Dianggap Lecehkan Budaya Jepang, Kim Kardashian Akhirnya Ubah Merk Pakaian Dalamnya

Rezka Aulia | Rabu, 03 Juli 2019 18:00 WIB
Dianggap Lecehkan Budaya Jepang, Kim Kardashian Akhirnya Ubah Merk Pakaian Dalamnya

Kapanlagi.com - Kim Kardashian kembali tuai kontroversi, kali ini karena satu lini bisnisnya. Ibu empat anak ini baru saja meluncurkan shape-wear yang diberi merk Kimono by Kim Kardashian West. Pakaian dalam yang bisa membantu memberi lekuk tubuh ideal ini langsung jadi perhatian publik. Bukan karena desain atau khasiatnya, namun karena dianggap sudah melecehkan pakaian nasional Jepang, Kimono.

Kim Kardashian pun langsung dikecam warga Jepang dan dunia atas cultural appropriating. Semula Kim bersikukuh tetap mengenakan merk 'Kimono', namun banyaknya kecaman membuatnya berubah pikiran. Kini Kim mengumumkan perubahan merk pakaian dalam rancangannya.

1 dari 2 halaman

1. Ketulusan Kim

© instagram/KimKardashian
"Saat aku mengumumkan merk shapewearku aku memiliki niat baik. Merk dan produk ini dibuat dengan inklusivitas dan keberagaman sebagai pemikiran inti. Namun setelah pertimbangan panjang, aku akan merilis brand ini dengan nama baru," tulis Kim dalam pengumuman yang ia tulis di instagram.

Merk 'Kimono' sendiri merupakan gubahan sederhana dari nama Kim. Shapewear alias pakaian dalam yang dijual Kim sendiri tak memiliki nuansa atau aksen Jepang sama sekali. Banyak yang menyaranakn Kim segera mengubah merknya agar tak menjadi masalah lebih besar, dan ia menerima masukan ini.

2 dari 2 halaman

2. 15 Tahun Persiapan

Hingga berita ini ditulis, akses sosial media dan situs resmi 'Kimono' telah ditutup. Pakaian dalam yang ditawarkan Kim ini menjanjikan bisa membentuk lekuk tubuh jadi lebih indah. 'Kimono' juga ditawarkan dalam beberapa warna basic yang menyerupai beberapa warna kulit wanita di seluruh dunia.

Kim sendiri mengaku menciptakan 'Kimono' setelah kesulitan mencari shapewear yang cocok untuk dikenakan beragam bentuk dan siluet tubuh. Terutama saat ia harus mengenakan dress atau rok yang amat ketat.

"Aku sudah menaruh minta pada hal ini selama 15 tahun. 'Kimono' adalah salah satu solusiku untuk para wanita yang benar-benar berhasil. Dulu aku harus menggunting shapewearku agar sesuai dengan tubuhku," terang Kim saat perilisan 'Kimono' beberapa waktu yang lalu.

 

(kpl/rna)


Editor:  

Rezka Aulia

↑