'TITANIC' Sampai 'TWILIGHT', Film-Film Ikonik Yang Melekat di Image Para Pemainnya

Sora Soraya | 23 Maret 2018, 11:23 WIB
'TITANIC' Sampai 'TWILIGHT', Film-Film Ikonik Yang Melekat di Image Para Pemainnya

Kapanlagi.com - Dari dulu hingga kini, industri film layar lebar Hollywood tetap saja dinanti oleh para fansnya di seluruh dunia. Tak memandang usia maupun gender, setiap film yang dirilis akan mendapat respon hangat dari para penontonnya sesuai dengan apa yang mereka inginkan.

Di antara begitu banyak film-film box office yang ada, ada sederet film ikonik yang tak bisa dilupakan hingga kini. Bukan hanya dari segi alur cerita maupun idenya yang luar biasa, film-film laris tersebut juga melekat di hati para penonton karena karakter yang diperankan oleh pemainnya.

Namun, pernahkah kamu menyadari jika film-film ikonik yang laris itu punya dampak yang sangat luar biasa bagi para bintangnya? Lewat karakternya yang melegenda, beberapa di antara mereka mengalami kesusahan saat mendapat tawaran peran.

Nggak cuma itu saja, sederet aktor dan aktris bahkan sempat mengakui jika mereka benar-benar benci pada karakternya yang tak bisa dihapus dari ingatan para moviegoers. Bukan tanpa alasan, respon hangat dari para fans juga sempat membawa masalah tersendiri dalam kehidupan pribadinya.

Lewat ulasan kali ini, akan dijelaskan film-film ikonik mana saja yang melekat di image para pemainnya. Bertahun-tahun berlalu, memori tentang karakter mereka tetap saja membekas di hati para penggemar dan justru berbalik menjadi 'momok' menakutkan bagi sang bintang.

TITANIC, Leonardo DiCaprio - Kate Winslet

Kisah cinta Jack Dawson dan Rose DeWitt Bukater yang melegenda © Paramount PicturesKisah cinta Jack Dawson dan Rose DeWitt Bukater yang melegenda © Paramount Pictures

Buat kamu generasi 90-an tentunya sudah tak asing lagi dengan film roman yang satu ini. Diangkat dari kisah nyata, TITANIC sukses menjadi salah satu film box office tersukses sepanjang masa yang bisa dinikmati oleh semua kalangan.

Kisah cinta Jack Dawson dan Rose DeWitt Bukater yang dimainkan oleh Leonardo DiCaprio dan Kate Winslet itu benar-benar melegenda dan susah untuk dilupakan. Lewat akting dan chemistry-nya yang sangat kuat, pasangan ini sukses menyihir suasana hati para penonton.

Tetap mencuri perhatian hingga kini © AFPTetap mencuri perhatian hingga kini © AFP

21 tahun berlalu sejak film ini dirilis, para penonton belum juga move on dari romantisme Jack dan Rose. Nggak heran jika hingga saat ini, kemunculan Leonardo dan Kate di berbagai ajang penghargaan film bergengsi selalu dinanti dan jadi sorotan media.

Sebut saja kala mereka menghadiri red carpet Oscar setiap tahunnya. Meski datang secara terpisah, Kate dan Leonardo selalu diminta untuk pose bareng untuk memuaskan mata para penggemar. Padahal seperti yang kita tahu, Kate sudah hidup bahagia bersama suaminya yang ke-3, Ned Rocknroll.

Tidak hanya itu saja, ternyata peran yang dimainkan Kate dalam TITANIC sempat membuatnya trauma. Lewat sebuah wawancara dengan Yahoo di tahun 2014 silam, aktris cantik ini mengaku jika adegan telanjangnya saat dilukis masih menghantuinya hingga saat itu.

Kate merasa trauma akan adegan dirinya saat dilukis © FameFlynetKate merasa trauma akan adegan dirinya saat dilukis © FameFlynet

"Banyak orang yang memintaku untuk menandatangani foto itu (lukisan bugil), yang mungkin mereka dapat dari adegan film. Foto itu dibagi-bagikan, dan aku merasa tak ingin melihat foto itu lagi setelah 17 tahun berlalu. Itu (adegan telanjang) masih menghantuiku hingga sekarang," tuturnya seperti yang dilansir dari Mirror.

TWILIGHT, Robert Pattinson - Kristen Stewart

Romantisme Robert Pattinson dan Kristen Stewart dalam TWILIGHT © Summit EntertainmentRomantisme Robert Pattinson dan Kristen Stewart dalam TWILIGHT © Summit Entertainment

Dari sekian banyak film romantis yang ada, kamu pastinya tahu jika TWILIGHT merupakan salah satu yang paling ikonik. Kisah cinta di antara vampire dan anak manusia ini dimainkan secara sempurna oleh Robert Pattinson dan Kristen Stewart.

Fans TWILIGHT pun seakan bermimpi saat tahu kisah cinta Bella Swan dan Edward Cullen berlanjut di dunia nyata. Sayangnya, hubungan asmara di antara pasangan ini tak berbuah manis seperti yang terpapar pada cerita filmnya.

Pacaraan di dunia nyata dan berakhir karena kehadiran orang ke-3 © FameFlynetPacaraan di dunia nyata dan berakhir karena kehadiran orang ke-3 © FameFlynet

Hubungan mereka harus hancur saat Kristen tertangkap berselingkuh dengan sutradara film SNOW WHITE AND THE HUNTSMAN, Rupert Sanders. Bertahun-tahun berlalu sejak mereka putus, hingga saat ini fans masih saja dibuat gagal move on dan berharap agar keduanya bisa balikan.

