Memorabilia Film Ini Punya Harga di Luar Akal Sehat!

Angga S Priyono | Kamis, 11 September 2014 06:01 WIB
Memorabilia Film Ini Punya Harga di Luar Akal Sehat!
Kapanlagi.com - Di dua edisi sebelumnya kami telah menunjukkan beberapa benda memorabilia dari film. Yang pertama adalah mobil-mobil termahal dan diikuti dengan baju-baju dengan harga selangit. Akan tetapi kami masih memiliki benda-benda dari film yang menunggu untuk diungkap.

Seperti sebelumnya, barang-barang memorabilia ini juga memiliki harga mencengangkan. Tak bisa dianggap murah untuk benda sama sejenis. Bahkan di antaranya memegang rekor sebagai properti termahal dari film tersebut.

Setelah dihimpun dari berbagai jenis film, benda-benda ini masuk dalam daftar paling mahal di antara yang lainnya. Memorabilia film tersebut memang sangat ikonik, sehingga kolektor berani membeli dengan harga mahal.

Sudah mulai penasaran dengan daftar kami berikutnya? Kamu bisa mulai mengetahui satu per satu mulai dari halaman selanjutnya.

1 dari 5 halaman

1. HARRISON FORD PISTOL - BLADE RUNNER

HARRISON FORD PISTOL - BLADE RUNNER BLADE RUNNER Pistol © originalprop.com
Sebuah senjata dengan bentuk yang tidak biasa berhasil menjadi salah satu memorabilia termahal dari film. Pistol ini memiliki gagang transparan dan selongsong metal. Dipakai dalam sebuah film produksi tahun 1982, BLADE RUNNER.

Film tersebut dibintangi oleh Harrison Ford sebagai pemeran utama. Bermain sebagai Rick Deckard, ia harus menghadapi masalah pelik ketika melawan sebuah grup humanoid android. Terdengar futuristik? Ya memang, BLADE RUNNER mengambil set waktu di 2019, 27 tahun berselang dari saat film tersebut rilis.

Sebagai seorang detektif (walau pensiunan), Rick Deckard tentu saja memiliki sebuah senjata. Ia mempunyai sebuah pistol berbentuk unik. Dan benda inilah yang menjadi salah satu memorabilia termahal.

Terakhir terjual pistol tersebut memiliki harga US$ 270.000 atau sekitar 3,1 miliar rupiah saja. Mengapa kami menyebut 'saja'? Karena masih ada beberapa memorabilia lain yang memiliki harga jauh lebih mahal daripada 'milik' Harrison Ford tersebut.

2 dari 5 halaman

2. FULL SCALE T-800 METAL MODEL

FULL SCALE T-800 METAL MODEL Ilustrasai T-800 Model © sideshowtoy.com
Kamu tahu film TERMINATOR? Ya, sinema yang dibintangi oleh Arnold Schwarzenegger tersebut merupakan sebuah fenomena tersendiri dalam dunia perfilman. Mengambil cerita sebuah android pembunuh, ciptaan James Cameron & Gale Anne Hurd ini berhasil menarik hati banyak penonton.

Dengan berhasil menjadi sebuah film ikonik yang memiliki cerita tentang android, maka barang-barang memorabilianya pun akhirnya menjadi incaran. Hal itu berlaku juga untuk benda satu ini. Sebuah properti film yang kamu tak akan pernah duga bahwa akan dijual ke publik.

Muncul di seri keduanya TERMINATOR 2: JUDGEMENT DAY, Model T-800 berhasil menjadi idola baru dikalangan penggemar film aksi dan science. Dan model resmi yang dipakai dalam film telah dibeli kepada seseorang di luar sana. Terakhir laku terjual, 'sosok asli' dari Arnold Schwarzenegger tersebut bernilai 5,7 miliar rupiah.

3 dari 5 halaman

3. STARSHIP ENTERPRISE REPLICA

STARSHIP ENTERPRISE REPLICA USS ENTERPRISE © STAR TREK: THE NEXT GENERATION
Oke, untuk yang satu ini beberapa orang akan menganggapnya tidak penting. Mengapa? Karena bentuknya hanya terlihat seperti mainan anak-anak. Jika seseorang menemukannya bisa saja dianggap benda tak berharga dan akhirnya terbuang atau rusak karena dimainkan sebagai pesawat antariksa.

