milik BACK TO THE FUTURE. Hal ini membuktikan bahwa sebuah kostum bisa lebih mahal daripada sebuah mobil!

2 dari 5 halaman

2. AUDREY HEPBURN'S BLACK GIVENCY DRESS

AUDREY HEPBURN'S BLACK GIVENCY DRESS Gaun Hitam Givenchy © BREAKFAST AT TIFFANY\'S
Bukan sebuah kejutan jika salah satu busana dari Audrey Hepburn muncul dalam daftar ini. Ia memang dikenal sebagai ikon fashion dalam industri perfilman dan juga dunia mode. Walau aktris cantik ini sudah tiada, akan tetapi ciri dari gaya berpakaiannya masih menjadi panutan bagi penggiat fashion.

Muncul di awal film BREAKFAST AT TIFFANY'S, gaun rancangan Givenchy ini memukau seluruh mata yang melihatnya. Terlihat sangat pas di tubuh Audrey Hepburn Serta dapat mengeluarkan karakter glamour dan eksklusif. Sehingga siapa sangka ternyata Holly bukanlah seorang hartawan.

Tak kalah memukau dari penampilannya, gaun mini ini juga memiliki nilai yang sangat mengejutkan. Hanya untuk sebuah lembaran kain seseorang merogoh kocek hingga 10,8 miliar rupiah pada tahun 2006. Akan tetapi nilai tersebut turun menjadi 9,3 miliar rupiah ketika terakhir dijual, harga yang tinggi pada saat sebelumnya disebabkan karena waktu itu dilelang dalam rangka amal.

3 dari 5 halaman

3. DO-RE-MI OUTFIT DAN LAINNYA

DO-RE-MI OUTFIT DAN LAINNYA Baju Keluarga Von Trapp © SOUND OF MUSIC
Siapa sangka gaun yang dikenakan oleh Julie Andrews dalam film SOUND OF MUSIC ini terjual dengan harga US$ 1,56 juta atau senilai 18,4 miliar rupiah. Busana tersebut, termasuk beberapa baju lainnya, terjual dalam sebuah pelelangan di California. Termasuk diantaranya adalah pakaian yang terbuat dari kain gorden yang dikenakan salah satu anak Von Trapp, dalam film tersebut.

Estimasi awal sebelum pelelangan, baju-baju tersebut diperkirakan hanya akan 'laku' sebesar 4,2 hingga 14 miliar rupiah 'saja'. Kostum utama dalam film SOUND OF MUSIC ini adalah gaun berwarna cokelat yang dikenakan tokoh utama legendaris Maria. Gaun ini muncul dalam adegan ketika Maria menyanyikan Do Re Mi dalam sebuah piknik di kaki gunung bersama anak-anak yang diasuhnya.

SOUND OF MUSIC adalah film musikal tahun 1965 yang disutradarai oleh Robert Wise. Film ini diadaptasi dari buku THE STORY OF THE TRAPP FAMILY SINGER. Film ini menceritakan tentang seorang wanita muda yang meninggalkan Austria untuk menjadi pengasuh dari beberapa anak dari seorang duda.

Film musikal legendaris ini mengambil lokasi syuting di Salzburg, Austria. Prestasinya sangat memukau, meraup lima penghargaan Academy Awards untuk Best Picture, Best Sound Mixing, Best Film Editing, Best Music and Scoring, dan Best Director. Album soundtrack dari film ini juga masuk dalam nominasi Grammy Award sebagai Album of The Year.

4 dari 5 halaman

4. AUDREY HEPBURN ASCOT DRESS

AUDREY HEPBURN ASCOT DRESS Busana Ascot © MY FAIR LADY
Lagi-lagi Audrey Hepburn muncul dalam daftar. Ia memang sangat lekat dengan dunia fashion, dan tak sedikit yang mengagumi gaya berbusananya. Bahkan perancang terkenal berebut untuk menjadi desainer pribadinya.

Memiliki tubuh ideal dan kemampuan untuk berpose yang baik, menjadikannya bak peragawati dalam film. Penampilannya memukau baik pria maupun wanita. Audrey Hepburn selalu berhasil menunjukkan kelas berbeda pada saat dirinya tampil di hadapan lensa kamera.

Biasanya Hubert de Givenchy yang merancang baik busana sehari-hari maupun dalam film. Seperti pada daftar sebelumnya, kamu telah melihat salah satu hasil rancangannya di BREAKFAST AT TIFFANY'S. Akan tetapi untuk MY FAIR LADY, Audrey Hepburn mendapat desainer berbeda.

Cecil Beaton berhasil mencuri perhatian dengan merancang sebuah busana cantik yang akhirnya meraih Oscar dalam kategori 'Kostum Terbaik'. Dengan pencapaiannya di Academy Award, tak heran baju ini memiliki harga selangit. Jika kamu ingin memilikinya, memorabilia dari Audrey Hepburn ini dibandrol sebesar US$ 4,5 juta atau sekitar 53 miliar rupiah. Tertarik?

5 dari 5 halaman

5. MARiLYN MONROE'S WHITE DRESS

MARiLYN MONROE'S WHITE DRESS Gaun Putih Marilyn Monroe © THE SEVEN YEAR ITCH
Ini dia busana termahal sejagat raya. Baju yang dipakai oleh Marilyn Monroe ini bahkan jauh lebih terkenal dari filmnya sendiri. Karena gaun mini ini lebih sering muncul di sebuah poster atau foto daripada penayangan film.

Apa kamu tahu pose Marilyn Monroe yang terkenal itu? Ya, sesungguhnya gaya dari penyanyi dan aktris Amerika Serikat tersebut diambil dari salah satu adegan dalam film. Dengan judul resmi THE SEVEN YEAR ITCH, sinema layar lebar ini dirilis pada tahun 1955.

Dengan pamornya di muka bumi ini, maka tak heran harga busana ini pun tidak bisa dibilang murah. Menempati posisi paling puncak, nilai gaun mini dari Marilyn Monroe mencapai US$ 4,6 juta atau sebesar 54,2 miliar rupiah! Sebagai perbandingan saja, uang sebanyak itu bisa dibelanjakan untuk membeli Veneno, sebuah supercar dari Lamborghini keluaran tahun 2013 lalu.

(kpl/sic)


Editor:  

Angga S Priyono

↑