Sederet Kontroversi 'GREEN BOOK', Film yang Sukses Bawa Pulang Piala Oscar 2019

Tyssa Madelina | Senin, 25 Februari 2019 16:47 WIB
Sederet Kontroversi 'GREEN BOOK', Film yang Sukses Bawa Pulang Piala Oscar 2019

Kapanlagi.com - Film GREEN BOOK sukses membawa pulang piala Oscar 2019 dalam kategori Film Terbaik. Disutradarai oleh Peter Farrelly, kemenangan GREEN BOOK ini jadi hal yang membanggakan karena mengalahkan nominasi top lainnya seperti A STAR IS BORN, ROMA, THE FAVORITE DAN BOHEMIAN RHAPSODY.

Selain masuk nominasi Film Terbaik, GREEN BOOK juga dijagokan di beberapa hal seperti Aktor Pendukung Terbaik dan Naskah Asli Terbaik. Namun di dua nominasi tersebut, mereka gagal membawa pulang piala.

Dibalik kesuksesannya, ternyata GREEN BOOK juga ramai jadi perbincangan karena kontroversinya. Salah satunya karena cuitan sang penulis, Nick Vallelonga yang dituding menyudutkan kaum Muslim di Amerika Serikat. Lalu apa saja kontroversi lainnya?

 

1 dari 5 halaman

1. Sudut Pandang Ras Kulit Putih

Sudut Pandang Ras Kulit Putih Credit: DreamWorks
Film GREEN BOOK bercerita mengenai persahabatan Don Shirley (Mahershala Ali) dan Tony Vallelonga (Viggo Mortensen). Karakter Don sendiri digambarkan sebagai pria keturunan Afrika-Amerika yang berkulit hitam.

Sedangkan sopirnya Tony Vallelonga adalah pria berdarah Italia-Amerika memiliki kulit putih. Namun film ini hanya menggunakan satu sudut pandang dan mengabaikan kenyataan dari Tony sebagai pria rasis yang belajar untuk menjadi orang yang lebih toleran.

2 dari 5 halaman

2. Tidak Akurat Gambarkan Sosok Pianis

Tidak Akurat Gambarkan Sosok Pianis Credit: DreamWorks
Film ini memang diangkat dari kisah nyata. Don Shirley diceritakan sebagai seorang pianis di GREEN BOOK.

Namun dilansir dari independent.co.uk, ternyata banyak penonton yang mengkritisi kalau hal itu tidak akurat. Salah satu kontra terbesar datang dari keluarga pianis Don Shirley yang menyebut mereka tidak menggambarkan sosok Don dengan akurat.

3 dari 5 halaman

3. Cuitan Penulis Bikin Geger

Cuitan Penulis Bikin Geger Credit: DreamWorks
Sekitar tahun 2015, penulis GREEN BOOK, Nick Vallelonga pernah menuai kecaman karena kontroversinya. Hal itu bermula dari cuitan Nick mengenai anti Muslim.

Nick dituding telah menyudutkan kaum Muslim di Amerika Serikat lewat cuitannya. Namun setelah jadi sorotan, ia akhirnya menyampaikan permintaan maaf dan menghapus cuitannya.

4 dari 5 halaman

4. Lelucon Sutradara

Lelucon Sutradara Credit: DreamWorks
Selain penulisnya, sang sutradara Peter Farrelly juga pernah tersandung masalah. Hal itu terjadi saat proses pembuatan film GREEN BOOK.

Dalam sebuah artikel lawas, Farrelly mengakui pernah memamerkan, maaf, alat kelaminnya sebagai lelucon kepada rekannya di lokasi syuting. Well, mungkin bagi sebagian besar orang lelucon ini dianggap kelewat batas ya?

5 dari 5 halaman

5. Rating Rendah

Rating Rendah Credit: DreamWorks
Sebelum perhelatan Oscar 2019, banyak banget netizen yang menjagokan film ROMA. Namun sayang film tersebut kalah dari berbagai aspek padahal ratingnya cukup tinggi lho.

BBC sempat menulis kalau GREEN BOOK memiliki rating dua bintang. Ini seolah jadi bukti kalau rating rendah pun bisa bersaing bareng film ngetop lainnya di Oscar.

(kpl/tmd)


Editor:  

Tyssa Madelina

↑