Bosan dengan berita itu-itu saja? Download Aplikasi Liputan6

Jenis-Jenis Film Seperti Ini Yang Tak Pernah Menang di Oscar

Mahardi Eka Putra   | Jum'at, 28 Februari 2014 16:01 WIB
Jenis-Jenis Film Seperti Ini Yang Tak Pernah Menang di Oscar
dok. istimewa

Kapanlagi.com - Selama delapan dekade lebih penyelenggaraannya, Oscar ternyata pula pola tersendiri untuk memilih film mana yang nantinya akan keluar sebagai film terbaik. Film sejarah, perang atau pun musikal punya kans besar untuk menang dalam ajang tertinggi perfilman Hollywood tersebut. Sedangkan dari sisi akting, para aktor yang memerankan tokoh sejarah punya kans yang lebih besar untuk menang.

Dari pengamatan tersebut ternyata ditemukan pula bahwa ada beberapa jenis film yang susah atau bahkan tak pernah menang sebagai Film Terbaik. Terlepas dari pujian selangit yang diberikan oleh penonton, film-film yang seperti ini kecil kemungkinannya untuk pulang membawa piala.

Alasannya pun belum bisa diketahui, apakah karena kurang promo atau memang film tersebut tak layak menang. Yang pasti jenis film seperti yang terdaftar di artikel ini selalu pulang dengan tangan hampa.

  (zim/dka)

1. Film superhero

Gambar

Masih ingat dengan THE DARK KNIGHT karya Nolan tak dimasukkan dalam nominasi Best Picture Oscar 2009 meski film tersebut nyaris sempurna dari sisi naskah, penggarapan, dan juga akting. Tidak dimasukkannya film hebat ini pun mencuatkan ide untuk kembali memilih 10 besar Film Terbaik alih-alih hanya lima. Hasilnya, Nolan merasakan masuk nominasi lewat film INCEPTION setahun kemudian.

Dalam sejarah Oscar, film Superhero tercatat hanya mampu berjaya di ajang tata suara dan efek visual saja. Beberapa film superhero bagus yang gagal menang di Oscar antara lain: THE AVENGERS, WATCHMEN, SUPERMAN versi Christopher Reeve.

2. Fiksi fantasi remaja

Gambar

Film fantasi THE LORD OF THE RINGS yang digarap Peter Jackson sukses membawa pulang Oscar pada tahun 2004. Fantasi memang masih mungkin menang namun tidak apabila film fantasi tersebut ditujukan untuk para remaja seperti HARRY POTTER. Meski film terakhirnya, DEATHLY HALLOW PART 2 mendapat banyak pujian dari kritikus, film tersebut tak bisa sedikitpun menyentuh Oscar sebagai Film Terbaik.

Kasus yang sama pun terulang dari film THE HUNGER GAMES. Kedua filmnya yang sukses besar sama sekali tak dilirik untuk masuk nominasi film terbaik Oscar.

3. Film James Bond

Gambar

Dengan sejarah pembuatan filmnya selama 50 tahun, sungguh mengherankan bahwa film ini tak pernah sekalipun dilirik untuk kategori Film Terbaik di ajang Oscar. Kalau pun menang, itu dari kategori lainnya seperti Ost Terbaik.

Meski serial ini telah disegarkan dengan pemilihan Daniel Craig sebagai sosok James Bond, juri Oscar nampaknya belum terlalu tertarik untuk menyertakan salah satu judul Bond di antara nominasi Film Terbaik lainnya.

4. Film Animasi

Gambar

Dalam ajang Oscar memang sudah tersedia kategori untuk Film Animasi Terbaik, tapi tentunya hal tersebut tak menghalangi para penikmat film animasi untuk mendukung filmnya supaya jadi yang terbaik di antara yang lainnya. Tahun ini Disney merilis film FROZEN yang punya cerita bagus, musik apik dan juga visualisasi yang menawan. Tapi apa daya film tersebut hanya bisa masuk dalam kategori Film Animasi Terbaik.

Di masa lalu ada beberapa film animasi bagus seperti THE LION KING, SNOW WHITE AND THE SEVEN DWARFS serta TOY STORY, FINDING NEMO dan WALL-E yang juga diacuhkan oleh juri Oscar meski kualitas film-film tersebut jauh di atas rata-rata. Beberapa film seperti BEAUTY AND THE BEAST, TOY STORY 3 dan UP pernah masuk nominasi Film Terbaik namun tetap tak menang.

5. Film Komedi

Gambar

Film dengan tema komedi terbukti tak pernah kesulitan untuk mencuri posisi sebagai Film Terbaik Oscar, sebut saja beberapa judul seperti LITTLE MISS SUNSHINE, JUNO dan THE FULL MONTY. Tapi jarang di antara film komedi yang pernah menang sebagai film terbaik, beberapa judul seperti ANNIE HALL, DRIVING MISS DAISY, SHAKESPEARE IN LOVE dan THE ARTIST adalah segelintir kasus kecil dalam lima puluh tahun penyelenggaraan Oscar.

Yang pasti, film komedi masih punya kans bersaing di kategori akting dan juga naskah terbaik. Contoh film komedi seperti yang dimaksud adalah BRIDEMAIDS (2012).

6. Hiii film horor

Gambar

Sama seperti film komedi, film horor juga mengalami nasib yang sama jika bicara tentang memenangkan piala Oscar. THE EXORCIST (1973) punya kans besar untuk menang tapi akhirnya kalah dengan film THE STING. Baru dua puluh tahun kemudian film SILENCE OF THE LAMB menang di kategori Film dan Sutradara.

Tapi kemenangan film horor muncul satu di antara ratusan. Mengingat di tahun 2007 PAN'S LABYRINTH tak dimasukkan sebagai nominator film terbaik.


Editor:   Mahardi Eka Putra