Interview MORTAL KOMBAT: Ludi Lin Terbantu Dragon Ball Untuk Perannya Jadi Liu Kang

Mahardi Eka Putra | 22 April 2021, 12:52 WIB
Interview MORTAL KOMBAT: Ludi Lin Terbantu Dragon Ball Untuk Perannya Jadi Liu Kang

Kapanlagi.com - Ludi Lin memerankan Liu Kang dalam film MORTAL KOMBAT. Tokoh petarung satu ini termasuk salah satu petarung populer dalam dunia video game. Belum lagi pada dua film yang dirilis tahun 90-an, Liu Kang menjadi tokoh utamanya. 

Liu Kang adalah seorang biksu yang turut terjun dalam turnamen hidup mati di MORTAL KOMBAT demi menyelamatkan Earthrealm. Dalam cerita, para petarung dari Earthreal, sudah kalah sebanyak sembilan kali. Jika dalam turnamen kali ini kalah, maka Bumi akan diserbu para mahkluk mengerikan dari Netherrealm. Salah satunya adalah Sub-Zero.

Tokoh yang identik dengan kostum warna merah ini punya kekuatan fisik melebih manusia kebanyakan serta mampu menciptakan api dengan menggunakan kedua tangannya.

Bagi Ludi yang sejak kecil memfavoritkan Liu Kang, peran dalam MORTAL KOMBAT ini seperti mimpi jadi kenyataan. Siapa sangka juga kesukaannya pada kisah Dragon Ball membantunya mendalami peran untuk film terbarunya ini. Simak wawancara kami dengannya ini. 

 
Produser Todd Garner menyebut MORTAL KOMBAT mengupayakan tokoh-tokohnya sedekat mungkin dengan penonton. Bagaimana dengan Liu Kang?

Aku merasa Liu Kang adalah jantung dari cerita Mortal Kombat ini. Mudah bagi penonton untuk bisa terhubung dengannya. Kita tidak perlu berpikir keras, cukup dirasakan.

Pengalaman baru apa yang dialami ketika bergabung dalam MORTAL KOMBAT?

Aku bisa bekerjasama dengan cast yang beragam yang terasa seperti keluarga. Aku merasa seperti tumbuh di sebuah keluarga baru. Dan keluarga ini berkembang karena ketika kalian menonton trailernya saja dan bereaksi akannya, lalu menikmatinya, kita menjadi seperti keluarga. Ketika kalian menonton filmnya nanti, kita akan menjadi keluarga yang lebih dekat.

Pengalaman lainnya adalah menikmati daerah terpencil di Australia yang rasanya seperti di Mars. Terkadang seperti di gurun pasir dan susah mendapat air. Terkadang kalau malam saking dinginnya sampai membeku padahal kita masih harus berakting laga. Hal tersebut membuatku rindu berpergian. Ada tempat seperti ini di Bumi yang rasanya seperti di planet lain. Aku harap keadaan bisa kembali normal supaya kita bisa melakukan itu lagi.

Ludi Lin ketika syuting MORTAL KOMBAT. (foto: Warner Bros Pictures)Ludi Lin ketika syuting MORTAL KOMBAT. (foto: Warner Bros Pictures)

Kami yakin berakting seolah-olah mengeluarkan api dan menembakkannya bukan sesuatu yang mudah. Bagaimana Ludi membuatnya terasa meyakinkan saat terlihat di layar?

Sebenarnya sutradara kami lebih suka pendekatan fisik, sesuatu yang bisa kita sentuh dan rasakan. Jadi ketika Liu Kang harus mengeluarkan api dari tangannya, bagaimana aku bisa melakukannya? Hal pertama yang kami lakukan adalah mengoleskan gel minyak yang tidak akan menghanguskan tanganku tapi akan mengeluarkan banyak api. Tapi apinya tidak akan bertahan lama, jadi teknisi kami menyiasatinya dengan membuat sarung tangan yang bisa menyala. Aku bisa menggunakannya seperti senter yang cahanya menerangi lokasi syuting. Selain itu aku juga sering memperagakannya saat aku masih kecil. Aku selalu mengandaikan diriku seakan melontarkan bola api, entah itu Dragon Ball atau Street Fighter, atau Mortal Kombat. Aku sering melakukannya. Dan ketika aku harus melakukannya, satu misi sudah terselesaikan.

Tampaknya Ludi sudah akrab dengan Mortal Kombat sejak kecil. Seperti apa pengalaman pertamamu?

Pengalaman pertamaku memainkan Mortal Kombat ketika aku kecil bermain ding-dong. Ketika aku berhasil mengeluarkan jurus fatality-ku pertama kali, aku langsung merasa bahwa game ini sangat keren. Langsung saja kuhabiskan koinku saat itu. Aku habis banyak uang dan waktu untuk memainkan game ini. Jadi aku senang bisa memainkan filmnya sekarang.

Rasanya Liu Kang adalah tokoh yang bakal dipilih orang saat pertama kali main. Ia tokoh baik. Dia jagoannya dan juga sangat kuat. Tidak ada yang bisa menghindari tentangannya. Kamu bisa memakai jurus itu terus dan menang. Itu cara untuk menghemat koinmu. Dia favoritku. Sub-Zero, yang diperankan Joe juga. Karena dia keren. Dia membekukan lawannya.

Di balik kisah fantastis, adegan laga yang keren, hal menarik apa yang kamu lihat dari film MORTAL KOMBAT ini?

Aku suka representasi dalam film ini. Kami tidak harus memainkan tokoh Asia yang dicocok-cocokkan dengan stereotip tertentu. Cukup jadi diri kami sendiri dari beragam negara lalu turut menceritakan kisahnya. Ini sebetulnya bukan semata cerita tentang dunia dalam film saja. Ada semesta Mortal Kombat di sini. Aku jadi penasaran apa yang bakal muncul ke depannya. Seperti apa film ini bakal berkembang.

Pilih 2 petarung yang menurutmu bakal menampilkan pertarungan terbaik dalam film?
Aku tertarik melihat Liu Kang dan Putri Kitana. Karena ini bakal jadi pertarungan dua sejoli. Ada romantisnya, ada hasrat, dan keduanya handal bertarung. Aku ingin lebih banyak tokoh wanita dalam MORTAL KOMBAT.

MORTAL KOMBAT tayang di bioskop sejak 14 April. Tonton dan saksikan aksi Joe Taslim sebagai Sub-Zero dalam film ini. 

(kpl/dka)

Editor:   Mahardi Eka Putra