Sedang Tayang di Bioskop, Sederet Fakta 'THE LION KING' Ini Harus Kalian Ketahui!

Rezka Aulia | Rabu, 17 Juli 2019 16:02 WIB
Sedang Tayang di Bioskop, Sederet Fakta 'THE LION KING' Ini Harus Kalian Ketahui!

Kapanlagi.com - Akhirnya kita bisa menikmati aksi Simba di bioskop terdekat mulai hari ini, Rabu 17 Juli 2019. THE LION KING versi live action ini menjanjikan pengalaman menonton yang lebih nyata berkat teknologi CGI. Tak hanya dari kualitas gambar, Disney telah memasang cast pengisi suara yang tak main-main. Mulai Beyonce, Donald Glover sampai Seth Rogen akan menghidupkan kisah klasik dari Disney ini.

Versi live action dari film berjudul sama di tahun 1994 ini memang amat dinantikan banyak penggemar berat Disney. Demi memenuhi ekspektasi pasar, film ini digarap dengan budget fantastis, 250 juta dollar. Jon Favreau selaku sutradara menanggung beban berat mengingat versi klasiknya masih amat dipuji publik hingga saat ini.

Yuk simak trivia menarik tentang film satu ini sebelum menonton di bioskop!

 

1 dari 6 halaman

1. Pendapatan Fantastis - Banyak Penghargaan

Pendapatan Fantastis - Banyak Penghargaan © Disney
THE LION KING versi animasi tercatat meraih laba kotor 968 juta dollar (13.5 triliun rupiah), sebuah angka fantastis untuk film yang tayang 25 tahun lalu. Belum lagi sederet penghargaan yang diraih, antara lain 2 Piala Oscar untuk Tata Musik Terbaik dan OST Terbaik. Hingga saat ini lagu Can You Feel The Love Tonight masih menjadi lagu cinta klasik yang enak didengar.

OST versi 2019 tentu saja akan dinyanyikan oleh Beyonce yang juga mengisi suara Nala. Selain menyanyikan Can You Feel The Love Tonight, Bey juga menghadirkan lagu baru berjudul Spirit. Akankah lagu ini bisa masuk nominasi Oscar juga?

2 dari 6 halaman

2. Tuduhan Nazi

Tuduhan Nazi © Disney
Lagu Be Prepared yang merupakan lagu tema karakter Scar sempat akan dihapus dari versi 2019 karena sempat dituduh bertemakan NAZI. Apalagi, Chiwetel Ejiofor dianggap kurang cocok untuk mengisi suara karakter ini. Karena diprotes penggemar dan kritikus, lagu ini kembali dihadirkan.

Chiwetel Ejiofor sendiri merupakan aktor kulit hitam yang meraih Oscar atas aktingnya di 12 YEARS A SLAVE. Aktor asal Nigeria berkebangsaan Inggris ini memulai debut layar lebar sejak 1997, namun ia telah aktif berakting di teater sejak 1995.

3 dari 6 halaman

3. Bakal Susul ALADDIN?

Bakal Susul ALADDIN? © Disney
Tahun ini Disney merilis dua versi live action film klasiknya dengan jarak berdekatan. ALADDIN rilis bulan Juni lalu sedangkan THE LION KING dirilis bulan Juli. Masa rilis versi klasik dua film ini sendiri berjarak dua tahun.

ALADDIN mendapat cukup banyak kritik mulai dari masa perkenalan para aktor ke publik. Sebaliknya THE LION KING justru mendapat pujian dari publik, apalagi ini menjadi comeback Beyonce ke dunia film. Mampukah THE LION KING menyaingi pendapatan yang diperoleh live action ALADDIN?

4 dari 6 halaman

4. Perebutan Karakter Scar

Perebutan Karakter Scar © Disney
Bila dilihat sepintas, para pengisi suara THE LION KING didominasi aktor keturunan Afrika. Namun ini bukan film yang eksklusif terhadap ras tertentu kok. Pasalnya di awal casting karakter Scar ditawarkan pada Benedict Cumberbatch dan Hugh Jackman. Chiwetel Ejiofor yang mengaku tertarik pun membuat langkah besar demi peran ini.

Saat diwawancarai Entertainment Weekly ia mengaku telah mempelajari karakter Scar dari sisi psikologi. "Saya tertarik memahami kondisi psikologis Scar, yang merasa punya masa lalu misterius terkait takdir para Dewa. Saya memahami psikis orang yang merasa tidak berada di tempat yang tepat dan sebagainya," terang Chiwetel kala itu.

5 dari 6 halaman

5. Ajang Reuni \'BLACK PANTHER\'

Ajang Reuni \'BLACK PANTHER\' © Disney
Sama-sama berlatar tempat di Afrika, produksi THE LION KING jadi ajang nostalgia cast BLACK PANTHER. Pengisi suara Rafiki (John Kani) dan Shenzi si hyena (Florence Kasumba), sama-sama pernah berakting di film Marvel ini. Kani memerankan sosok ayah T'Challa sedangkan Kasumba memerankan karakter Ayo.
6 dari 6 halaman

6. Keterlibatan Shah Rukh Khan

Keterlibatan Shah Rukh Khan © Disney India
THE LION KING yang tayang di India akan dihadirkan dengan sulih suara berbeda dari versi internasional. Superstar India Shahrukh Khan dipercaya mengisi suara karakter Mufasa. Sedangkan Aryan Khan anak SRK akan mengisi suara karakter Simba. Dalam versi internasional James Earl Jones mengisi suara Mufasa sedangkan Donald Glover mengisi suara Simba.

Pemilihan pengisi suara versi Hindi ini sempat dianggap nepotisme SRK karena mengajak anaknya. Terlepas dari nepotisme atau tidak, suara ngebass SRK cocok kok menghidupkan karakter Mufasa. Gak percaya? KLovers bisa cek di sini.

 

(kpl/rna)


Editor:  

Rezka Aulia

↑