Simak, Perubahan Kostum Batman Dari Masa Ke Masa di Sini!

Rifky Rifanda Sakti | Jum'at, 28 November 2014 19:01 WIB
Simak, Perubahan Kostum Batman Dari Masa Ke Masa di Sini!
Kapanlagi.com - Batman, adalah salah satu tokoh superhero ikonik dalam serial DC Universe. Diciptakan oleh Bob Kane dan penulis Bill Finger, sosok The Dark Knight ini sukses memulai memulai debutnya di tahun 1939 silam, lewat komik berjudul DETECTIVE COMICS #27.

Setelah mendulang sukses di seri komiknya, kemudian penjaga kedamaian Gotham City ini diangkat ke dalam sebuah serial televisi di tahun 1960-an. Setelah itu, 20 tahun kemudian, Bruce Wayne tampil di film layar lebar pertamanya, BATMAN.

Sambutan dari film garapan Tim Burton tersebut akhirnya menjadikan sosok Batman sebagai salah satu seri franchise andalan Warner Bros Pictures. Terhitung sejak 1989 sampai 2014, sudah ada sekitar, tujuh judul film layar lebar Batman yang sudah dibuat.

Secara berturut-turut ada BATMAN, BATMAN RETURNS, BATMAN FOREVER, BATMAN & ROBIN, BATMAN BEGINS, THE DARK KNIGHT, dan THE DARK KNIGHT RISES. Bahkan dari segi kostum, tokoh Batman juga banyak mengalami perubahan di banyak hal.

Nah, kali ini KapanLagi.com® bakal membahas evolusi yang ada di kostum dari The Dark Knight ini. So, silahkan simak selengkapnya di halaman berikutnya.

1 dari 6 halaman

1. BATMAN Serial TV

BATMAN Serial TV @ABC
Film ini pertama kali mengudara pada 12 Januari 1966 di channel ABC. Selama penayangannya, serial tv ini sudah dibuat sebanyak tiga musim yang berakhir di tahun 1968.

Untuk pemerannya, diserahkan pada aktor Adam West sebagai Batman, dan Burt Ward sebagai Robin. Dari segi kostum bisa dibilang film ini masih mengadaptasi dari versi komiknya.

Kalau disamakan dengan sekarang, bisa dibilang kostum film pertama Batman ini sudah sangat ketinggalan jaman dari segi bentuk dan bahan materialnya. Bahkan sangat tidak ada kesan 'garang' sama sekali dari kostum ini.

Seperti di versi komiknya, kostum batman di serial tv-nya masih memadukan warna hitam, coklat, dengan aksen warna kuning untuk ikat pinggang dan logo kelelawar di dadanya. Hal yang paling menggelikan dari kostum ini adalah bagian runcing di kuping topengnya yang malah membuat sosok pahlawan super ini nampak konyol.
2 dari 6 halaman

2. BATMAN

BATMAN @warnerbrospictures
Setelah 20 tahun berlalu, akhirnya film BATMAN kembali dibuat dalam versi layar lebar. Tim Burton waktu itu yang dipercaya untuk mengembalikan sosok 'gelap' dari sang The Dark Knight ini.

Mempercayakan peran Bruce Wayne kepada Michael Keaton, Tim Burton bersama tim merombak besar-besaran kostum Batman. Kali ini, mereka sukses menghadirkan sosok 'garang' dan misterius sang penjaga Gotham City tersebut.

Didominasi oleh warna hitam, Batsuit ini juga menampilkan efek tonjolan-tonjolan otot tubuh yang menjadikannya terlihat lebih gagah dan kokoh. Apalagi dari segi topeng wajah, sudah terlihat seram dan sangat berbeda jauh dari seri 20 tahun yang lalu.

Warna kuning juga masih dipakai di Batsuit ini, namun lebih dijadikan sebagai pemanis saja. Hal ini seperti nampak pada sabuk dan Batlogo yang tersemat di dada Batman.

3 dari 6 halaman

3. BATMAN FOREVER

BATMAN FOREVER @warnerbrospictures
Dalam film BATMAN FOREVER, kali ini Tim Burton sudah tidak lagi menjadi sutradara, posisinya digantikan oleh Joel Schumacher. Untuk pemerannya pun, di film ini Bruce Wayne dimainkan aktor ganteng Val Kilmer.