Sebuah tiruan memang tidak akan masuk di akal jika berharga sangat tinggi. Akan tetapi jika itu adalah dari proses pembuatan serial TV ternama lain lagi ceritanya. Buktinya replika dari pesawat USS Enterprise milik STAR TREK: THE NEXT GENERATION terjual sangat mahal.

Sekarang mari kita cari tahu mengapa harganya bisa begitu mahal. Menjalani debutnya di tahun 1987, replika ini telah muncul dalam serial televisi STAR TREK: THE NEXT GENERATION sebagai kapal 'aslinya'. Pihak rumah produksi tidak mungkin memiliki replika pesawat antariksa dengan ukuran sebenarnya, oleh sebab itu dibuatkan model yang menjadi bintang dalam acara tersebut.

Saat perayaan 40 tahun dari STAR TREK, replika ini berhasil dijual dengan harga US$ 576.000, nilai tersebut sama dengan 6,7 miliar rupiah. Bandrol yang sangat mahal kan untuk memorabilia dengan bentuk tak lebih dari sebuah mainan.

4 dari 5 halaman

4. GEORGE LUCAS PANAVISION PSR 35 MM

GEORGE LUCAS PANAVISION PSR 35 MM George Lucas © STAR WARS
Ternyata barang-barang memorabilia incaran para kolektor tak hanya terfokus pada benda yang muncul dalam film saja. Bahkan alat pembuatnya pun jadi incaran. Seperti benda satu ini, berjasa karena ikut menaikkan pamor dari George Lucas dan karya sci-fi darinya. 

Kamera film Panavision 35mm dipakai oleh George Lucas dalam salah satu seri STAR WARS. Film yang dihasilkan oleh penangkap gerakan ini adalah edisi pertamanya, STAR WARS: EPISODE IV - A NEW HOPE. Respon postif dari seluruh dunia atas karya sutradara 70 tahun tersebut menaikkan pamor dari benda ini. 

Ketika terjual, kamera film ini meraih pencapaian yang luar biasa, benda ini memecahkan dua rekor sekaligus. Rekor pertama adalah memorabilia termahal dari STAR WARS. Selain itu, benda berlensa ini menjadi kamera film vintage paling mahal dijual dari Hollywood. 

Mengapa bisa paling mahal? Tentu saja karena harganya yang sangat tinggi. Kamera ini terakhir terjual US$ 625 ribu, nilai itu sama dengan 7,3 miliar rupiah. Jika memiliki uang sebanyak itu, maka kita akan bisa mendapatkan sebuah Ferrari F40 dan Hunian mewah di Aruba, Karibia.

5 dari 5 halaman

5. RUBY SLIPPERS

RUBY SLIPPERS RUBY SLIPPERS © THE WIZARD OF OZ
Sepatu ini dipakai oleh Dorothy yang diperankan oleh Judy Garland dalam film produksi MGM di tahun 1939, THE WIZARD OF OZ. Karena sangat ikonik, alas kaki berhiaskan batu berharga ini sekarang menjadi barang berharga.

Sebagai properti yang sangat penting, beberapa sepatu dibuat untuk proses syuting. Walaupun jumlah sebenarnya belum diketahui secara pasti, akan tetapi saat ini ada 5 pasang sepatu resmi yang selamat.Akan tetapi sepasang telah dicuri pada tahun 2009 dan belum diketahui lagi nasibnya.

Dalam cerita novelnya, THE WONDERFUL WIZARD OF OZ, Dorothy sebenarnya mengenakan sepasang sepatu berwarna silver. Akan tetapi para pembuat film mengubahnya, mereka ingin memanfaatkan teknologi technicolor yang saat itu masih baru. Sehingga mereka mengubahnya menjadi berhiaskan Ruby, menjadikan alas kaki cantik itu berwarna merah delima.

Dan sepasang sepatu ini sepatu ini merupakan barang memorabilia termahal dari film (tidak termasuk baju dan mobil). Harganya sangat fantastis. Alas kaki pemberian ibu peri ini bernilai US$ 600 ribu atau sekitar 7,7 miliar rupiah! Wow, bandrol yang sangat tinggi bukan?

(kpl/sic)


Editor:  

Angga S Priyono

↑