'THE ARTIST', Calon Film Terbaik Oscar?

Fatchur Rochim | 30 November 2011, 20:13 WIB
'THE ARTIST', Calon Film Terbaik Oscar?
Kapanlagi.com - Semula bursa film terbaik Oscar masih berpihak pada THE DESCENDANTS karya Alexander Payne namun sekarang sepertinya film yang dibintangi oleh George Clooney ini mendapat saingan tangguh. Film yang kini merajai bursa Oscar adalah THE ARTIST, film bisu dalam format hitam-putih buatan Perancis. Siapa yang bakal benar-benar membawa pulang gelar film terbaik Oscar nanti?

Semula THE ARTIST yang disutradarai oleh Michel Hazanavicius dan memasang nama Jean Dujardin dan Berenice Bejo sebagai pemerannya bukanlah film unggulan. Selain THE DESCENDANTS, masih ada WAR HORSE milik Steven Spielberg dan J. EDGAR karya Clint Eastwood namun sekarang dua film yang terakhir ini sepertinya tak lagi jadi jagoan para pengamat film.

THE ARTIST sendiri memang dibuat dalam format hitam-putih dan disajikan tanpa dialog. Film ini sendiri mengambil seting antara tahun 1927 dan 1932 saat Hollywood mulai dilanda demam film yang sudah dilengkapi dengan dialog. Saat itu aktor-aktor Hollywood yang dulunya merajai bisnis film bisu mulai resah dan suasana itulah yang ingin diangkat sang sutradara lewat film ini.

Film yang ditayangkan perdana 15 Mei 2011 lalu di ajang Cannes Film Festival ini seketika jadi film favorit para pengamat film. Di daratan Amerika Serikat sendiri, film ini baru ditayangkan tanggal 23 November lalu dan sepertinya reaksi para pengamat film di Amerika juga sangat positif.

Kalaupun nantinya THE ARTIST tak berhasil membawa pulang gelar Film Terbaik Oscar namun paling tidak film ini sudah berhasil meraih gelar Best Picture dari New York Film Critics Awards.  (kpl/cmc/roc)

Editor:  

Fatchur Rochim