Tak suka dengan respon publik yang berlebihan, Pattinson bahkan sempat mengaku jika ia benci dengan karakter yang ia mainkan dalam film adaptasi novel milik Stephenie Meyer ini. Bukan tanpa alasan, pasalnya publik lebih mengenal dirinya sebagai Edward Cullen daripada namanya yang asli.

"Aku ingin mencekik mereka yang memanggilku seperti itu! Aku benar-benar tak bisa lepas dari panggilan tersebut. Rasanya seperti minum pil pencahar. Terkadang aku berpikir apa yang mereka lakukan setiap harinya. Apakah mereka selalu duduk di depan komputer dan mengomentari tentang TWILIGHT meski mereka berada di tempat yang jauh?" tuturnya di tahun 2013 silam.

Aktor ganteng asal Inggris ini juga sempat menyampaikan, "Berperan sebagai peran yang sama untuk beberapa waktu membuatmu kehilangan ide. Kamu merasa tak berguna dan tak tahu harus melakukan apa lagi. Bukan berarti aku ingin lari. Tapi makin hari, aku makin kacau. Aku tak pernah menganggap bahwa peran ini jelek, hanya saja aku sudah berada di titik akhir. Seperti berada dalam titik 'aku tak ingin bermain dalam film remaja lagi'."

Hingga saat ini, baik Pattinson maupun Kristen mengalami kesulitan saat memilih peran ataupun cerita film yang akan dibintanginya. Mereka bahkan tak pernah membintangi film box office seperti aktor dan aktris papan atas Hollywood lainnya.

HARRY POTTER

Memulai karirnya sejak kecil, bintang HARRY POTTER tak bisa lepas dari image mereka © Warner Bros.Memulai karirnya sejak kecil, bintang HARRY POTTER tak bisa lepas dari image mereka © Warner Bros.

Apa yang dialami oleh Leonardo DiCaprio, Kate Winslet, Robert Pattinson, dan Kristen Stewart tak sebanding dengan bintang HARRY POTTER. Memulai karirnya sejak masih kecil, para pemain film adaptasi novel JK Rowling ini benar-benar sudah melekat dengan image dan karakter yang mereka mainkan.

Di usianya yang sudah 28 tahun, Daniel Radcliffe tetap dikenal sebagai Harry Potter, begitu pula dengan Emma Watson yang memainkan karakter Hermione Granger, dan sederet bintang lainnya seperti Rupert Grint, Tom Felton, Matthew Lewis dan masih banyak lagi.

Meski sudah membintangi banyak film setelah HARRY POTTER, bintang-bintang berbakat ini tetap sulit menghilangkan memori fans akan karakter mereka. Tak heran jika film-film baru yang dibintanginya tak mampu menembus box office.

Daniel tolak tawaran main HARRY POTTER lagi @ SplashnewsDaniel tolak tawaran main HARRY POTTER lagi @ Splashnews

Impian fans yang berharap agar ada sequel HARRY POTTER harus berbuah pahit ketika Daniel menolak mentah-mentah tawaran tersebut. "Aku cenderung untuk menolaknya. Seperti yang aku tahu, hal itu adalah bagian yang sangat pendek dan tak layak diadaptasi untuk film," tuturnya saat menghadiri acara Television Critics Association (TCA) tahun 2014 lalu.

Lelah dengan dunia sihir, Daniel pasti ingin menghilangkan image Harry Potter dalam dirinya. Sama seperti aktor-aktor Hollywood yang lain, ia ingin terus berkembang dan membintangi berbagai genre film untuk menunjukkan jika kemampuan aktingnya tak hanya sebatas sebagai seorang penyihir saja.

THE LORD OF THE RINGS

Elijah Wood dan Billy Boyd, dua bintang utama yang karirnya meredup © New Line CinemaElijah Wood dan Billy Boyd, dua bintang utama yang karirnya meredup © New Line Cinema

Siapa yang bisa melupakan karakter Hobbit yang diperankan oleh Elijah Wood (Frodo Baggins) dan Billy Boyd (Peregrin Took) dalam THE LORD OF THE RINGS? Kedua aktor ini benar-benar punya karakter yang kuat dan begitu lekat dalam image mereka bahkan hingga sekarang.

Saat mendengar kata Hobbit, kamu pasti akan langsung terbayang wajah keduanya. Sayangnya, gara-gara hal itu mereka kehilangan masa keemasannya di industri film Hollywood. Hingga saat ini Elijah dan Billy tak bisa menghilangkan image mereka dalam THE LORD OF THE RINGS.

Film-film baru yang dibintanginya bahkan jarang menjadi bahan perbincangan. Kemampuan aktingnya pasti akan selalu dibanding-bandingkan. Tentu bukanlah hal yang menyenangkan bagi mereka yang berkarir sebagai seorang aktor bukan?

FRANCHISE FILM IKONIK & KARIR BINTANGNYA YANG MEREDUP

Apa yang disampaikan dalam ulasan di atas membuktikan jika franchise film-film ikonik seperti itu memang membuat para pemainnya sukses dan berjaya. Namun, era keemasan yang mereka nikmati akan menghilang begitu saja seiring berjalannya waktu.

Membintangi film dengan karakter yang seakan memang diciptakan untuk mereka membuat para aktor dan aktris ini kehilangan pesonanya. Image yang begitu melekat dalam dirinya membuat mereka merasa lelah dan kesulitan menemukan tantangan baru.

Bahkan meski sudah mencoba, mereka seakan tak bisa berkembang karena publik akan selalu membanding-bandingkan kualitas akting mereka di film-film terbarunya. Sungguh sebuah dilema yang sangat menyiksa bukan?

(kpl/sry)

Editor:  

Sora Soraya