Bosan dengan berita itu-itu saja? Download Aplikasi Liputan6

Para Robot 'TRANSFORMERS' Yang Ditunggu Kemunculannya

Mahardi Eka Putra   | Rabu, 02 Juli 2014 14:01 WIB
Para Robot 'TRANSFORMERS' Yang Ditunggu Kemunculannya
dok. Paramount Pictures

Kapanlagi.com - Empat film TRANSFORMERS telah dibuat, dua lagi akan menyusul. Fans tak sabar untuk melihat robot favorit mereka dimunculkan dalam film. Meski dari keempat filmnya telah banyak robot ditampilkan, ternyata dalam dunia Transformers masih banyak robot yang belum dilirik Michael Bay.

Ternyata masih ada banyak robot bagus lainnya yang layak diangkat ke dalam film. Serial kartun TRANSFORMERS sudah lebih dari tiga puluh tahun lamanya mengudara di layar kaca. Oleh sebab itu, wajah bila dalam pembuatan film lanjutan AGE OF EXTINCTION nanti bakal ada banyak robot baru.

Fans yang setia mengikuti serial TVnya pun langsung berharap tokoh-tokoh yang mereka sukai baik dari tim Autobots, Decepticons, Maximals, atau Predacons muncul sebagai tokoh baru. Namun tentunya dari puluhan tokoh yang ada, tak semuanya layak dijadikan tokoh baru dalam filmnya.

Seiring dengan perilisan TRANSFORMERS: AGE OF EXTINCTION di bioskop, MTV merangkum para tokoh robot yang ditunggu-tunggu kemunculannya dalam film kelima dan keenam TRANSFORMERS. (Karena Bay siap menggarap trilogi baru TRANSFORMERS).

(mtv/dka)

1. Arcee dan Cromia

Gambar

Para Transformers sebetulnya tidak bergender. Namun toh lewat suara kita bisa tahu mana yang robot lelaki dan mana yang robot perempuan. Dari empat film TRANSFORMERS yang telah dirilis, semua tokoh robot didominasi oleh lelaki.

Penampakan robot perempuan hanya ada dalam film REVENGE OF THE FALLEN, itu pun hanya sebentar. Nama transformers perempuan itu adalah Arcee dan Cromia. Untuk membedakan dari para transformers lainnya, wujud mereka digambarkan sebagai sepeda motor Ducati dengan warna pink dan ungu.

Sayang dalam ceritanya, kedua tokoh tersebut harus hancur ditembaki oleh Megatron. Padahal kemunculan mereka membawa warna tersendiri dalam film TRANSFORMERS. So, fans pun sepakat bahwa tokoh Arcee dan Cromia bisa dimunculkan lagi di film-film mendatang.

2. Astrotrain

Gambar

Soal desain robot, Decepticon harus diakui punya desain yang cool dan keren. Sayang robot dari pihak mereka punya niat jahat untuk menguasai Bumi. Yup, Decepticon memang pihak antagonis dalam cerita TRANSFORMERS.

Dalam kedua film pertamanya, digambarkan para Decepticon datang ke Bumi dengan menumpang meteor. Banyak yang tidak tahu bahwa dalam versi kartunnya, Decepticon punya robot super besar yang jadi kendaraan mereka untuk melintas galaksi.

Robot tersebut bernama Astrotrain. Tubuhnya sangat besar lantaran ia adalah robot kendaraan para Decepticon yang jumlahnya ada belasan. Untuk mengangkut para robot tersebut, Astrotrain yang berwarna ungu abu-abu ini mengambil wujud lokomotif kereta dan juga pesawat ulang-alik.

Bentuk fisik Astrotrain versi komik. (dok. Weiboo)Bentuk fisik Astrotrain versi komik. (dok. Weiboo)

Wah, kalau dimasukkan dalam filmnya nanti, kira-kira bakal menjadi sebesar apa ya robot yang satu ini?

3. Blackarachnia

Gambar

Tidak semua Transformers mengubah wujudnya menjadi kendaraan seperti yang kita lihat di keempat filmnya. Kamu bisa melihat Dinobots dalam AGE OF EXTINCTION sebagai salah satu contohnya. Mereka bertransformasi menjadi robot Dinosaurus. Ada pula Predacons yang mengubah diri mereka menjadi binatang.

Ada banyak anggota Predacons tapi yang paling tenar adalah Blackarachnia. Ia adalah transformers wanita yang mampu mengubah dirinya menjadi laba-laba raksasa yang mematikan. Warnanya yang didominasi warna ungu dan hitam makin menambah kemisteriusannya.

Seperti ini penampakan Blackarachnia.Seperti ini penampakan Blackarachnia.

