Paling Dinanti, Ini 4 Fakta Film 'ROMA'

Editor KapanLagi.com | Jum'at, 15 Februari 2019 13:40 WIB
Paling Dinanti, Ini 4 Fakta Film 'ROMA'

Kapanlagi.com - ROMA merupakan film yang dirilis tahun 2018. Berkisah tentang kisah personal secara umum tentang pembantu muda. Cleo adalah seorang asisten rumah tangga di keluarga pasangan Antonio dan Sofia, di Kota Meksiko. Serta, keluarga Dokter Antonio (Fernando Grediaga) dan Sofia (Veronica Garcia) yang selalu tegang. Film yang digarap dan ditulis oleh Alfonso Cuaron ini, sukses dalam penayangan dan berhasil masuk beberapa nominasi internasional.

Mengangkat kisah perjuangan seorang perempuan. Film ini rupanya menyimpan beberapa fakta. Apa saja? Berikut empat di antaranya.

 

 

 

1 dari 4 halaman

1. Pemeran Cleo Bukan Aktris

Pemeran Cleo Bukan Aktris Yalitza Aparicio saat memerankan Cleo © Netflix
Yalitza Aparicio yang memerankan tokoh Cleo, sebelumnya tidak pernah berakting. Bahkan ia tak pernah bermimpi untuk main film. Ia dipilih sutradara Alfonso karena kemiripan ekspresinya dengan tokoh aslinya yang memerankan seorang asisten rumah tangga. ROMA adalah film pertama Yalitza. Siapa sangka ia masuk nominasi OSCAR karena film perdananya?
2 dari 4 halaman

2. Prestasi Tayang

Prestasi Tayang Marina de Tavira dalam film Roma © Netflix
ROMA sukses tercatat tayang di 100 bioskop di Meksiko. Angka itu merupakan dua kali lipat dari ekspetasi para produser saat menawarkan Roma. Selain itu, film ini juga mendapat sekitar 800 permintaan tayang di seluruh bioskop. Prestasi selanjutnya, ROMA mengumpulkan nilai rating hingga 98 persen.
3 dari 4 halaman

3. Dapat Penolakan

Dapat Penolakan ROMA © Netflix
Film yang menceritakan kisah di Meksiko. Justru ditolak oleh dua jaringan bioskop terbesar di negara tersebut. Cinepolis dan Cinemex, lantaran eksklusivitas yang dimiliki oleh Netflix atas Roma. Bukan hanya dua jaringan bioskop tersebut, film ini juga ditolak oleh jaringan bioskop AMC dan Regal yang menguasai Amerika Serikat. Sikap serupa itu akibat rasa kesal pada Netflix. Sehingga penayangan terbatas tersebut menimbulkan gejolak terutama dari masyarakat yang penasaran.
4 dari 4 halaman

4. Sukses dan Masuk Nominasi

Sukses dan Masuk Nominasi ROMA © Netflix
Selain menerima ratusan permintaan tayang, film ROMA berhasil masuk daftar nominasi Best Foreign Language Film di OSCAR ke-91 sebagai wakil Meksiko. Serta, nominasi Film Berbahasa Asing Terbaik, Sutradara Terbaik, dan Skenario Terbaik di GOLDEN GLOBES ke-76. Film ini menjadi perbincangan usai rilis perdana di Venice International Film Festival dan Amerika Serikat.

 

Penulis: Annesa K. Ramadhany

(kpl/mag)


↑