Wow, Festival Film Ini Banyak Memutar Film Bertaraf Internasional

Angga S Priyono | 10 September 2014, 11:12 WIB
Wow, Festival Film Ini Banyak Memutar Film Bertaraf Internasional
Kapanlagi.com - Apakah kamu pernah mengunjungi sebuah festival film? Ya, acara tersebut merupakan sebuah galeri seni untuk karya sinema terpilih dari berbagai filmmaker. Biasanya masing-masing, memiliki tema dan ruang lingkup yang berbeda dalam setiap perhelatannya.

Dan salah satu festival film yang ada di Indonesia adalah ARKIPEL Jakarta International Documentary & Experimental Film Festival merupakan. Acara ini diadakan bertujuan untuk sebagai penggagas dan menjadi ruang diskusi untuk membicarakan sinema dan media secara umum. Segala topik tentang teknis dan non teknis pembuatan, pengolahan serta proses akhir dapat dibicarakan di sini

ARKIPEL Festival diselenggarakan oleh Forum Lenteng yang menghadirkan film-film dokumenter dan eksperimental dari seluruh dunia. Setiap perhelatannya festival film ini memiliki beberapa program yang akan diselenggarakan, seperti International Competition, Curatorial Programs, Special Screening, Exhibition Colonize Cinematography,
Discussion, dan Workshop.

Untuk 2014, festival film tahunan ini diselenggarakan pada tanggal 11 hingga 21 September mendatang. Acara akan diadakan di berbagai tempat, seperti Graha Bhakti Budaya-Taman Ismail Marzuki, Kineforum-DKJ, Studio XXI Taman Ismail Marzuki, Goethehaus Jakarta dan Gedung Produksi Film Negara.

ARIKIPEL © ARKIPEL FILM FESTIVALARIKIPEL © ARKIPEL FILM FESTIVAL

ARIKIPEL © ARKIPEL FILM FESTIVAL

Melanjutkan apa yang telah ada tahun lalu, kali ini ARKIPEL Festival juga mengadakan International Special Screening yang mengundang beberapa festival film dan seni seperti Images Festival (Kanada), Yamagata International Documentary Film Festival (Jepang), Hamburg International Short Film Festival (Jerman), dan Bangkok Experimental Film Festival (Thailand).

Selain itu, ARKIPEL juga akan menayangkan secara khusus film-film yang disutradarai oleh Alexander Kluge, Shinsuke Ogawa, Peter Snowdon dan film hasil kolaborasi Daniel Costelle, Isabelle Clarke, Jean-Louis Guillaud, serta Henri de Turenne. Program ini akan bekerjasama dengan pusat kebudayaan asing Goethe Institut (Jerman), Japan Foundation (Jepang), Pusat Kebidayaan Prancis (IFI) dan British Council (Inggris). Special Screening akan ditayangkan di Kineforum-Taman Ismail Marzuki, Goethehaus, dan gedung Produksi Film Negara.

Dengan begitu banyaknya sineas dan film-film bertaraf internasional kamu tentu tidak akan rugi jika datang ke sana. Karena bisa menyaksikan secara resmi begitu banyak karya dari berbagai negara. Untuk lebih jelasnya, kamu bisa kunjungi ke website ARKIPEL Film Festival 2014.

(kpl/sic)

Editor:  

Angga S Priyono

TOPIK TERKAIT