'THE NIGHTMARE', Jangan Nonton Video Ini Sebelum Kamu Tidur!

Fitrah Ardiyanti | 01 Juni 2015, 15:52 WIB
'THE NIGHTMARE', Jangan Nonton Video Ini Sebelum Kamu Tidur!
Kapanlagi.com - Kalian sering mengalami sleep paralysis atau kita sering menyebutnya dengan istilah tindihan (bahasa Jawa)? Ternyata fenomena ini tak hanya terjadi di negera kita, lho. Fenomena ini juga terjadi di hampir seluruh penjuru dunia.

Sleep paralysis sering dikaitkan dengan dunia mistis. Banyak yang menyatakan jika saat kita mengalaminya, tubuh kita sedang ditindih oleh makhluk halus. Benarkah itu?

Sutradara Rodney Ascher, yang sebelumnya pernah menggarap ROOM 237, mendokumentasikan kisah beberapa orang yang pernah mengalami peristiwa ini sebelumnya. Dan hasilnya lebih mirip dengan film horor daripada film dokumenter konvensional.

THE NIGHTMARE, dokumentasi sleep paralysis yang lebih mirip film horor/©ew.comTHE NIGHTMARE, dokumentasi sleep paralysis yang lebih mirip film horor/©ew.com

"Hal ini tumbuh secara alami. Ketika aku mewawancarai mereka, selalu ada dua sisi. Pertama, mereka selalu mengaitkan kejadian yang mereka alami (sleep paralysis) dengan kejadian mistis. Kedua, mereka suka menonton film horor dan akhirnya terpengaruh oleh ceritanya. Bagiku, itu adalah hal yang sangat menarik," tutur Rodney seperti yang dilansir Entertainment Weekly.

Dua kejadian tersebut memang saling terhubung. Apakah memang bisa seseorang mengalami sleep paralysis tanpa terpengaruh hal-hal yang sebelumnya mereka lihat, terutama film horor? Keduanya memang terkait satu sama lain dan tak bisa dipisahkan.

Penasaran, seperti apa teaser film dokumenter yang sempat diputar di Sundance Film Festival ini? Simak aja di sini. Awas, nggak bisa tidur.

  (ew/tch)

Editor:  

Fitrah Ardiyanti