Masuk Dalam Film, Harga Mobil-Mobil Ini Meroket

Angga S Priyono | Selasa, 09 September 2014 13:01 WIB
Masuk Dalam Film, Harga Mobil-Mobil Ini Meroket
Kapanlagi.com - Properti dalam film beraneka ragam, bisa jadi pakaian, peralatan bahkan hingga kendaraan. Keberadaan benda-benda ini sangat penting untuk menunjang jalannya cerita dalam film. Bagaimana tidak, apa jadinya STAR WARS tanpa sebuah lightsaber?

Oleh sebab itu properti dari sebuah sinema layar lebar banyak diperebutkan. Mungkin karena hanya sekedar ingin memiliki hingga dengan alasan investasi. Ya, jika sebuah benda dirasa sangat ikonik dan mencerminkan sebuah judul film, maka akan semakin berharga mahal.

Tak sedikit kolektor di muka bumi ini yang ingin memiliki benda-benda memorabilia dari sebuah film. Biasanya properti film ini dijual dalam lelang. Sehingga harganya bisa saja tiba-tiba melambung tinggi.

Dan untuk kali ini, kami akan membahas 5 buah mobil dengan rekor penjualan tertinggi. Tapi bukan sekedar mobil, ini masih seputar film. Kelima kendaraan tersebut tentu saja harus pernah muncul dalam layar lebar.

Penasaran mobil apa saja yang masuk daftar kami? Cari tahu selengkapnya mulai halaman selanjutnya.

1 dari 5 halaman

1. GENERAL LEE DODGE CHARGER

GENERAL LEE DODGE CHARGER General Lee © Warner Bros
Mobil berwarna jingga ini sangat identik dengan darah muda, darahnya para remaja, begitu kata sang raja dangdut. Karena memang dalam filmnya, kendaraan ini dimiliki oleh dua orang jejaka. 

Diberi nama General Lee, mobil tanpa pintu ini membawa kemanapun mereka pergi. Aksinya ketika dikejar-kejar polisi hingga loncat melalui gundukan tanah sangat dikenal oleh para penikmat film.

Tak heran, semenjak kemunculannya di THE DUKES OF HAZZARD, Dodge Charger tahun 69 menjadi salah satu mobil favorit untuk dimodifikasi dan dimiliki. Dalam filmnya, General Lee sesungguhnya memang dibuat untuk balapan. Oleh karena itu ada nomor balap di sisi sampingnya.

Bagaimana dengan harganya? Walaupun menempati posisi dasar dari empat mobil lainnya bukan berarti memiliki nilai yang murah. Saat dijual terakhir kali, General Lee laku dengan bandrol US$ 450 ribu atau senilai 5,2 miliar rupiah, masih jauh lebih mahal daripada kendaraan yang umum terlihat di jalan raya Indonesia.

2 dari 5 halaman

2. DELOREAN DMC-12 TIME MACHINE

DELOREAN DMC-12 TIME MACHINE DeLorean DMC-12 © Universal Pictures
Kembali ke masa depan! Kira-kira itulah tagline yang tepat untuk mencerminkan mobil satu ini. Menembus waktu bukan hal sulit bagi kendaraan ini jika telah memiliki cukup tenaga.

DeLorean merupakan salah satu mobil ikonik dari dunia sinema layar lebar. Bagi para moviegoers sejati pasti tahu mesin waktu beroda empat ini berasal dari judul film apa. Terkenal sebagai ciptaan ilmuwan 'gila' Dr. Emmett Brown, kendaraan ini bisa membawa penumpangnya ke masa lalu dan masa depan.

Dalam triloginya, mobil ini selalu mengalami perubahan bentuk. Walaupun tidak signifikan, akan tetapi diubah sesuai dengan kebutuhan cerita yang diangkat saat itu. Seperti dalam seri ketiganya, karena harus melaju di atas rel, maka keempat ban diganti dengan roda kereta api.

Mau tahu berapa properti dari BACK TO THE FUTURE ini? Terakhir terjual, DeLorean DMC-12 versi film berharga US$ 541 ribu, nilai itu sekitar 6,3 miliar rupiah. Tertarik membeli 'mesin waktu' ini? Kamu harus menyiapkan uang lebih banyak daripada itu, karena pasti harganya akan semakin mahal.

3 dari 5 halaman

3. FLYING CAR

FLYING CAR FLYING CAR © chittythemusical.co.uk
Semakin tua semakin menjadi, kendaraan roda empat ini memang sangat mengagumkan. Dengan model klasiknya, properti klasik ini menjadi incaran dari para kolektor memorabilia. Apalagi seorang yang khusus mengoleksi properti film.