Untuk kostumnya di film ini, masih tidak ada perbedaan yang mencolok dari film BATMAN. Hanya saja ada sedikit perubahan kecil di dalamnya.

Hal ini terlihat dari perubahan warna dan bentuk di sabuknya, yang dulu berwarna kuning kini menjadi hitam. Selain itu, di bagian tengah ikat pinggangnya juga terdapat ukiran Batlogo. Tapi, jika dilihat lebih seksama lagi, Batsuit di BATMAN FOREVER ini lebih terkesan ada sentuhan 'gothic' dari yang sebelumnya.

4 dari 6 halaman

4. BATMAN & ROBIN

BATMAN & ROBIN @warnerbrospictures
Di film garapan tahun 1997 silam ini, Warner Bross kembali menghadirkan petualangan baru lain dari Batman. Masih dengan sutradara yang sama, Joel Schumacher, tokoh Bruce Wayne kali ini diperankan oleh aktor George Clooney.

Mungkin untuk pertama kalinya, kostum Batsuit tampil begitu sangat berbeda dan aneh. Hal ini sangat beralasan, karena selain menampilkan banyak aksen warna perak, tampilan Batman kali ini lebih terkesan mirip robot.

Dari segi logo, juga mengalami perubahan total. Didominasi warna perak, bentuk Batlogo-nya menjadi lebih besar, dan menutupi hampir bagian dada Batman. Sayangnya, perubahan ekstrem ini malah menuai banyak protes dari para fansnya kala itu.

Selain dinilai aneh, Batsuit ini malah menghilangkan kesan misterius dan 'gelap' dari sosok Batman. Terus, apakah kalian juga memiliki pemikiran yang sama dengan mereka?
5 dari 6 halaman

5. BATMAN TRILOGY

BATMAN TRILOGY @warnerbrospictures
Hampir delapan tahun berselang, tidak ada lagi film BATMAN hadir di layar lebar. Kemudian pada 2005, sang penjaga kota Gotham kembali hadir dalam format trilogi. Kali ini, semua jajaran yang menggarap film ini diisi oleh wajah-wajah baru.

Untuk posisi sutradara, Warner Bros mempercayakan Christopher Nolan menahkodai tiga cerita besar dari proyek ini. Selain itu, Christian Bale dihadirkan sebagai pemeran karakter Bruce Wayne, di film tersebut.

Tentunya dari segi desain kostum, benar-benar mengalami perubahan yang jauh lebih apik dari seri sebelumnya. Kali ini, tampilan Batsuit dibuat lebih berkesan 'ringan' dan elastis. Pilihan ini diambil, guna lebih membuat The Dark Knight luwes dalam bergerak.

Warna hitam pun mendominasi keseluruhan kostum ini. Sedangkan untuk bagian topengnya, dibuat lebih kokoh, dengan menampilkan efek bentuk tulang di sekitar mata dan wajahnya.

6 dari 6 halaman

6. DAWN OF JUSTICE

DAWN OF JUSTICE @warnerbrospictures
Seri terbaru dari petualangan Batman ini bakal hadir kembali di film BATMAN V SUPERMAN: DAWN OF JUSTICE. Salah satu film superhero yang ditunggu kehadirannya ini, bakal siap menghajar bioskop dunia pada 25 Maret 2016 mendatang.

Kali ini sosok Bruce Wayne bakal diperankan oleh sang Daredevil, Ben Affleck. Dalam film ini, nantinya Batman bakal terlibat konflik dengan si manusia Planet Crypton, Superman.

Dari segi desain kostum, di DAWN OF JUSTICE tampilan Batsuit Batman terlihat sangat sederhana, dan lebih mengacu pada gaya awal-awal di seri komiknya. Tak ada kecanggihan dan efek futuristik dalam Batsuit-nya kali ini.

Didominasi warna gelap dan lebih menonjolkan bentuk tubuh atletis Ben Affleck, sosok Batman kali ini terlihat jauh lebih tangguh. Selain itu, sisi dewasa dan gagah pun ditonjolkan dari kostum ini.

 

 

(kpl/fnd)


↑