Siap-siap Baper, Inilah Sederet Film Romansa Yang Diadaptasi Dari Novel Terkenal Karya Jane Austen!

Editor KapanLagi.com   | Senin, 20 September 2021 11:01 WIB
Siap-siap Baper, Inilah Sederet Film Romansa Yang Diadaptasi Dari Novel Terkenal Karya Jane Austen!
EMMA (Credit: IMDb)

Kapanlagi.com - Jane Austen adalah seorang novelis dari Inggris yang sangat terkenal di abad ke-18 hingga 19. Ia terkenal dengan gaya penulisannya yang kerap menyinggung isu-isu sosial yang terjadi pada masa itu. Dirinya sering memasukkan ironi dan parodi dalam tulisannya, namun gaya penceritaannya yang bagus membuat karyanya banyak disukai.

Meski karya Jane Austen telah diterbitkan beberapa abad yang lalu, tulisannya masih banyak disukai oleh berbagai kalangan tanpa mengenal waktu. Pun juga dengan satire yang ada di dalam setiap ceritanya.

Penulis Inggris berbakat ini suka menulis karya-karya romansa yang masih banyak diminati oleh orang-orang saat ini. Hal ini tak lain tak bukan adalah karena para pembacanya bisa merasa relate baik dengan tokoh maupun ceritanya.

Begitu banyak novel-novel karya Jane Austen yang diadaptasi menjadi film hingga beberapa kali saking menariknya alur yang ia suguhkan. Berikut adalah beberapa film romansa yang didasarkan pada karya asli sastrawan klasik asal Inggris ini yang bakal dijamin membuatmu tertarik dengan tulisan-tulisannya yang lain!

1. PRIDE AND PREJUDICE (2005)

PRIDE AND PREJUDICE merupakan film yang bercerita tentang seorang gadis bangsawan bernama Elizabeth Bennet (diperankan oleh Keira Knightley). Ia memiliki 5 saudara perempuan yang semuanya masih lajang sehingga membuat orang tuanya ingin menikahkan mereka semua dengan pria yang mapan.

Pada suatu hari, Elizabeth bertemu dengan seorang pria sombong dan angkuh bernama Darcy (diperankan oleh Matthew Macfadyen). Namun, rupanya pertemuan pertama mereka tidak berhasil baik karena Darcy melontarkan kata-kata yang menyakiti hati Elizabeth hingga membuatnya membencinya. Akan tetapi, pandangan Elizabeth kepada Darcy menjadi berubah karena suatu hal. Dari sini, lika-liku kisah asmara mereka dimulai.

2. BECOMING JANE (2007)

BECOMING JANE adalah film yang menceritakan kisah cinta penulis aslinya, Jane Austen. Jane  (diperankan oleh Anne Hathaway) adalah anak yang dibesarkan di keluarga yang memiliki kesulitan finansial. Hal ini membuat ibunya berharap ia bisa menikahi Wisley (diperankan oleh Laurence Fox) yang berasal dari keluarga kaya.

Meski Wisley memiliki ketertarikan padanya, tetapi Jane tidak mau menerimanya karena ia ingin menikah karena cinta. Hingga suatu hari Jane bertemu dengan mahasiswa miskin yang nakal bernama Tom Lefroy (diperankan oleh James McAvoy). Dari sini, kisah cinta keduanya pun dimulai.

3. NORTHANGER ABBEY (2007)

NORTHANGER ABBEY bercerita tentang seorang gadis tomboi bernama Catherine Morland (diperankan oleh Felicity Jones). Ia memiliki hobi membaca dan kerap kali tenggelam dalam imajinasinya sendiri. Catherine juga suka menulis cerita.

Pada suatu hari, pasangan kaya raya yang menyukai Catherine mengajaknya ke suatu tempat yang membuatnya bertemu dengan seorang pria bernama Henry Tinley (diperankan oleh JJ Field). Di pertemuan pertamanya, sepertinya mereka sama-sama saling menyukai. Namun, ada hal yang menguji kisah cinta keduanya, yaitu bahwa keluarga Tinley memiliki rumor yang tidak baik.

4. LOVE AND FRIENDSHIP (2016)

LOVE AND FRIENDSHIP adalah film yang menceritakan seorang Lady bernama Susan Vernon (diperankan oleh Kate Beckinsale) yang ditinggal pergi suaminya. Hal ini membuatnya harus membesarkan putri semata wayangnya sendirian. Namun, status Lady Susan yang merupakan seorang janda rupanya menjadi perbincangan orang-orang.

Demi meredakan rumor tersebut dan agar putrinya bisa hidup tenang kelak, Lady Susan memutuskan untuk mencari pendamping hidup baru yang kaya raya. Dengan bantuan sahabatnya, ia pun menyusun beberapa rencana mengenai perjodohan. Akankah rencana Lady Susan berhasil?

 

5. EMMA (2020)

Emma berkisah tentang seorang gadis dari keluarga berada bernama Emma Woodhouse (diperankan oleh Anya Taylor-Joy) yang memiliki sifat baik tetapi cukup egois. Ia berusaha untuk menjadi makcomblang dalam kisah cinta teman-temannya.

Emma merasa ia bisa menentukan pasangan yang terbaik bagi temannya yang tanpa sadar membuat temannya itu sendiri merasa tidak nyaman dan kesusahan. Meski merasa paling tahu tentang cinta, rupanya Emma sendiri sedang berada dalam dilema utuk kisah cintanya sendiri.

Nah, itulah beberapa rekomendasi film yang mengadaptasi karya-karya seorang penulis terkenal Jane Austen. Happy watching!

Ditulis oleh: Ursea Mayoriska

Editor:   Editor KapanLagi.com