Sinopsis 'THE SILENCE OF OTHERS' Film Dokumenter Korban Franco Dalam Mencari Keadilan

Editor KapanLagi.com | Rabu, 08 Mei 2019 14:24 WIB
Sinopsis 'THE SILENCE OF OTHERS' Film Dokumenter Korban Franco Dalam Mencari Keadilan

Kapanlagi.com - THE SILENCE OF OTHERS, sebuah film dokumenter epik yang akan hadir pada bulan Mei mendatang. Film karya sutradara Almudena Caraccedo yang berkolaborasi dengan Robert Bahar ini menceritakan tentang perjuangan para korban kediktaktoran Spanyol dibawah Jenderal Franco selama 40 tahun.

Film yang memenangkan penghargaan Goya Award untuk kategori film dokumenter terbaik ini sebenarnya telah hadir pada tahun 2018 lalu. Namun secara resmi akan hadir kembali pada bulan Mei mendatang. Film dokumenter ini merupakan film dokumenter kedua karya Almudena Caraccedo bersama dengan Robert Bahar.

 

1 dari 2 halaman

1. Para Korban Kediktaktoran Franco

Para Korban Kediktaktoran Franco Credit: Semilla Verde Productions
Film dokumenter THE SILENCE OF OTHERS mengangkat perjuangan yang dilakukan oleh para korban kediktaktoran yang dilakukan oleh Fransisco Franco selama 40 tahun masa pemerintahannya. Mereka ialah korban- korban selamat yang harus melewati rumah para penyiksa setiap hari, anak-anak dari orang tua yang dihilangkan secara paksa dan ditemukan telah terkubur di kuburan masal serta orang-orang tua yang masih mencari anak mereka yang diambil saat lahir dan diserahkan pada sekutu Franco.

Spanyol sebenarnya telah lepas dari kediktaktoran Jenderal Franco selama 40 tahun. Namun, bagi sebagian orang yang menjadi korban kekejamannya, mereka belum sepenuhnya telah merasakan kedamaian. Sisa-sisa hal tersebut masih melekat dalam diri mereka.

2 dari 2 halaman

2. Penyebab Belum Adanya Kedamaian Pada Korban

Penyebab Belum Adanya Kedamaian Pada Korban Credit: Semilla Verde Productions
Hal yang membuat para korban Franco belum merasakan kedamaian ialah adanya sebuah undang-undang amnesti tahun 1977 atau lebih dikenal dengan nama 'the pact of forgetting', sebuah aturan yang melarang tindakan hukum terkait dengan penindasan, penyiksaan, serta pembunuhan sekitar 100.000 orang selama masa kediktaktoran Franco yang berlangsung selama 40 tahun. Para korban secara tidak langsung dipaksa untuk melupakan semua itu.

Film THE SILENCE OF OTHERS membawa kisah-kisah yang terlupakan dari para korban yang selamat yang difilmkan lebih dari enam tahun dengan mengikuti para korban dalam melawan kejahatan kemanusiaan yang dipaksa oleh Negara untuk dilupakan. Film dokumenter ini menyoroti upaya korban-korban kekejaman Franco dalam mencari pertanggungjawaban dan keadilan atas kekejaman yang telah dilakukan pemimpin Spanyol itu.

Penulis: Devi Puspita

(kpl/mag/dev)


↑