Mulai Dari Memanjat Gedung Tertinggi di Dunia Hingga Kebut-Kebutan di Jalan, Inilah 5 Aksi Paling Berbahaya Tom Cruise

Editor KapanLagi.com   | Kamis, 07 Oktober 2021 14:43 WIB
Mulai Dari Memanjat Gedung Tertinggi di Dunia Hingga Kebut-Kebutan di Jalan, Inilah 5 Aksi Paling Berbahaya Tom Cruise
Tom Cruise (credit:imdb)

Kapanlagi.com - Siapa yang tidak kenal dengan Tom Cruise, aktor Hollywood yang terkenal dengan aksi mendebarkan dan berisiko tinggi. Setiap aksi yang dia lakukan di layar bioskop terasa lebih spesial mengingat dia melakukan semua aksinya sendiri tanpa digantikan oleh seorang stuntman.

Tom Cruise memiliki sejarah menjadi seorang pecandu adrenalin dalam kehidupan nyata, entah berapa banyak cedera yang dia dapatkan demi mendapatkan adegan yang sempurna. Walaupun umurnya hampir menginjak kepala 6 sekarang, dia masih mendorong dirinya sendiri untuk melakukan lebih banyak lagi adegan yang memukau demi aksi terbaik.

Di musim panas tahun depan, Tom Cruise akan membawa kita kembali ke petualangan pilot pesawat jet dalam film TOP GUN: MAVERICK yang akan tayang di bioskop pada 27 May 2022. Untuk menyambut kedatangan film terbarunya, inilah 5 aksi paling berbahaya yang pernah Tom Cruise lakukan.

1. Memanjat Burj Khalifa di Mission: Impossible – Ghost Protocol

Mari kita mulai dengan aksi paling terkenal dan kontroversial dalam karir Tom Cruise. Dalam MISSION: IMPOSSIBLE – GHOST PROTOCOL, Ethan Hunt memanjat gedung tertinggi di dunia dengan sarung tangan lengket untuk mengakses sebuah ruang server. Tentu saja Tom Cruise melakukan aksinya ini sendiri.

Satu-satunya masalah dalam adegan ini adalah perusahaan asuransi untuk film tersebut tidak mengizinkan. Jadi Cruise menghentikan mereka dan menemukan perusahaan asuransinya sendiri demi aksi tersebut. Sepertinya tidak ada yang bisa menghentikan keinginannya untuk melakukan aksi berbahaya.

2. Menahan Napas di Mission: Impossible – Rogue Nation

Berapa lama kamu bisa menahan napas di bawah air? Rata-rata manusia dapat melakukannya selama sekitar 30 detik. Namun Tom Cruise bisa menahan napasnya di bawah air selama 6 setengah menit, 13 kali lebih lama dari manusia normal.

Aksinya ini dilakukan dalam satu adegan di ROGUE NATION, saat Ethan Hunt menyusup ke brankas bawah air. Dalam adegan tersebut Ethan pingsan dan hampir tenggelam, akan tetapi di kehidupan nyata Tom Cruise harus menahan napasnya dan tetap sadar. Untuk persiapan adegan tersebut, Cruise menjalani pelatihan ekstensif bersama seorang penyelam profesional. Cruise menggambarkan pengalaman itu sebagai tidak menyenangkan di salah satu episode THE GRAHAM NORTON SHOW pada tahun 2016 lalu.

3. Terjun Payung di Mission: Impossible - Fallout

Dalam film MISSION: IMPOSSIBLE - FALLOUT, Ethan dan Walker harus melakukan lompatan High Altitude Low Opening atau HALO untuk mendarat di Paris tanpa terdeteksi selama badai petir. Untuk adegan tersebut Henry Cavill digantikan oleh pemeran pengganti sementara Tom Cruise melakukan lompatannya sendiri. Dia bersama dengan pemeran pengganti Henry Cavill dan skydiver yang menjadi kameramen, melakukan total 109 lompatan dari ketinggian 7.600 m yang dilakukan satu setiap hari.

Demi adegan selama 2 setengah menit ini. Cruise harus mendapatkan sertifikasi untuk melakukan lompatan HALO kemudian mereka harus menemukan negara yang mengizinkan mereka melakukan aksi ini. Selain itu adegan ini dilakukan saat senja, jadi mereka hanya memiliki beberapa menit cahaya untuk melakukan adegan ini. Wow!

4. Bergantung di Samping Pesawat Terbang di Mission: Impossible – Rogue Nation

Selanjutnya adalah salah satu aksi yang menggemparkan dunia dan satu-satunya aksi yang Cruise sendiri ketakutan untuk melakukannya. Dalam MISSION: IMPOSSIBLE – ROGUE NATION, Ethan Hunt harus naik ke pesawat sebelum lepas landas, sementara Benji harus memanipulasi kontrol dalam pesawat untuk membuka salah satu pintu agar Ethan bisa masuk ke dalam pesawat. Lagi-lagi adegan ini dilakukan oleh Tom Cruise sendiri menggunakan pesawat kargo nyata yang lepas landas dengan Cruise yang tergantung di sampingnya.

Aksi itu diambil selama 48 jam, dengan pesawat yang lepas landas dan mendarat sebanyak 8 kali sebelum mereka mendapatkan aksi yang sempurna. Di tengah-tengah aksinya ini sebuah kerikil kecil sempat menghantam tulang rusuk Tom Cruise dan hampir menghancurkannya. Sebuah dedikasi untuk menangkap realisme dan keaslian yang menghibur penonton.

5. Kebut-kebutan Motor di Mission: Impossible – Rogue Nation

Mengendarai sepeda motor sepertinya tidak terlalu mengesankan jika dibandingkan dengan aksi Tom Cruise lainnya. Akan tetapi aksinya yang satu ini dilakukan dengan mengendarai sepeda motor dengan kecepatan tinggi tanpa helm, sambil meliuk-liuk keluar masuk lalu lintas, ditabrak mobil, sambil direkam.

Untuk membuat aksinya ini lebih berbahaya, semua fitur keselamatan dan alat bantu pengendara sepeda motor yang membuat seseorang tidak meninggal dalam kecelakaan harus dinonaktifkan. Hal ini dilakukan agar sepeda motor tersebut dapat melaju lebih cepat dan Tom Cruise bisa lebih lincah saat menikung dan mengerem.

Penulis: Evan Reinaldo

Editor:   Editor KapanLagi.com