Menampilkan Tokoh Berkulit Hitam, Inilah 5 Film Horror Yang Mengangkat Isu Rasisme!

Editor KapanLagi.com   | Jum'at, 24 September 2021 12:15 WIB
Menampilkan Tokoh Berkulit Hitam, Inilah 5 Film Horror Yang Mengangkat Isu Rasisme!
ANTEBELLUM (Credit: IMDb)

Kapanlagi.com - Rasisme telah menjadi isu yang tiada akhirnya. Di Amerika, rasisme terhadap orang berkulit hitam adalah hal yang paling banyak terjadi dalam sejarah. Bentuk dari isu ini antara lain adalah perbudakan, genosida, segregasi, dan masih banyak lagi. Meskipun aturan tentang perbudakan orang kulit hitam telah dihapuskan di tahun 1865, bukan berarti warga kulit hitam sepenuhnya terbebas dari diskriminasi kaum kulit putih.

Telah banyak film-film Amerika, baik film fiksi maupun dokumenter, yang telah menceritakan dan menggambarkan diskriminasi kaum mayoritas terhadap kaum minoritas. Biasanya, film-film tersebut disajikan dalam genre sejarah, drama, atau pun komedi. Namun, rupanya terdapat beberapa film horror yang mengangkat isu rasisme ini.

Berikut adalah sederet film horror yang baik secara implisit maupun eksplisit mengandung isu-isu rasisme. Penasaran? Simak ulasan berikut!

1. GET OUT (2017)

GET OUT berkisah tentang pria berkulit hitam bernama Chris Washington (diperankan oleh Daniel Kaluuya) yang datang berkunjung ke rumah orang tua kekasihnya yang berkulit putih. Kedatangan Chris pada saat itu bertepatan dengan acara tahunan keluarga sang pacar. Meski keluarga sang pacar terlihat baik-baik saja dan menyambutnya dengan ramah dan hangat, namun Chris merasakan dan mengalami kejadian yang janggal selama ada di sana.

Setelah mengetahui rahasia di balik keluarga sang kekasih, Chris pun berusaha untuk bisa keluar dari kediaman keluarga pacarnya. Film ini secara eksplisit memberitahukan bahwa orang berkulit hitam hanyalah alat yang digunakan orang berkulit putih untuk mencapai kesempurnaan serta tak ada orang hitam yang bisa mengungguli bangsa kulit putih.

2. MA (2019)

MA bercerita tentang seorang wanita berkulit hitam penyendiri bernama Sue Ann (diperankan oleh Octavia Spencer). Pada suatu hari, datanglah segerombolan anak muda yang datang ke tempatnya untuk pindahan. Sue Ann melihat ini sebagai kesempatan untuk mendapatkan teman baru, sehingga ia pun menyambut segerombolan anak-anak muda berkulit putih ini dengan ramah.

Sue Ann membiarkan tempatnya digunakan sebagai tempat anak-anak muda tersebut untuk bermain dan berpesta. Namun, ia memberlakukan beberapa pantangan untuk mereka. Hingga di suatu titik, keramahan Sue Ann berubah menjadi sebuah obsesi. Film ini menyiratkan bahwa orang kulit hitam adalah kaum yang berbahaya, seperti horror klasik yang menampilkan betapa seramnya kaum Negro.

3. BAD HAIR (2020)

BAD HAIR berkisah tentang wanita kantoran bernama Anna Bludso (diperankan oleh Elle Lorraine). Anna memiliki gaya rambut seperti yang kebanyakan orang hitam miliki dan pada awalnya ia bangga dengan hal itu. Namun, pada suatu hari, atasan Anna memintanya untuk mengubah gaya rambutnya.

Anna pun dengan berat hati mengubah rambutnya menjadi lurus menggunakan jasa pemasangan rambut palsu. Setelah ia mengubah gaya rambutnya, Anna pun menjadi pusat perhatian. Sayangnya, hal-hal misterius dan menyeramkan perlahan-lahan mulai terjadi kepada rambut barunya.

4. ANTEBELLUM (2020)

ANTEBELLUM bercerita tentang Veronica (diperankan oleh Janelle Monae), seorang ibu rumah tangga sekaligus wanita karir. Veronica adalah keturunan Afrika-Amerika yang berjuang untuk mempertahankan hak-hak warga kulit hitam.

Hal yang dilakukannya tentu mengundang ketidaksenangan beberapa pihak, utamanya orang kulit putih. Hingga pada suatu hari, Veronica diculik ke masa lampau di mana perbudakan kaum kulit hitam masih terjadi. Ia bersama beberapa orang pun menyusun rencana untuk kembali ke masanya.

5. CANDYMAN (2021)

CANDYMAN merupakan film yang berkutat pada cerita urban legend tentang hantu pembunuh yang tangannya berbentuk kail bernama Candyman. Hantu ini dapat dipanggil dengan mengucapkan namanya di depan cermin sebanyak 5 kali.

Pada suatu hari, seorang penulis berkulit hitam bernama Anthony McCoy (diperankan oleh Yahya Abdul Mateen II) yang tidak percaya dengan Candyman. Ia pun membawa kembali tren permainan horror ini hingga membuat satu kota terkena teror mengerikan dari hantu tersebut. Dalam film ini, Candyman tercipta dari kekerasan bangsa kulit putih terhadap kaum berkulit hitam hingga menimbulkan serangkaian tindakan yang keji.

 

Itulah beberapa list film horror yang mengandung isu-isu rasisme di dalam ceritanya. Tertarik untuk menonton?

Ditulis oleh: Ursea Mayoriska

Editor:   Editor KapanLagi.com