Bangkai Mobil James Dean Ditawar US$1 Miliar

Editor KapanLagi.com | 01 September 2005, 22:38 WIB
Kapanlagi.com - Sebuah museum mobil Amerika Serikat berencana membeli bangkai mobil mendiang aktor James Dean, yang meninggal pada 1955 lalu karena insiden kecelakaan. Harga yang ditawarkan adalah sejumlah US$1 Miliar.

Mobil Porsche 550 Spyder milik Dean memang secara misterius menghilang hampir 50 tahun yang lalu, setelah 3 tahun insiden kecelakaan yang menimpa dirinya. Rongsokan itu kemudian dibawa oleh teman dekat Dean, George Barris, yang juga menjadi pencipta rancangan batmobile.

Barris sudah menambahkan angka 130 dan menuliskan julukan ‘Little Bastard' (Bajingan Kecil) di belakang bangkai mobil Dean itu, atas permintaan sang aktor sendiri. Setelah insiden tersebut berlalu, Barris menyumbangkan mobil tersebut pada pihak kepoilisian untuk kampanye mengemudi aman.

Museum Volo Auto di Illinois sudah memberikan penawaran pada mobil itu untuk kepentingan pameran mobil memperingati 50 tahun kematian Dean. Beberapa sisa-sisa tabrakan, termasuk pintu penumpang yang masih utuh, akan ditampilkan pada bulan depan.

“Menurut sejarah, ini adalah mobil yang terpenting sepanjang masa, dan sekarang sudah menjadi milik pihak museum”, ujar Greg Grams selaku pimpinan museum. Dean meninggal dunia pada 30 September 1955 silam, ketika mengalami tabrakan mobil di Cholame, California. Perjalanan karir dan kematiannya yang tragis, menjadikannya seorang tokoh yang dikultuskan. (iol/dni)