Bukti-Bukti Standar Ganda Media Inggris, Selalu Bandingkan Meghan Markle dengan Kate Middleton

Sora Soraya   | Rabu, 15 Januari 2020 17:55 WIB
Bukti-Bukti Standar Ganda Media Inggris, Selalu Bandingkan Meghan Markle dengan Kate Middleton

Kapanlagi.com - Keputusan Pangeran Harry dan Meghan Markle untuk mundur dari posisi Senior Royals mendapat kecaman dari publik dan media Inggris. Meski Ratu Elizabeth II sudah memberikan izin dan dukungan sepenuhnya untuk mereka, berbagai kabar miring tentang Meghan tetap saja beredar.

Di saat Ratu Elizabeth II menyebut Meghan Markle sebagai keluarga yang berharga, berbagai respon pun mulai bermunculan. Namun, pernahkah kamu menyadari jika selama ini ada standar ganda dalam pemberitaan media Inggris yang selalu membandingkan sosok Meghan dengan Kate Middleton?

Dilansir dari Buzz Feed, berikut ini merupakan kompilasi headline media Inggris yang selalu menerapkan cara berbeda untuk isu dan hal sama yang dilakukan Meghan dan Kate. Jika Kate dituliskan dengan tone positif dan suportif, Meghan selalu disampaikan dengan tone negatif dan cenderung menyalahkan.

1 dari 6 halaman

1. Soal Fashion

Soal Fashion as tagged via Buzz Feed
Seorang jurnalis bernama Sarah Vine dari situs Mail Online kerap memuji penampilan dan selera fashion Kate Middleton dalam artikelnya. Ia menyebutkan jika Kate adalah seorang fashionista sejati yang mampu menunjukkan pesona elegan dan layak sebagai seorang putri Kerajaan Inggris.

Berbeda dengan Meghan Markle, Sarah Vine menuliskan jika keluarga kerajaan itu seharusnya menjaga tradisi, melayani, dan melaksanakan tugasnya. Bukan berfokus pada dunia fashion dan dipandang sebagai panutan dalam dunia mode.

2 dari 6 halaman

2. Gesture di Masa Kehamilan

Gesture di Masa Kehamilan as tagged via Buzz Feed
Tidak hanya fashion, gesture tubuh Kate dan Meghan juga kerap dibanding-bandingkan. Terutama saat keduanya sedang hamil dan menghadiri berbagai event kerajaan.

Seperti biasa, Kate selalu dipuja-puja berkat penampilannya yang elegan dan stylish. Gesture saat menyentuh baby bump-nya pun dianggap sebagai simbol protektif dan naluri keibuan dalam dirinya. Sementara berita Meghan berusaha menggiring pembaca dengan memakai tone negatif seperti yang terlihat jelas dalam judul.

3 dari 6 halaman

3. Permintaan Saat Royal Wedding

Permintaan Saat Royal Wedding as tagged via Buzz Feed
Masih ingat dengan Royal Wedding yang sangat fenomenal? Dalam sebuah artikel, Duchess of Cambridge dilaporkan meminta wewangian berupa lilin mewah dari brand Jo Malone untuk dikirimkan di venue pernikahan. Media Inggris mencoba menuliskan deskripsi mendalam soal lilin yang diminta Kate.

Lain halnya dengan Meghan, mengajukan permohonan yang sama untuk acara pemberkatan nikah di St. George Chapel, keinginan Meghan justru ditolak dan disebut sebagai pelanggaran aturan kerajaan.

4 dari 6 halaman

4. Buket Bunga

Buket Bunga as tagged via Buzz Feed
Dari judulnya saja, kamu bisa melihat bagaimana kesenjangan di antara Kate dan Meghan yang diciptakan media Inggris. Saat Kate dipuja-puja karena penampilannya yang begitu anggun saat Royal Wedding, Meghan cenderung disalahkan karena buket bunga miliknya dianggap bisa membahayakan nyawa Charlotte Elizabeth Diana.
5 dari 6 halaman

5. Acara Pembaptisan

Acara Pembaptisan as tagged via Buzz Feed
Kedua headline artikel di atas menyebutkan jika Ratu Elizabeth II berhalangan hadir di acara pembaptisan Louis Arthur Charles dan Archie Harrison Mountbatten Windsor. Untuk isu yang sama, lagi-lagi media Inggris menerapkan standar ganda dan cara pendekatan yang berbeda.

Isi berita Kate disampaikan dengan tone positif dan tetap mendukung sang Duchess. Namun artikel Meghan dituliskan dengan gaya cenderung menyalahkan, menyebut istri Pangeran Harry itu tidak menjaga tradisi dan tidak mampu memilih tanggal yang tepat di saat jadwal ratu begitu padat.

6 dari 6 halaman

6. Kedekatan dengan Ratu Elizabeth II

Kedekatan dengan Ratu Elizabeth II as tagged via Buzz Feed
Ada standar ganda yang terlihat sangat jelas dalam kedua artikel ini. Kate Middleton dipuja atas kedekatannya dengan Ratu Elizabeth II lewat cara berbusananya. Sementara Meghan dilaporkan membangkang dan tak menuruti perintah ratu saat disuruh memakai topi hijau untuk menghormati para korban yang meninggal dalam tragedi kebakaran Grenfell Tower.

(buz/sry)


Editor:  

Sora Soraya

↑