Jane Foster Bakal Jadi Thor Wanita, Kenapa Ia Layak? Begini Penjelasaanya

Dhimas Nugraha | Senin, 22 Juli 2019 20:03 WIB
Jane Foster Bakal Jadi Thor Wanita, Kenapa Ia Layak? Begini Penjelasaanya

Kapanlagi.com - Jane Foster (Natalie Portman) meman tak lepas dari Thor (Chris Hemsworth). Meski, sosoknya tak ada di beberapa film, nama Jane Foster selalu terngiang-ngiang di dalam kepala Thor. Seperti di film THOR: RAGNAROK, Jane bahkan sama sekali tak terlihat, tapi namanya selalu disebut oleh dewa petir itu.

Mungkin di film Jane Foster hanya sebagai love interest bagi Thor. Namun, di dalam komik ia akhirnya memakai jubah dan berubah menjadi Thor Wanita. Perubahan Jane Foster menjadi Dewi Petir ini akan muncul Marvel fase 4 di film THOR: LOVE AND THUNDER.

Tapi, bagaimana Jane bisa layak menjadi Thor dan memegang Mjolnir, sedangkan palu tersebut memiliki mantra yang tak semua dewa bisa memegangnya? Berikut penjelasannya.

1 dari 4 halaman

1. Kemunculan Pertama Kali Jane Foster di Komik

Kemunculan Pertama Kali Jane Foster di Komik Thor (Chris Hemsworth) dan Jane Foster (Natalie Portman) ©Marvel Studio
Jane pertama kali muncul di komik pada tahun 1962 dengan judul Journey into Myster8 #48 sebagai seorang suster untuk Dr. Donald Blake. Jane mengetahui bahwa dirinya tengah berada dalam situasi cinta segitiga dengan Blake dan Thor, tanpa tahu bahwa mereka adalah orang yang sama.

Tak lama kemudian, Thor membawa Jane ke Asgard setelah ia mendapat kemampuan abadi. Namun sayang, Odin harus mengambil semua kekuatan Jane dan mengembalikannya ke Bumi tanpa ingatan tentang Asgard sama sekali.

2 dari 4 halaman

2. Thor Kehilangan Kelayakannya dan Kehilangan Palunya

Thor Kehilangan Kelayakannya dan Kehilangan Palunya Thor tidak layak © Marvel Comic
Pada Thor edisi ke 41, Dewa Petir in kehilangan kekuatannya untuk memegang palu Mjlonir. Dalam pertarungan Avengers, Nick Fury membisikkan sesuatu ke telinga Thor yang menyebabkan ia tak layak untuk Mjolnir.

Palu tersebut akhirnya berakhir di bulan, dan tak ada yang bisa mengangkatnya, bahkan Thor maupun Odin sendiri. Namun, tak berselang lama, ada sosok wanita yang pergi ke bulan dan mengambil palu tersebut, dan akhirnya mantranya pun berubah menjadi

"Siapapun yang memegang palu ini, jika dia (wanita), akan menguasai kemampuan Thor."

3 dari 4 halaman

3. Jane Foster Yang Mengangkat Palu di Bulan

Jane Foster Yang Mengangkat Palu di Bulan
Akhirnya terungkap bahwa, sementara palu Thor masih di Bulan, itu secara telepati mencari Jane. Jane meminta Heimdall untuk mengirimnya ke bulan dimana lokasi palu tersebut berada. Ketika Jane mengankat palu Thor, ia mendapatkan semua kekuatan Thor.

Mendapat kekuatan super, Jane memilih untuk menyembunyikan identitasnya sebagai Thor Wanita, dan membuat Thor frustasi karena tak tahu siapa yang memegang palunya.

Jane akhirnya mulai bergerak dengan identitas barunya sebagai Thor Wanita di tengah-tengah ketegangan antara Malekith dan Frost Giant. Thor yang menyadari bahwa Thor Wanita tersebut layak memegang palu berserta tanggung jawab besar, akhirnya memberikan restu kepada Thor Wanita.

4 dari 4 halaman

4. Kemampuan Jane Foster Sebagai Female Thor

Kemampuan Jane Foster Sebagai Female Thor Jane Foster - Thor Wanita © Marvel Comic
Kemampuan Jane saat menjadi Thor Wanita, ia menjadi semakin kuat. Lewat palunya, ia bisa terbang, transportasi antar dimensi, ia juga bisa memanipulasi petir dan cuaca.

Penampilannya pun juga berubah total ketika menjadi Thor Wanita. Ketika memegang palu, Mjolnir menaikkan kemampuannya dan helm yang melindungi kepalanya, serta rambut pirang panjang, dan baju zirah serta jubah seperti penampilan Thor.

Namun, sayang ia harus berurusan dengan penyakit kanker. Mengetahui penyakit tersebut, ia masih tetap tak ingin dirawat. Tapi akhirnya ia bisa sembuh kembali oleh kekuatan dari Thor.

(kpl/dim)


Editor:  

Dhimas Nugraha

↑