Sinopsis 'TRIAL BY FIRE', Kisah Nyata Ayah yang Dituduh Membunuh Anaknya

Editor KapanLagi.com | Kamis, 09 Mei 2019 19:22 WIB
Sinopsis 'TRIAL BY FIRE', Kisah Nyata Ayah yang Dituduh Membunuh Anaknya

Kapanlagi.com - Satu lagi film drama yang akan hadir bersama sederetan film yang akan rilis bulan Mei mendatang, TRIAL BY FIRE. Film drama besutan sutradara Edward Zwick ini diangkat dari kisah nyata sebuah kasus yang terjadi di Texas berdasarkan laporan investigatif yang dilakukan oleh David Grann pada tahun 2009 silam yang kasusnya sendiri sebenarnya terjadi beberapa tahun sebelumnya. Film ini akan dibintangi oleh Laura Dern dan Jack O'Connell sebagai Elizabeth Gilberth dan Cameron Tedd Willingham.

TRIAL BY FIRE mengangkat cerita kontroversial sekaligus tragis tentang Cameron Todd Willingham (Jack O'Connell), seorang narapidana di sebuah tahanan di Texas yang divonis hukuman mati karena dituduh melakukan pembunuhan terhadap ketiga anaknya. Bagaimana kisah selengkapanya, yuk baca sinopsisnya lebih dulu.

 

1 dari 2 halaman

1. Kebakaran yang Berujung Tuduhan

Kebakaran yang Berujung Tuduhan Credit: Flashlight Films
Cameron Todd Willingham, seorang narapidana sekaligus ayah di Texas divonis hukuman mati karena tuduhan pembunuhan yang diarahkan padanya. Pembunuhan yang dituduhkan pada Cameron ialah pembunuhan yang terjadi akibat kebakaran di rumahnya yang sayangnya, saat itu juga menewaskan ketiga anaknya. Cameron sendiri telah tertahan di penjara Texas selama delapan tahun sembari menunggu vonis mati yang dijatuhkan kepadanya.

Saat kejadian kebakaran itu terjadi, Cameron tengah tertidur dan langsung saja terbangun ketika mendengar suara anaknya memanggil dirinya. Namun, ia malah menemui rumahnya tengah terbakar. Ia pun segera mencari ketiga anaknya, tapi api semakin membesar. Dan naas, ketiga anak Cameron tak terselamatkan. Atas kejadian itu, Cameron dianggap menjadi tersangka dan polisi memasukkannya dalam penjara.

2 dari 2 halaman

2. Perjuangan Elizabeth Gilbert dalam Membebaskan Cameron

Perjuangan Elizabeth Gilbert dalam Membebaskan Cameron Credit: Flashlight Films
Delapan tahun kemudian, Cameron mendapat kunjungan pertamanya yang datang dari orang yang tak terduga. Ia adalah Elizabeth Gilbert (Laura Dern), ibu dari dua orang anak yang berasal dari Houston. Setelah mendengar cerita dari Cameron tentang apa yang terjadi, Gilbert membantu Cameron dalam memperjuangkan kebebasannya.

Selama ini, tak ada orang yang mau memperjuangkan Cameron. Bahkan, di persidangan pengacaranya sendiri pun enggan untuk membelanya. Dalam perjuangannya membebaskan Cameron, Gilbert melakukan berbagai cara seperti salah satunya mengungkapkan kesimpulan-kesimpulan yang tidak masuk akal yang telah dilayangkan pada Cameron. Serta mencoba mengungkapkan bukti-bukti yang dapat menyelamatkannya.

Namun, hal itu tidaklah mudah. Banyak keganjilan yang terjadi dalam kasus yang ditanganinya itu. Serta peran beberapa pihak di belakangnya menjadikan kasus ini sulit untuk dipecahkan. Lantas, apakah upaya Gilbert dalam membebaskan Cameron berhasil? Dan Apakah Cameron memang pelaku sebenarnya dalam kasus ini? Jangan melewatkan untuk menonton filmnya pada 17 Mei mendatang ya.

Penulis: Devi Puspita

(kpl/mag/dev)


↑