Old But Gold, 4 Film Remaja Era 80-an Ala John Hughes Ini Wajib Banget Kamu Tonton!

Editor KapanLagi.com   | Jum'at, 03 September 2021 16:02 WIB
Old But Gold, 4 Film Remaja Era 80-an Ala John Hughes Ini Wajib Banget Kamu Tonton!
Matthew Broderick dalam Ferris Bueller's Day Off (credit: imdb.com), John Hughes dalam Ferris Bueller's Day Off (credit: imdb.com), Molly Ringwald dan Annie Potts dalam Pretty in Pink (credit: imdb.com)

Kapanlagi.com - Kalau kamu tim yang doyan nonton TV saat liburan, pastinya nggak asing kan sama film HOME ALONE atau BABY'S DAY OUT, ayo ngacung! Tahukah kamu bahwa film ini ditulis dan diproduseri oleh seorang filmmaker ternama, John Hughes. Karya-karya terbaiknya antara lain WEIRD SCIENCE (1985), SOME KIND OF WONDERFUL (1987), CHRISTMAS VACATION (1989), dan masih banyak lagi. Meski tergolong film-film lama, tapi dijamin tetap worth to watch banget sih!

Salah satu tema cerita yang kerap kali John Hughes angkat dalam karyanya adalah tentang remaja dengan menambahkan sentuhan-sentuhan serbuk komedi di dalamnya. Dikemas secara apik namun tetap ringan untuk ditonton, film-film dari John Hughes yang bertemakan anak sekolahan tersebut bahkan sukses untuk masuk dalam daftar karya terbaiknya. 

Nah kali ini ada 4 film remaja karya John Hughes yang terkenal banget nih. Semuanya punya keunikannya masing-masing. Kamu suka yang lucu-lucu? Ada! Suka yang ada kisah percintaannya tapi tetap punya unsur komedi? Juga ada! Yuk kita intip sama-sama nih KLovers, 4 film itu apa saja ya?

1. Pretty In Pink (1986)

PRETTY IN PINK, film ini memerankan Molly Ringwald sebagai Andie Walsh, Andrew McCarthy sebagai Blane McDonough dan Jon Cryer sebagai Duckie Dale. Film ini bercerita mengenai kisah seorang remaja perempuan, Andie Walsh, yang berasal dari keluarga kelas sosial pekerja yang bersekolah di sekolah swasta. Andie akhirnya bertemu dengan seorang laki-laki tampan dari keluarga kaya, Blane.

Fokus dalam film ini adalah menceritakan kehidupan dari Andie sendiri, persahabatannya dengan Duckie dan juga percintaannya dengan Blane. Satu fakta menarik dari film yang sudah berusia 35 tahun ini adalah adanya sebuah perubahan cerita pada ending film.

Andie sebenarnya dikisahkan menaruh hatinya pada Duckie sahabatnya, namun ternyata hal tersebut mendapat cemoohan dari para penonton pada saat test screening. Imbasnya John Hughes harus menulis naskah tambahan dan para tim harus menyelesaikan scene terakhir tersebut dalam waktu yang sangat singkat. Waduh! Kamu sudah nonton belum nih?

2. The Breakfast Club (1985)

Siapa bilang film jadul sudah tidak relevan? Ini nih yang bakal bikin kamu merasa relate banget! THE BREAKFAST CLUB ini merupakan karya John Hughes yang menceritakan kisah dari 5 orang siswa SMA yang tengah menjalani masa hukuman seharian penuh di perpustakaan sekolah mereka. 

Yang menarik dari 5 siswa ini adalah mereka punya karakternya masing-masing. Ada Claire "The Princess", Brian "The Brain", Andy "The Athlete", John "The Criminal", dan Allison "The Basketcase". Dalam hal ini nampaknya John Hughes hendak menunjukan bagaimana kelima anak dengan keadaan mental dan kondisi keluarga yang berbeda-beda tersebut sebenarnya punya kisah mereka sendiri-sendiri. 

Salah satu fakta menarik dari film ini adalah beberapa adegan yang sebenarnya merupakan hasil improvisasi malah jadi adegan-adegan yang ikonik dari film ini, keren banget! Buat kamu yang suka nonton film komedi-drama remaja, THE BREAKFAST CLUB ini cocok banget buat ditonton!

3. Sixteen Candles (1984)

Suka film komedi romantis? Bisa coba nonton SIXTEEN CANDLES ini deh. Film John Hughes yang satu ini lagi-lagi memerankan Molly Ringwald sebagai pemain utama wanitanya. Film ini merupakan salah satu karya John Hughes yang paling terkenal lho, KLovers!

Inti dari film ini adalah menceritakan kisah seorang remaja putri, Samantha Baker yang merayakan hari ulang tahun ke-16 nya di hari yang bisa dibilang kurang mendukung suasana ulang tahunnya. Mulai dari acara pernikahan kakaknya, kehadiran seorang murid pertukaran pelajar super unik dan juga malam prom yang cukup kacau baginya. 

Melalui film ini, terbentuklah sebuah grup yang berisi dari aktor-aktris muda yang kerap kali berperan dalam film bertema remaja yang bernama Brat Pack. Ada banyak adegan tak terduga yang bakal kamu lihat dalam film ini. Ayo nonton dulu kalau belum nonton!

4. Ferris Bueller's Day Off (1986)

Ada yang pernah kabur semasa sekolah nggak nih di antara KLovers sekalian? Ini film John Hughes yang bercerita tentang kisah seorang murid SMA yang kabur dari sekolah dengan berbohong menggunakan alasan sakit. Tidak hanya kabur sendiri, Ferris Bueller yang diperankan oleh Matthew Broderick tersebut juga mengajak serta pacar dan sahabatnya. Satu tim dibawa ya.

Di dalam film ini kalian akan lihat tingkah-tingkah remaja yang tidak hanya konyol tapi juga seru untuk dilihat. Meski kabur hanya satu hari, Ferris dan kawan-kawannya itu bisa menghabiskan satu hari penuh tantangan dengan berbagai macam kegiatan di Chicago. 

Sebagai fakta menarik, ada satu adegan dalam film ini yang ternyata butuh usaha lebih dari pemerannya. Dalam adegan di kantor polisi, seorang pemuda pemakai narkotika yang diperankan oleh Charlie Seen terlihat sangat mendalami perannya. Tahukah kamu bahwa Charlie Seen sebenarnya rela tidak tidur selama 48 jam agar terlihat sebagai pengguna narkotika benaran, salut banget sih!

Itu dia KLovers 4 film remaja hasil tulisan John Hughes yang wajib kalian tonton. Meski membawa topik kisah remaja yang biasanya terkesan monoton ternyata John Hughes nampaknya ingin menunjukan sisi-sisi lain di balik euforia-euforia kehidupan para remaja terutama di era nya dulu. Dua jempol buat beliau!  

Hari ini mau nonton film John Hughes yang mana, KLovers?

Artikel ini ditulis oleh: Elisabeth Marie N. D.

Editor:   Editor KapanLagi.com