Kisah Nyata Sang Sutradara Jadi Inspirasi Cerita Mengharukan Film Disney dan Pixar, 'ONWARD'

Selasa, 24 Maret 2020 14:29 WIB
Kisah Nyata Sang Sutradara Jadi Inspirasi Cerita Mengharukan Film Disney dan Pixar, 'ONWARD'

Kapanlagi.com - ONWARD menjadi film ke-22 karya Disney bersama Pixar selama lebih dari dua dekade berkecimpung di industri film. Namun, tahukah kalian jika kisah mengharukan dari petualangan dua Elf bersaudara ini terinspirasi dari kisah nyata sang sutradara?

Dan Scanlon, sutradara film ONWARD yang juga tim kreatif veteran di Pixar yang sebelumnya pernah terlibat dalam pembuatan film MONSTERS UNIVERSITY ini terinspirasi membuat film animasi berdasarkan kisah pribadinya bersama sang kakak setelah kepergian ayahnya. 

Credit: ©DisneyCredit: ©Disney

1 dari 4 halaman

1. Pencarian Seorang Ayah

Pencarian Seorang Ayah ©Disney
Dan Scanlon kehilangan seorang ayah di tahun 1977, di saat usianya masih belum genap 1 tahun. Baik dirinya maupun sang kakak, tak pernah mengenal sosok ayah mereka. 

Hingga keduanya pun berusaha untuk mencari tahu dengan mengumpulkan berbagai informasi-informasi dari foto, cerita, maupun rekaman-rekaman yang mereka miliki. 

2 dari 4 halaman

2. Sinopsis ONWARD

ONWARD film animasi garapan Disney dan Pixar ini menceritakan tentang petualangan kakak beradik, Barley (Chris Pratt) dan Ian Lightfoot (Tom Holland), dalam mencari sisa-sisa keajaiban di dunia untuk bertemu dengan sang ayah yang telah meninggal. 

Perjalanan dua saudara dalam pencarian tersebut pun menemui berbagai macam hal dan kejadian unik. Dan diakhiri dengan momen yang spesial antara Barley dan Ian. 

3 dari 4 halaman

3. Rekaman Suara Sang Ayah

Rekaman Suara Sang Ayah ©Disney
Ada beberapa adegan yang sangat menyentuh di film ONWARD ini. Salah satunya yang mungkin paling kena di hati para penonton adalah saat Ian Lightfoot memutar kaset rekaman suara sang ayah dan membuat percakapan dengan rekaman tersebut.

Momen ini terinspirasi dari pengalaman Scanlon dan sang kakak. Saat kecil, keduanya seakan menemukan keajaiban ketika mereka menemukan kaset rekaman suara ayah mereka. Dalam rekaman tersebut, sang ayah hanya mengucapkan dua kata, “hi” dan “bye”. Namun, pengalaman tersebut adalah momen berharga bagi Scanlon karena melalui rekaman itulah Scanlon dapat mendengar suara sang ayah untuk pertama kalinya. 

4 dari 4 halaman

4. Sosok Ibu Inspiratif di ONWARD

Film ini juga memunculkan sosok ibu inspiratif yang menyimpan banyak pesan. Laurel (Julia Louis-Dreyfus) ibu Barley dan Ian ini adalah orang yang sangat tegar. Ia tak ingin terus larut dalam kesedihan dan berusaha sebaik mungkin untuk membesarkan kedua putranya. 

Laurel ini juga terinspirasi dari sang ibu Dan Scanlon. Menurut Dan, sang ibu adalah wanita hebat yang selalu mengjarkan dirinya dan sang kakak untuk menjadi orang yang kuat dan selalu menghargai apapun. 

"Ibuku melakukannya dengan luar biasa. Kita semua tahu, ia juga merasa sedih. Namun, saya sangat bangga padanya karena di tengah kesedihannya, ia tetap berusaha untuk selalu tegar dan membesarkan kami berdua dengan sangat baik," cerita Dan Scanlon.

Menurut Scanlon, kenangannya saat membuat film  ONWARD ini justru menjadi sebuah momen spesial yang emosional untuk ia dan ayahnya. 

(kpl/dwn)


 

↑