Maukah Ava DuVernay Menyutradarai FIlm Marvel?

Fitrah Ardiyanti | 10 Februari 2015, 17:12 WIB
Maukah Ava DuVernay Menyutradarai FIlm Marvel?

Kapanlagi.com - Sutradara SELMA, Ava DuVernay berada dalam tahun yang fenomenal. Dengan puluhan nominasi di ajang penghargaan film termasuk beberapa kemenangan atasnya, filmnya telah sukses membuat dampak yang signifikan dalam industri perfilman. Ia masuk dalam nominasi Golden Globes atas jerih payahnya menderek SELMA, dan walaupun ia tak berhasil mendapatkan Best Director dalam Academy Awards, filmnya mampu meraih Best Picture.

SELMA masih terus menuai pujian dan penghargaan dan bahkan menempati top five box-office. Rasanya bukan menjadi kejutan jika Ava diberikan kesempatan untuk menderek film blockbuster. Thank to Hitflix, ide untuk menantang Ava menyutradarai film-film superhero Marvel muncul.

Ava DuVernay saat ada di lokasi syuting SELMA/©facebook.com/directherAva DuVernay saat ada di lokasi syuting SELMA/©facebook.com/directher

Sutradara cantik ini mengakui jika ia bukanlah fans berat film-film yang diangkat dari komik. Tapi ia tertarik dengan ide untuk menderek cerita-cerita yang diangkat dari mitos.

“Aku bukanlah fans berat komik, tapi aku suka mendekonstruksikan pahlawan dan mitos. Aku mungkin ingin membuat cerita yang asli. Aku nggak tahu soal Marvel. Tapi aku suka menyampaikan segala macam bentuk cerita. Jadi aku nggak menolak. Semuanya masih mungkin,” ungkapnya. Wah, apakah ini kode keras buat Marvel, ya?

Ava mungkin bukanlah seorang penggemar berat superhero, tapi dengan jelas ia mengatakan jika ia punya passion dalam menyampaikan cerita. Fakta bahwa ia suka mendalami karakter dan memahami seluk beluk inti cerita yang ia buat, akan sangat menguntungkannya. Mungkin ia bisa mendapat kesempatan berkarya bersama MCU alias Marvel Cinematic Universe. Ingat juga bahwa Bryan Singer juga bukanlah sutradara yang paham benar tentang X-Men. Namun ia sukses menderek dua film X-Men.

Tentunya, jika Ava berminat, ia harus melalui beberapa tahap pembelajaran karena tak mudah berada dalam proyek berbudget fantastis. Paling tidak sutradara spesialis film drama berbudget rendah ini harus mempelajari komiknya sebelum benar-benar terjun ke dalam alam superhero. Jon Favreau pernah menderek ZATHURA sebelum dipercaya dalam franchise IRON MAN.

Jika memang Ava DuVernay tertarik untuk menyutradarai CAPTAIN MARVEL, ia harus segera 'berkampanye' dengan cepat. Karena Angelina Jolie juga ditawari untuk mendereknya. Wah, siapa yang bakalan menang, ya?

(cin/tch)

Editor:   Fitrah Ardiyanti