Bosan dengan berita itu-itu saja? Download Aplikasi Liputan6

'HOUSE OF SECRETS: THE BURARI DEATHS', Review Serial Dokumenter di Balik Kisah Mengerikan dan Teka-teki Kematian yang Tak Terjawab

Editor KapanLagi.com   | Kamis, 28 Oktober 2021 12:25 WIB
'HOUSE OF SECRETS: THE BURARI DEATHS', Review Serial Dokumenter di Balik Kisah Mengerikan dan Teka-teki Kematian yang Tak Terjawab
House of Secrets: The Burari Deaths (Credit: IMDb)

Kapanlagi.com - HOUSE OF SECRETS: THE BURARI DEATHS sedang menjadi pembicaraan sejak tayang di Netflix 8 Oktober yang lalu. Serial ini kembali membuka rasa penasaran setiap orang akan misteri yang terjadi pada 2018 silam. Sebanyak 11 anggota keluarga ditemukan tewas dengan posisi tergantung di langit-langit rumah mereka di Burari, Delhi, India.

Ini bukan cerita fiksi, melainkan kisah nyata yang diangkat ke dalam serial dokumenter. Kisah tragis yang tak pernah menemukan pemahaman: Mengapa hal tersebut dapat terjadi? Sebelas orang termasuk seorang nenek, 3 orang anak, 2 menantu, dan 5 cucu meninggal secara bersamaan dengan cara yang sama, tewas tergantung dengan mata tertutup dan tangan terikat.

Trigger warning bagi kamu yang pernah mengalami mental yang sedang down untuk dianjurkan tidak menonton film ini bukan sekedar basa-basi dari film ini, sebab film ini begitu menyita banyak energi untuk mencoba masuk ke dalam kepelikan kisah keluarga ini. Sekali menonton, kepikirannya bisa sampai seumur hidup. Sebab, kisah ini, hingga detik ini masih akan terus menjadi misteri.

1. Kronologi dan Sinopsis

Gambar

Pukul 05.30, toko Kelontong keluarga Bathia seharusnya sudah buka. Terlebih, toko itu adalah toko yang paling ramai dikunjungi di Burari, Delhi, India. Namun pada 1 Juli 2018, toko tersebut tak juga kunjung buka dan menunjukkan tanda-tanda kehidupan dari keluarga Bathia. Awalnya, para tetangga mengira mereka kesiangan, namun hingga pukul 07.00, toko tersebut masih tutup. Ini menjadi pertanyaan bagi warga Burari, tak biasanya keluarga Bathia hingga pukul segini tak juga menunjukan aktivitas.

Seorang tetangga berinisiatif untuk mengecek keadaan keluarga Bathia, sekaligus penasaran dengan alasan mereka yang belum kunjung membuka toko. Secara, Burari adalah daerah yang padat dan toko mereka dianggap sebagai tempat transaksi yang paling ramai dikunjungi. Ketika mencoba menerobos masuk, tetangga ini menemukan pintu rumah mereka yang tak dikunci. Ia kemudian masuk dan alangkah terkejutnya melihat pemandangan mengerikan, 10 orang keluarga Bathia tersebut tergantung mengenaskan bersama dari langit-langit rumah dan 1 jasad tergantung di lemari kamar.

Tetangga itu langsung histeris dan mengundang warga lain untuk melihat sendiri hal mengerikan yang ia temukan. Semua orang panik, polisi pun akhirnya datang ke rumah itu. Kematian mereka merupakan hal yang tak wajar sekaligus mengejutkan bagi semua orang. Semua keluarga tewas dalam kondisi tangan terikat dan mata tertutup serta digantung dengan kain sari India berwarna-warni.

Hal tersebut tak nampak seperti bunuh diri massal. Namun, tak juga ada tanda-tanda barang yang dicuri, kekerasan atau pun pintu yang rusak akibat dibobol. Semua tampak normal. Lantas, apa yang menjadi misteri di balik kematian 11 anggota keluarga ini?

Disutradarai oleh Leena Yadav, HOUSE OF SECRETS: THE BURARI DEATHS mencoba menampilkan semua teka-teki dan mengajak semua orang larut dalam kebingungan sejak penemuan tewasnya 11 orang keluarga tersebut hingga mengurainya kembali dalam tiga babak episode mini seri. Semua spekulasi ditampilkan dalam serial ini, mulai dari teori-teori kematian hingga rumor yang beredar. Setiap orang percaya pada rumor yang mereka terima, pembunuhan, sekte dan okultisme, atau bunuh diri.

