Sinopsis 'ECHO IN THE CANYON', Mengulas Musik California Yang Khas Dengan Beat-nya

Editor KapanLagi.com | Senin, 06 Mei 2019 19:02 WIB
Sinopsis 'ECHO IN THE CANYON', Mengulas Musik California Yang Khas Dengan Beat-nya

Kapanlagi.com - Film dokumenter kali ini hadir dengan tema berbeda yang membahas bukan tentang sejarah, politik atau sejenisnya, tetapi tentang kesenian musik. Persis seperti judulnya ECHO IN THE CANYON, mengulas tentang asal muasal genre music dari California yang khas dengan beat nya. Yups, Canyon sendiri merupakan nama sebuah tempat di California, yang melahirkan beberapa musisi dan band-band terkenal yang namanya terdengar di seluruh penjuru Amerika di tahun 60 an.

Beberapa musik papan atas dunia yang berasal dari California seperti: The Bryds, The Beach Boys, Buffalo Springfield, The Mamas and The Pappas, dan masih banyak lagi. Kalian tau THE BEATLES kan? Mereka juga dari California loh. Salah satu lagu mereka yang terkenal adalah California dreaming. 

 

1 dari 2 halaman

1. Musik Khas California

Tepatnya di Laurel Canyon, musik ini diciptakan dan terkenal sebagai music yang dianggap “suara California.” Dari sinilah Andrew Slater, seorang jurnalis di bidang musik sekaligus produser musik bermaksud untuk menjelajah “musik California.”

Kebanyakan musisi seperti Brian Wilson dan Jakob Dylan mendapatkan inspirasi dalam bermusik di tempat ini. Menurut Jakob Dylan, sebuah musik yang baik diciptakan melalui momen-momen tertentu. Makadari itu, musik-musik seperti ini masih dapat dirasakan dan dinikmati hingga saat ini karena karakter musik nya yang kuat. 

2 dari 2 halaman

2. Kiblat Generasi Musisi Setelahnya

Rupa-rupanya kehadiran aliran musik dengan suara California ini sangat populer pada saat itu sehingga banyak band-band yang datang ke LA untuk meniru jejak band terkenal seperti THE BEATLES. Pada momen inilah Laurel Canyon menjadi tempat sebagai sarang kreativitas dalam bermusik dan gudang berkolaborasinya para musisi untuk menciptakan generasi musik selanjutnya.

Disutradarai oleh Andrew Slater yang langsung terjun ke lapangan dengan beberapa band-band terkenal California pada tahun 60 an, Lou Adler, Fiona Apple, Brian WilsonThe Beach Boys, Jakob Dylan dan masih banyak lagi.

Penulis: Eva Nur Fauziyah

(kpl/mag/eva)


↑