Blackarachnia punya dua versi tentang asal usulnya. Yang pertama, ia adalah salah satu Autobots yang terkhianati saat menjalankan misi di planet Archa Seven. Ia diserang oleh ratusan laba-laba penghuni planet tersebut. Ia tak mati karenanya, tapi bersimbiosis dengan laba-laba tersebut sehingga ia mendapat bentuknya yang saat ini. Versi lain mengatakan bahwa ia adalah anggota Predacon yang bekerja di bawah arahan Megatron.

Apa pun asal-usulnya, yang pasti ia punya kaki delapan dan sisi sensualnya sendiri sehingga bisa mengelabuhi para Transformers lainnya.

4. Blaster

Gambar

Nama yang terkesan klise untuk sebuah robot bukan? Namun jangan meremehkannya. Ia adalah satu-satunya Autobots yang tak pernah sedih dan selalu optimistis. Jika ada peperangan melawan para Decepticon, Blaster siap berdiri di barisan paling depan.

Apa yang membuatnya selalu optimistis? Ternyata ia menyukai semua musik yang ada di Bumi, mulai dari pop, jazz, disco, sampai rock. Hal tersebut yang membuatnya selalu optimistis.

Pemutar kaset yang ada di dadanya makin mendukung kesukaannya akan musik-musik manusia. Tak jarang ia memutar musik saat bertempur dengan musuhnya. Tujuannya supaya irama gerakannya lebih tertata. Seperti robot yang sedang menari bersama pistol dan pedangnya.

Pemutar kaset yang ada di dadanya makin mendukung kesukaannya akan musik.Pemutar kaset yang ada di dadanya makin mendukung kesukaannya akan musik.

Merasa familiar dengan bentuk dan pemutar kasetnya itu? Jangan heran karena memang ia adalah kembaran dari robot Soundwave yang berada di pihak Decepticon. Keduanya sama-sama punya pemutar kaset di dadanya. 

Kalau Blaster nantinya dimasukkan dalam film, tentu Michael Bay harus menata ulang desainnya. Karena penata kaset tentunya sudah ketinggalan zaman di masa sekarang.

5. Omega Supreme

Gambar

Decepticon boleh bangga mereka punya Astrotrain yang ukurannya begitu besar dan sanggup untuk mengangkut mereka melintas galaksi. Namun saat melihat sosok Omega Supreme yang lebih besar lagi, nyali mereka pasti langsung menciut. Robot satu ini bukan sekadar partner bagi para Autobots. Ia adalah markas besar yang melindungi para Autobots.

Markas besar? Yup, saat berubah wujud, Omega Supreme menjadi markas besar yang super canggih dan juga kuat dalam melindungi jagoan TRANSFORMERS ini. Terbayang sudah sebesar apa sosok satu ini saat berubah menjadi robot.

Karena ukurannya ini, Omega Supreme didapuk menjadi anggota Autobots yang paling besar. Dilengkapi dengan senjata yang ukuran pun besar, Omega Supreme adalah momok bagi para Decepticon ketika berada di medan perang.

Melihat ending dari TRANSFORMERS: AGE OF EXTINCTION yang memperlihatkan bahwa para Autobots tetap tinggal di Bumi, bukan tak mungkin dalam film kelimanya nanti para Autobots akan mendapat sebuah markas baru di Bumi. Dan itu tak lain adalah Omega Supreme.

Bandingkan dengan bukit yang ada di sebelahnya. Omega Supreme punya ukuran yang sangat besar.Bandingkan dengan bukit yang ada di sebelahnya. Omega Supreme punya ukuran yang sangat besar.

6. Quintesson

Gambar

Mahkluk berbentuk oval telur dan juga punya wajah aneh ini bernama Quintesson. Jangan remehkan penampilannya, karena ternyata mereka adalah para pencipta TRANSFORMERS.

Kalau kamu sudah melihat film AGE OF EXTINCTION, tokoh Optimus dan Lockdown berkali-kali menyebut nama "sang pencipta" sebagai dalang dari penyerangan Lockdown ke Bumi.

Quintesson adalah pencipta mereka. Mereka adalah ras alien dengan teknologi super canggih sehingga mereka dapat dengan mudah menciptakan robot futuristik seperti Autobots dan Decepticons.

Quintesson membuat para robot hanya untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari mereka. Para transformers dianggap seperti budak yangbisa diperintah apa pun untuk pekerjaan apa pun.

[spoiler]
Di akhir film AGE OF EXTINCTION, Optimus Prime terbang ke luar angkasa dan berniat menemui para penciptanya. Well, sudah jelas bukan bahwa nanti para robot aneh ini akan ditemui di film kelima. Namun untuk bentuk fisiknya tentunya bakal ada perubahan demi estetika filmnya.

 

Editor:   Mahardi Eka Putra