Mengapa Adaptasi Video Games Sering Flop?

Mahardi Eka Putra | 25 September 2013, 16:51 WIB
Mengapa Adaptasi Video Games Sering Flop?

Kapanlagi.com - Video games sejatinya menjadi sumber menjanjikan untuk kemudian dibuat menjadi film layar lebar. Namun kebalikannya, film adaptasi video games kerap kali flop di pasaran. Penulis naskah David S Goyer (THE DARK KNIGHT RISES dan MAN OF STEEL) pun berpendapat bahwa kegagalan film adaptasi video game dikarenakan oleh kurang dikenalnya tokoh-tokoh video gamenya.

Goyer berpendapat bahwa di antara banyak film adaptasi video games, TOMB RAIDER yang dibintangi Angelina Jolie adalah salah yang terksukses. Kuncinya tak lain karena tokoh Lara Croft sudah banyak dikenal.

"Terlepas dari baik atau buruknya, film tersebut sukses secara finansial," ujarnya dalam acara seminar BATFA dan BFI.  "Video game selalu berbicara tentang dunia yang luas. Kebanyakan game tidak mempunyai tokoh yang kuat. Dan games terus berubah-ubah," tambahnya. Film tentu saja tak bisa mencakup dunia game yang sangat luas tersebut.

Dengan menekankan pada kekuatan tokohnya, sebuah video games dapat digarap menjadi sebuah film yang apik. "Kita lihat saja film adaptasi ASSASSIN'S CREED nantinya. Judul ini menjadi yang paling menjanjikan dalam waktu dekat," pungkasnya.

(dgs/dka)

Editor:   Mahardi Eka Putra

Topik Terkait