Pahlawan Wanita Juga Butuh Emansipasi

Angga S Priyono | 04 Agustus 2014, 22:51 WIB
Pahlawan Wanita Juga Butuh Emansipasi

Kapanlagi.com - Begitu banyak alasan untuk mencintai film-film yang dibuat oleh Marvel. Mereka telah berhasil mentransformasikan cerita dalam komik menjadi kisah di layar lebar. Menghipnotis jutaan pasang mata baik penggemar setianya atau moviegoers agar selalu mengikuti perkembangan terbaru dari para pahlawan super ini.

Marvel telah merencanakan begitu banyak film bahkan hingga tahun 2019. Sebagian di antaranya masih bertumpu pada pahlawan pria, tampaknya mereka sangat sulit melepaskan sandarannya dari tokoh maskulin. Tidak banyak superhero wanita atau bahkan karakter utama wanita yang tampil, Peggy Carter, Jane Foster dan Pepper Potts hanya menjadi pasangan cinta semata.

Permintaan terhadap superhero wanita telah banyak datang dari para fans. Kevin Feige menjadi orang yang paling sering ditanyai mengapa film-film produksi mereka dipenuhi oleh pahlawan pria. Jawabannya selalu hampir sama, ia mengatakan belum ada ide untuk membuatnya dan Marvel tidak akan diingat karena telah memproduksinya.

Akan tetapi jawaban berbeda diberikan oleh Kevin Feige belum lama ini. Ia mengindikasikan bahwa potensi untuk menjadikan wanita sebagai karakter utama adalah sesuatu yang menjanjikan. Menilik dari kisah sukses HUNGER GAMES, FROZEN, DIVERGENT, atau bahkan film lama seperti KILL BILL dan ALIEN.

Scarlett Witch © marvel.comScarlett Witch © marvel.com

Marvel memang agak keterlaluan berpihak pada satu gender. Dari 10 judul yang telah dirilis oleh mereka, 8 di antaranya adalah cerita solo superhero pria, dua lainnya merupakan kisah team-up di mana hanya ada satu pahlawan wanita di masing-masing film. Bahkan mereka lebih memilih seekor rakun untuk menemani Chris Pratt di GUARDIANS OF THE GALAXY.

Lalu, bagaimana dengan nasib film solo Black Widow? Mari bersama kita berharap yang terbaik setelah mengetahui perubahan sikap dari Kevin Feige. Perlu diketahui Scarlett Johansson berkekuatan super melampaui Hercules a la The Rock dalam Box Office saat ini.

(scr/sic)

Editor:   Angga S Priyono