Ariana Grande Tuntut Forever 21 Jiplak Karyanya, Minta Ganti Rugi 141 Miliar

Rezka Aulia | Rabu, 04 September 2019 22:15 WIB
Ariana Grande Tuntut Forever 21 Jiplak Karyanya, Minta Ganti Rugi 141 Miliar

Kapanlagi.com - Ariana Grande baru saja melayangkan tuntutan hukum pada brand Forever 21. Penyanyi satu ini menuduh brand kenamaan ini menggunakan model yang meniru video klip 7 Rings milik Ariana. Upaya peniruan ini dilakukan oleh Forever 21 setelah Ariana menolak tawaran kerjasama di awal 2019.

Forever 21 dan sister company mereka bernama Riley Rose menggunakan nama, kemiripan dan properti intelektual milik Ariana untuk mempromosikan brand mereka. Dilansir dari People, Ariana menolak tawaran kerjasama karena kompensasi yang ditawarkan tak sesuai untuknya.

1 dari 2 halaman

1. Jiplak Karya Ariana Tanpa Persetujuan

Jiplak Karya Ariana Tanpa Persetujuan © instagram/arianagrande - instagram/forever21 via buzzfeed
Menurut tim Ariana, kedua brand itu telah melakukan promosi di website dan sosial media dengan mendompleng kesuksesan karya Ariana Grande. Album Thank U, Next dicontek untuk promosi brand itu tanpa persetujuan Ariana.

"Forever 21 mempublikasikan setidaknya 30 foto dan video yang menyalahgunakan nama, imej, kemiripan dan musik yang bertujuan untuk menciptakan persepsi yang salah atas endorsement Ariana," tulis tim kuasa hukum Ariana dilansir dari People.

Brand tersebut juga memilih model yang memiliki kemiripan dengan Ariana. Pakaian dan rambut sang model dibuat mirip dengan penampilan Ariana di video klip 7 Rings. Tak tanggung-tanggung, Forever 21 juga diduga memai lirik Ariana sebagai sumber caption mereka.

2 dari 2 halaman

2. Minta Ganti Rugi 141 Miliar Rupiah

Kini unggahan yang dituduh meniru karya Ariana memang telah dihapus oleh Forever 21. Namun perusahaan pakaian ini tetap menghadapi tuntutan tak kurang dari 10 juta dollar alias 141 miliar rupiah dari Ariana. Jumlah ini dianggap Ariana sepadan dengan kerugian yang diterima Ariana serta keuntungan menjual produk yang menjiplak karyanya.

Ariana Grande bukan selebriti pertama yang melayangkan tuntutan hukum pada perusahaan fashion. Sebelumnya Kim Kardashian mendapat 2,7 juta dollar (38 miliar rupiah) dari brand Missguided. Pasalnya brand satu ini mencuri foto Kim untuk digunakan mempromosikan produk mereka.

 

(kpl/rna)


Editor:  

Rezka Aulia

↑