Bosan dengan berita itu-itu saja? Download Aplikasi Liputan6

Kesalahan Edit Dalam Film Produksi Sineas China

Mahardi Eka Putra   | Senin, 17 Juni 2013 13:51 WIB
Kesalahan Edit Dalam Film Produksi Sineas China
dok. istimewa

Kapanlagi.com - Film-film produksi studio China pernah sangat digemari di tanah air. Dua tema yang selalu diangkat di dalamnya adalah film tentang silat (tentang pendekar pedang dan kung fu) serta tentang aksi kepolisian Hongkong yang biasanya dibintangi oleh Jackie Chan.

Era keemasan seperti itu memang sudah lewat, namun masih banyak hal dari film-film demikian yang menarik untuk dibahas. Salah satu yang akan menjadi bahasan kali ini adalah kesalahan edit dalam proses produksinya.

Jika diperhatikan dengan seksama, maka tak jarang ada sedikit kesalahan yang luput dari pengamatan editor filmnya sehingga kesalahan tersebut akhirnya muncul dalam film versi akhirnya. Kesalahan apa saja itu? Simak gambar-gambar berikut ini!

 

#Baca juga

 

  (eba/dka)

1. Pesilat pakai jam tangan?

Gambar

Setting yang digunakan dalam film-film bertema silat tentunya adalah negeri China di masa lampau. Masa di mana para pendukunya masih belum mengenal teknologi modern seperti misalnya jam tangan. Gambar di atas menunjukkan bahwa sang editor film lupa untuk meneliti bahwa di pergelangan tangan sang pesilat ini terdapat benda berkilau yang baru ditemukan pada 1957.

2. Lupa menarik pelatuk?

Gambar

Penonton Indonesia jelas familiar dengan serial POLICE STORY yang dibintangi oleh Jackie Chan. Film tersebut kerap ditayangkan di televisi-televisi swasta tanah air. Selain tema silat, kisah tentang polisi juga selalu dimunculkan dalam film-film China. Adegan tembak-menembak pun selalu dihadirkan. Seru bukan?

Namun apa jadinya bila detil yang seharusnya vital tersebut terlewat oleh salah satu figuran yang memerankan polisi? Dalam salah satu adegannya, terlihat pemeran polisi ini lupa menaruh jarinya di pelatuk. Bagaimana caranya menembak kalau begitu?

3. Pendekar pakai Handy Talky

Gambar

HERO (2002) dipandang sebagai salah satu cerita silat dengan visualisasi yang sungguh menawan. Film arahan Zhang Yimou pun menggaet banyak aktor besar seperti Tony Leung dan Jet Li untuk bermain di dalamnya. Sayang dalam salah satu scene Tony Leung, terlihat ia lupa menyembunyikan HT yang dipakainya untuk berkoordinasi dengan sutradara.

Editor:   Mahardi Eka Putra