Prediksi Film Terbaik Ajang Penghargaan 2021, Mulai dari NOMADLAND Hingga SOUL

Editor KapanLagi.com | 19 Januari 2021, 13:09 WIB
Prediksi Film Terbaik Ajang Penghargaan 2021, Mulai dari NOMADLAND Hingga SOUL

Kapanlagi.com - Academy Awards atau Oscar tahun ini tetap diadakan secara offline. Setelah sebelumnya dijadwalkan pada 28 Februari 2021, ajang penghargaan film bergengsi dunia ini dipastikan akan dilaksanakan pada 25 April 2021. Dilansir Variety, Academy Awards tahun ini akan tetap dilaksanakan secara offline di Dolby Theater, Los Angeles.

Meski masih 3 bulan lagi, muncul berbagai asumsi di media sosial mengenai film manakah yang akan memenangkan penghargaan Best Picture di ajang tersebut. Berbagai media pun tidak mau kalah, bermacam-macam prediksi dikeluarkan untuk ajang film termegah di dunia ini. Berikut ini adalah prediksi film yang akan masuk ke nominasi Best Picture versi KapanLagi.com:

 1. THE TRIAL OF THE CHICAGO 7

Mengangkat isu peradilan yang kotor dan licik, film THE TRIAL OF THE CHICAGO 7 langsung booming di media sosial saat dirilis melalui Netflix. Dirilis pada tahun 2020, bertepatan dengan isu hak asasi manusia, maraknya protes Black Lives Matter setelah kematian George Floyd di tangan polisi Amerika Serikat yang menggemparkan dunia, membuat film ini relevan dengan kehidupan saat ini.

Diambil dari kejadian nyata, THE TRIAL OF THE CHICAGO 7 menceritakan kelompok aktivis anti-perang Vietnam di Amerika Serikat bernama Chicago 7 yang menggelar demonstrasi pada tahun 1968. Berujung ricuh, demonstrasi tersebut berujung aksi baku hantam antara demonstran dan kepolisian setempat. Hingga akhirnya Chicago 7 dituding memicu kerusuhan yang berujung peradilan. Peradilan tersebut kini dikenang sebagai peradilan yang paling berpihak dan kotor di Amerika Serikat.

Diperankan oleh banyak bintang, film ini digadang-gadang menjadi jagoan pada ajang Academy Awards 2021. Apalagi penampilan Yahya Abdul-Mateen II yang menuai banyak pujian membuat film ini diprediksi masuk ke banyak nominasi.

 

 2. NOMADLAND

NOMADLAND adalah film yang menceritakan wanita bernama Fern (Frances McDormand) yang melakukan perjalanan melintasi bagian barat Amerika Serikat untuk mencari pekerjaan. Fern adalah wanita yang kehilangan segalanya setelah kejadian Krisis Ekonomi Hebat yang terjadi di Amerika Serikat pada tahun 2008 lalu. Selama mengembara dan hidup di mobil van, Fern bertemu dengan orang- orang yang senasib dengannya. Pertemuannya dengan orang-orang itu mengubah pandangannya terhadap kehidupan.

Perjalanan film ini menuju Academy Awards 2021 juga patut diapresiasi. Meski dirilis pada 19 Februari 2021 nanti, film sudah memenangkan berbagai penghargaan, khususnya memenangkan Golden Lion pada Festival Film Venesia.

 

3. MA RAINEY'S BLACK BOTTOM

Kembali diambil dari kisah nyata, MA RAINEY'S BLACK BOTTOM juga digadang-gadang menjadi kandidat kuat dalam ajang Academy Awards 2021. Film ini mengajak kita mengenal legenda musik Blues, Ma Rainey (Viola Davis) dan perjuangannya untuk menjadi penyanyi terkenal pada masa 1920-an. Ma Rainey tidak bekerja sendiri, dirinya dibantu oleh band yang berisi 3 orang, yaitu Ada Toledo (Glynn Turman), Cutier (Colman Domingo), dan Levee Green (Chadwick Boseman).

Permasalahan terjadi ketika  Ada Toledo dan Cutier tahu bahwa Ma Rainey adalah Sang Diva, Levee menginginkan hal yang lebih. Levee yang juga ingin memberikan dampak bagi musik yang ia mainkan bertolak belakang dengan Ma Rainey. Ditambah dengan rasisme yang mereka alami membaut film ini dapat dinikmati dengan mudah karena isu yang sama masih terjadi hingga sekarang.

 

4. SOUL

 

Pixar kembali menyuguhkan film animasi yang berkualitas tinggi. Handal dalam menyajikan film animasi yang menyentuh hati, Pixar kini menghadirkan SOUL. Film ini menceritakan pria bernama Joe Gardner (Jamie Foxx), seorang guru musik di sekolah menengah pertama yang mempunyai cita-cita untuk bermain musik jazz di atas panggung. Hingga pada suatu hari dirinya terbaring koma dan ketika sadar dirinya sudah dalam wujud soul (jiwa).

Ketika dalam wujud soul, Joe Gardner menjelajahi tempat bernama The Great Before yang berisi jiwa-jiwa yang akan lahir. Disana dirinya belajar banyak hal mengenai kehidupan. Karakternya yang berkembang membuat dirinya berubah, dari yang sangat yakin ingin menjadi pemain musik jazz menjadi ragu-ragu, kini mulai mempertanyakan tujuan hidupnya.

SOUL mengajarkan arti kehidupan sebenarnya bagi para penontonnya. Dalam film ini kita diajarkan bahwa hidup wajib untuk diperjuangkan. Apalagi film ini dirilis ketika pandemi yang merenggut kehidupan banyak orang, membuat film ini menjadi sangat berarti dan bernilai.

 

5. DA 5 BLOODS

2020 dikenang dengan tahun yang sulit serta kontroversial. Pandemi Covid-19 yang merenggut banyak orang hingga isu rasisme yang belum berakhir menjadi hal yang kita ingat tentang tahun 2020. Lalu muncullah film DA 5 BLOODS. Film yang disutradarai Spike Lee ini menceritakan veteran tentara Amerika Serikat yang kembali ke Vietnam untuk mencari harta karun yang mereka sembunyikan saat perang Vietnam dahulu, serta mencari jasad pemimpin mereka yang meninggal saat perang terjadi.

Diperankan oleh Delroy Lindo, Clarke Peters, dan Chadwick Boseman, film ini memperlihatkan tentara Amerika Serikat berkulit hitam yang harus kembali menggali harta karun dan masa lalu mereka secara bersamaan. Rasa trauma dan sedih dapat dirasakan dalam film ini, menjadikan film ini berbeda dengan film bertema perang lainnya.

 

(kpl/mag)

Editor:   Editor KapanLagi.com