HARRY POTTER AND THE SORCERER'S STONE Tembus $ 1 Miliar Box Office Dunia Setelah Rilis Ulang di Tiongkok

Editor KapanLagi.com | 19 Agustus 2020, 15:33 WIB
HARRY POTTER AND THE SORCERER'S STONE Tembus $ 1 Miliar Box Office Dunia Setelah Rilis Ulang di Tiongkok

Kapanlagi.com - Dua dekade berlalu sejak HARRY POTTER AND THE SORCERER'S STONE tayang di bioskop pertama kalinya. Film pertama dari franchise tenar ini akhirnya tembus $ 1 miliar di box office dunia. Rekor baru dalam sejarah perilisannya ini tercipta berkat perilisan ulang dalam layar IMAX 3D di Tiongkok.

Dilansir dari VARIETY.com pada akhir pekan lalu, HARRY POTTER AND THE SORCERER'S STONE tempati posisi teratas di tangga film box office di Tiongkok dan berhasil kumpulkan $ 13,6 juta dari 16 ribu layar. Bahkan film adaptasi novel karya J.K. Rowling ini sudah meraup $ 1,001 miliar. Dengan kesuksesannya ini, film seri pertama Harry Potter menjadi film kedua yang tembus sampai angka miliaran dolar.

Namun tak kalah dengan seri pertamanya, HARRY POTTER AND THE DEATHLY HALLOWS - PART 2 justru sudah jauh lebih dulu meraup keuntungannya. Film serial terakhir HARRY POTTER ini mendapat $ 1,34 miliar dari bioskop di seluruh dunia pada tahun 2011. Bila ditotal nih, film serial ini sudah meraup $ 7,74 miliar di box office. Padahal Warner Bros. sendiri telah membeli hak cipta film ini dengan harga murah, sebelum novelnya meledak di pasaran.

“Kami sangat senang melihat HARRY POTTER AND THE SORCERER'S STONE menyenangkan generasi penonton baru,” ungkap Andrew Cripps, kepala distribusi internasional Warner Bros. Pictures. "Popularitas film di kalangan penonton bioskop Tiongkok yang baru pertama kali melihat film seperti ini, membuktikan bahwa daya tarik dari cerita ini benar-benar abadi dan universal," tambahnya. 

Prestasi film HARRY POTTER AND THE SORCERER'S STONE sendiri sudah terlihat sejak perilisannya di tahun 2001. Film yang disutradarai Chris Columbus ini berhasil mencatat rekor $ 974 juta dalam penjualan tiket selama penayangan awalnya.

Film yang memperkenalkan bintang-bintang muda seperti Daniel Radcliffe, Emma Watson, dan Rupert Grint ini awalnya nggak tayang di bioskop Cina sampai Januari 2002, tahun dimana Cina belum jadi menjadi pasar bioskop terbesar kedua di dunia.

Penulis : Febby Novenda

 

 

(kpl/mag)

Editor:   Editor KapanLagi.com