Sebuah gagasan dari novelis ternama Ian Fleming, mobil ini diceritakan bisa terbang! Wow, bukankah itu imajinasi hebat dari sebuah kendaraan produksi tahun 1920an? Penulis satu ini tampaknya memang memiliki ketertarikan tersendiri dengan mobil modifikasi.

Ide awalnya didapat dari perusahaan pembuat mobil itu sendiri. Bernama Chitty Bang Bang mereka memproduksi untuk kebutuhan balapan. Ian Fleming, mobil cepat dan telah dimodifikasi, mengingatkanmu pada sesuatu?

Untuk produksi filmnya mereka sungguh-sungguh menciptakan sebuah mobil yang memilki izin laik jalan di Inggris. Dengan nama GEN 11 para pembuat film membuatnya setahun sebelum CHITTY CHITTY BANG BANG dirilis pada tahun 1968.

Kendaraan yang hanya bisa terbang dalam film ini tapi ternyata laku dengan harga yang cukup mahal. Terakhir dalam lelang nilainya mencapai US$ 805 ribu atau senilai 9,4 miliar rupiah. Sebagai perbandingan, dengan bandrol sebesar itu bisa mendapatkan dua buah Lamborghini Aventador LP 700-4.

4 dari 5 halaman

4. LOTUS SUBMARINE CAR

LOTUS SUBMARINE CAR Lotus Esprit S1 © motortrend.com
Bagaimana rasanya memiliki kendaraan yang bisa menyelam? Pasti sangat mengasikkan bukan? Dan inilah kehebatan dari mobil produksi Lotus, Masih bisa berjalan walaupun sudah tenggelam dalam air.

Lotus Esprit S1 merupakan mobil keluaran tahun 1976. Bermesin empat silinder, kendaraan ini memiliki 160 tenaga kuda dan mencapai kecepatan maksimum hingga 214km/jam. Perusahaan pembuatnya mengaku bahwa produksi mereka bisa melaju dari 0-97km dalam waktu 6,8 detik akan tetapi ketika pengetesan di jalan raya hanya bisa meraih 8 detik, tidak lebih cepat daripada itu.

Berkode S1 yang berarti Series 1 akan tetapi sering dianggap sebagai Submarine 1 (untuk versi dalam film James Bond) karena kemampuannya menyelam dalam air.

Mobil ini dipakai dalam film James Bond THE SPY WHO LOVED ME. Terkenal dengan kemampuannya bisa menyelam dalam air, dan walaupun sudah tenggelam seutuhnya akan tetapi masih kedap  air. Wah mungkin ini berguna untuk jalanan Jakarta yang sering banjir ya.

Tak heran sebagai barang memorabilia Lotus Esprit S1, termasuk benda berharga tinggi. Mobil ini terakhir dijual menembus harga US$ 860.000 atau sekitar 10 miliar rupiah. Cukup mahal bukan?

5 dari 5 halaman

5. ASTON MARTIN DB5

ASTON MARTIN DB5 Aston Martin DB5 © astonmartin.com
Ini dia mobil termahal yang pernah laku terjual berasal dari properti film. Aston Martin DB5 memang sangat ikonik, dirilis tahun 1963 kendaraan ini muncul dalam GOLFINGER setahun kemudian. Semenjak saat itu, penerus dari DB4 ini terkenal sebagai mobil James Bond.

Sebenarnya dalam buku novel karya Ian Fleming mobil yang dipakai James Bond dalam GOLDFINGER adalah DB Mark III. Tapi para pembuat film menggantinya dengan DB 5, karena merupakan keluaran terbaru saat itu. Dan mereka menambahkan beberapa fitur dalam mobil seiring proses syuting berjalan, seperti sang sutradara menginginkan fitur pengganti plat nomor karena ia sering mendapatkan surat tilang dan sebagainya.

Ada tiga jenis DB5 yang digunakan dalam GOLDFINGER. Dalam film, digunakan versi prototype dan mobil dengan standar pengamanan untuk aksi stunt. Kemudian diproduksi lagi sebagai properti promosi ketika film telah rilis sebanyak 2 buah.

Walaupun pencetak rekor adalah DB5 dari GOLDFINGER, akan tetapi sebenarnya kendaraan ini muncul dalam beberapa judul lanjutan film James Bond. Sebut saja seperti THUNDERBALL, GOLDENEYE, TOMORROW NEVER DIES, THE WORLD IS NOT ENOUGH dan dua versi terakhir lainnya hadir pada era Daniel Craig, di CASINO ROYALE serta SKYFALL.

Aston Martin DB5 terjual US$ 4.4 juta atau setara dengan 52 miliar rupiah!
Bagaimana, tertarik memilikinya?

(kpl/sic)


Editor:  

Angga S Priyono

↑