Wawancara Chris Hemsworth dan Sutradara EXTRACTION, Jerih Payah Fisik Demi Adegan Ciamik

Mahardi Eka Putra   | Jum'at, 24 April 2020 18:21 WIB
Wawancara Chris Hemsworth dan Sutradara EXTRACTION, Jerih Payah Fisik Demi Adegan Ciamik

Kapanlagi.com - EXTRACTION menjadi semacam reuni bagi Chris Hemsworth, Joe Russo dan sutradara Sam Hargrave. Ketiganya pernah berada dalam satu proyek, yakni AVENGERS: ENDGAME. Pada waktu itu, Joe duduk di kursi sutradara sementara Sam adalah salah satu stunt coordinator. Boleh dikatakan, ketiganya sudah bukan orang baru dalam menggarap film laga sarat adegan aksi. 

Namun, dalam film produksi Netflix ini baik Chris dan Sam mengaku ditantang lebih lagi dalam proses syutingnya. Tantangannya tak lain adalah menguras fisik mereka lebih lagi demi menghasilkan adegan yang ciamik. Dari beberapa trailer dan video di balik layar, EXTRACTION menjanjikan adegan aksi berdurasi panjang. 

Dalam wawancara via telepon bersama KapanLagi pekan lalu, Chris dan Sam berbagi cerita mengenai betapa serunya proses syuting dan menguras fisik keduanya. 

 

 

1 dari 4 halaman

1. Sutradara yang Tidak Duduk Manis Saja

Sutradara yang Tidak Duduk Manis Saja Netflix
Sam yang sudah malang melintang sebagai stunt coordinator punya pendekatan unik dalam menyutradarai debut filmnya ini. Ia turun langsung sedekat mungkin dengan para cast ketika mereka melakukan adegan laga. Ya, saking dekatnya ia sampai duduk di kap mobil yang melaju sambil memegang kamera sambil terus mengambil gambar.

Meski sudah terbiasa secara fisik untuk melakoni adegan laga, ini kali pertama Sam harus melakukannya dengan membawa kamera di tangan. Hal tersebut menjadi tantangan berat baginya. Terlebih ketika ia harus mengambil gambar untuk sebuah adegan yang durasinya mencapai 12 menit. 

"Ada adegan sepanjang 12 menit yang kulakukan sambil memegang kamera dan lari-lari naik turun tangga, lompat dari satu kendaraan ke yang lainnya, masuk lewat jendela. Aku memang sudah melatih diriku untuk melakukan itu semua, aku sudah siap. Namun, lain persoalan kalau aku harus mengoperasikan kamera besar juga. Itu yang menurutku paling menguras tenaga," ceritanya. 

 

2 dari 4 halaman

2. Syuting Berguling di Hawa 40 Derajat Celcius

Syuting Berguling di Hawa 40 Derajat Celcius Netflix
Hal yang sama juga dirasakan oleh Chris Hemsworth. Ia yang sudah terbiasa melakoni stunt ketika menjadi Thor atau Agent MIB merasakan fisiknya dikuras selama syuting EXTRACTION. Adegan-adegan dalam film ini sebagian besar diambil memakai kamera tunggal. Jadi, ketika ada kesalahan, mau tidak mau harus mengulang proses pengambilan gambar. 

"Kami pakai satu untuk melakukan take secara berkelanjutan. Tidak boleh ada kesalahan supaya hasilnya sempurna. Kalau kami sudah berhasil syuting 99 persen tapi ada kesalahan, kami harus ulang dari awal. Prosesnya sungguh intens dan ada sedikit was-was juga. Namun di akhir syuting kami bisa merasakan betapa leganya melakukan itu semua," ujarnya.

Dalam perannya sebagai Tyler Rake, Chris melakoni banyak adegan berlari, baku hantam, menembak, sampai melompat. Semuanya harus dilakukannya dengan suhu udara 40 derajat Celcius. Ia dan kru melakukan pengambilan gambar di India.

"Aku didorong untuk beraksi lebih di sini. Belum lagi suhunya 40 derajat celcius di sana, sambil pegang alat-alat perang, ada banyak ledakan dan benda terbakar. Kami lari-lari, kami bertarung, dan berguling-guling," pungkasnya.

 

 

3 dari 4 halaman

3. Sinopsis EXTRACTION

EXTRACTION mengisahkan perjalanan Tyler Rake, seorang tentara bayaran di pasar gelap yang tak kenal takut. Suatu hari, seorang gembong penjahat internasional yang sedang dipenjara menyewa Tyler untuk menyelamatkan anak laki-lakinya yang diculik. 

Namun, dunia kriminal yang kelam, di mana banyak terdapat perdagangan senjata dan penyelundupan narkoba, membuat misi yang sulit ini menjadi lebih mematikan dan akan mengubah kehidupan Tyler dan anak tersebut selamanya. 

4 dari 4 halaman

4. Tonton di sini perjuangan Chris dan Sam dalam melakukan syutingnya


EXTRACTION sudah dapat disaksikan di Netflix per Jumat (24/4) ini. Selamat menonton KLovers. 

(kpl/dka)

Editor:  

Mahardi Eka Putra