Inilah Film yang Paling Seram Menurut Riset, Sudah Pernah Menontonnya?

Editor KapanLagi.com  | 21 Oktober 2020, 11:25 WIB
Inilah Film yang Paling Seram Menurut Riset, Sudah Pernah Menontonnya?

Kapanlagi.com - Dari tahun ke tahun selalu muncul film horor. Penonton sangat menyukai adrenalin yang dirasakan saat menonton film-film tersebut. Namun selalu timbul satu pertanyaan, film apakah yang paling menakutkan? Film bergenre horror selalu mempunyai banyak ‘rasa'. Ada yang menyajikan ketegangan, rasa suram, dan yang paling sering adalah kejutan tiba-tiba yang membuat penontonnya berteriak. Semua itu kembali ke pribadi masing-masing. Tidak semua orang menyukai kesuraman, tidak semua orang juga suka terkejut.

Namun bagaimana jika ada film yang menyajikan semua ‘rasa' itu dan menjadi film paling menakutkan yang pernah ada? Sebuah perusahaan pembanding kecepatan internet berhasil menjawab pertanyaan tersebut. Broadbandchoices melalui projek ‘Science Of Scare' menghitung denyut jantung dari 50 orang dengan rentang usia yang berbeda ketika menonton film horror lebih dari 100 jam. Mereka menyimpulkan bahwa ada 35 film horror yang paling ditakuti para respondennya.

1. Apa tujuan projek ‘Science Of Scare'?

Daniel Clifford adalah pencetus projek ‘Science of Scare'. Penulis untuk Broadbandchoices ini mengungkapan projek ‘Science of Scare' dibuat agar penonton dapat menghemat banyak waktu dan data ketika mencari film horror apa yang paling menakutkan di platfrom streaming seperti Netflix, Amazon, dan Shudder.

Ia menambahkan timnya telah melakukan riset online melalui situs IMDB, Rotten Tomatoes, dan Reddit untuk menemukan 50 film horror yang layak diujikan kepada 50 respondennya. Dari 50 film tersebut, terpilihlah 35 film paling menakutkan  bagi respondennya.

2. THE SINISTER menjadi juara film paling menakutkan 

Film karya Scott Derrickson pada tahun 2012, THE SINISTER muncul sebagai film yang paling ditakuti para responden projek ‘Science Of Scare'. THE SINISTER menceritakan seorang penulis novel misteri dan keluarganya memutuskan pindah ke rumah tempat kejadian perkara kasus pembunuhan sebuah keluarga. Disana ia menemukan film lama yang menunjukkan banyak pembunuhan keluarga, termasuk yang terjadi di rumah barunya.

The Sinister muncul sebagai film yang paling menakutkan versi Projek 'Science Of Scare'The Sinister muncul sebagai film yang paling menakutkan versi Projek 'Science Of Scare'

THE SINISTER berhasil membuat 50 responden ketakutan. Rata-rata denyut jantung mereka menunjukkan angka 86 denyut per menit ketika menonton film ini. Padahal, rata-rata denyut jantung mereka ketika bersantai terdapat pada angka 65 denyut per menit. Sebesar 32% peningkatan denyut jantung responden naik ketika menonton film ini. Tidak hanya sampai disitu, adegan mengejutkan film THE SINISTER berhasil memompa denyut jantung mereka hingga menyentuh angka 131 denyut per menit.

Posisi kedua ditempati oleh film INSIDIOUS. Denyut jantung responden ketika menonton film ini naik 21% dan ketika terkejut dapat mencapai 133 dpm. Posisi 3, 4, dan 5 diisi oleh THE CONJURING, HEREDIATARY, DAN PARANORMAL ACTIVITY.

Jadi, film horror mana dulu nih yang bakal ditonton akhir pekan besok?

 

 

(kpl/mag)

Join Kapanlagi.com
↑