2. Misteri per Episode

Gambar

Episode pertama dibuka dengan penemuan tewasnya 11 anggota keluarga tersebut dan gaduhnya warga setempat yang histeris tak percaya dengan apa yang mereka lihat. Tak ada lagi batasan antara tempat kejadian perkara yang ditangani polisi dan hiruk-pikuk orang yang lalu lalang di rumah itu. Polisi dan tim forensik yang diterjunkan merasa kesulitan untuk melakukan mobilisasi penanganan kasus di sana.

Masuk ke episode dua, alurnya mulai menelaah satu demi satu pertanyaan dan misteri yang menyelimuti kabar besar itu. Mulai dari pemberitaan media-media India dan teori yang muncul di masyarakat tentang kasus kematian keluarga Bathia. Awalnya polisi menetapkan kasus ini sebagai kasus bunuh diri massal. Kendati, banyak warga yang mempercayai apa yang terjadi pada keluarga malang itu adalah pembunuhan. Namun fakta berkata lain, CCTV membuktikan tak ada orang lain yang terlibat sebelum kematian selain keluarga Bathia sendiri.

Episode ketiga diisi dengan dua pandangan yang menyelimuti kasus ini. Pertama adalah kepercayaan adanya sisi mistis dari kematian keluarga Bathia. Keluarga ini diduga melakukan ritual atau sekte yang membunuh diri mereka sendiri. Teori mistis ini datang dari banyaknya hal aneh yang ditemukan di rumah keluarga itu. Mulai dari ditemukannya sisa kayu ritual dan pipa air di samping rumah mereka dengan susunan yang aneh berjumlah 11 pipa. 7 pipa yang menghadap ke bawah dan 4 pipa yang menghadap lurus, mirip dengan posisi kematian 11 anggota keluarga itu.

Akhirnya, seorang petugas menemukan buku diary 11 orang keluarga Bathia. Setidaknya, ini merupakan awal dari titik terang akan apa yang terjadi pada keluarga tersebut. Diary tersebut ditulis setiap hari selama 11 tahun yang berisi semua kegiatan anggota keluarga dari pagi yang harus dilakukan dan tidak boleh dilakukan. Dari diary tersebut juga ditemukan bahwa Lalit (anggota keluarga yang ditunjuk menjadi kepala keluarga menggantikan kakek yang sudah meninggal) mengaku sering dikunjungi dan dirasuki oleh arwah sang ayah.

3. Sisi Psikologis

Gambar

Sisi kedua dari pandangan yang ada di kasus ini adalah sisi psikologis dari Lalit yang menjadi kepala keluarga Bathia. Lalit disebut memiliki gangguan kejiwaan yang telah lama ia idap. Bahkan, ia dianggap menyebarkan gangguan mental bersama ke anggota keluarga yang lain sehingga mempercayai Lalit dan mengikuti segala perintahnya. Termasuk mempercayai hadirnya roh sang ayah yang sudah meninggal di tubuh Lalit dan membuat semacam ritual menggantung layaknya pohon beringin.

Tak banyak reka adegan yang ditampilkan di film dokumenter ini. Meski tak begitu detail gambaran keluarga tersebut meninggal, namun kisah yang ditampilkan sudah cukup mengerikan. Terlebih ketidakpercayaan warga sekitar yang tak menyangka keluarga tersebut tewas. Di mata mereka, keluarga Bathia adalah keluarga yang sangat harmonis dan bermasyarakat.

Semrawut kisah ritual dan misteri yang ada di rumah itu hingga sekarang masih menjadi teka-teki yang belum terjawab. Polisi pada akhirnya hanya mampu menetapkan kasus tersebut sebagai "Accidental death" atau kematian yang tak disengaja. Tak ditemukan sebabnya, tak juga ditemukan pelakunya. Meski spekulasi di akhir mengarahkan kematian keluarga ini disebabkan oleh Lalit, tak juga ditemukan bukti yang cukup dan alasan yang logis atas kejadian yang memilukan tersebut.

HOUSE OF SECRETS: THE BURARI DEATHS telah semampunya menguraikan satu per satu urutan peristiwa dan rumor yang muncul serta rekaman found footage dari TKP. Namun, serial ini masih menimbulkan rasa tidak puas dengan pertanyaan yang masih belum terjawab, apa dalang dari kematian keluarga Bathia? Benarkah mereka meninggal karena melakukan ritual atau karena pembunuhan yang dilakukan salah satu dari mereka?

Artikel ini ditulis oleh: Aditia Lestari

Editor:   Editor KapanLagi.com