Etta James Masuk Rumah Sakit

Noviana Indah TW | 30 Januari 2010, 17:40 WIB
Kapanlagi.com - Penyanyi R&B peraih Grammy, Etta James, dirawat di rumah sakit selama hampir satu pekan di dekat rumahnya di Southern California untuk menjalani perawatan karena bermacam penyakit, termasuk infeksi saluran darah, kata putranya pada Jumat (29/01) kemarin.

Bintang yang berusia 72 tahun tersebut, yang terkenal karena baladanya At Last, jatuh sakit setelah memasuki pusat detoksifikasi satu bulan lalu untuk menjalani perawatan karena kecanduan obat penghilang rasa sakit dan kelebihan obat, kata Donto James.

Karena kondisinya bertambah buruk, ia dipindahkan ke instalasi perawatan, kemudian ke Riverside Community Hospital di dekat rumahnya di sebelah timur Los Angeles, katanya.

"Ia telah menghadapi perjuangan besar," kata Donto James, putra tertuanya.

Pesohor itu dirawat karena sejumlah penyakit, termasuk sepsis, kondisi medis serius yang ditandai oleh kondisi radang di seluruh tubuh, infeksi yang berpotensi menimbulkan kematian jika menyebar ke seluruh aliran darah.

Dalam kasusnya, kondisinya diduga telah berawal dari infeksi saluran urin, kata putranya. Ia menyatakan penyakit itu mungkin adalah kambuhnya infeksi yang pernah ia derita saat tampil di dalam acara ABC, DANCING WITH THE STARS, April lalu.

Donto James, yang bermain sebagai band pendukung ibunya dan CEO satu rumah pemulihan dari kecanduan di Riverside, mengatakan ibunya juga menderita kesulitan berbicara, yang penyebabnya dikatakan belum dipastikan.

Ia percaya sebagian penyakit tersebut mungkin telah disebabkan oleh ledakan tahun lalu mengenai penampilan Beyonce di At Last di gedung pelantikan Presiden Barack Obama. James menyampaikan kemarahan itu karena ada orang lain melantunkan lagu itu buat presiden Amerika tersebut.

Putranya mengatakan para dokter di Hospital Riverside berencana memperkenankan James pulang secepatnya dan memindahkan dia ke instalasi perawatan terampil untuk menjalani perawatan lebih lanjut. Ia tak yakin bahwa James cukup sehat untuk diperkenankan pulang.

Dengan lagu seperti The Wallflower dan Good Rocking Daddy, peraih tiga kali Grammy tersebut adalah tokoh penting pada hari-hari awal rock n roll. Ia dimasukkan ke dalam Rock and Roll Hall of Fame pada 1993, kendati ia juga meniti jalur blues, soul, dan R&B.

James mengalami pasang-surut di dalam karir dan kehidupan pribadinya, dan berjuang melawan kegemukan serta kecanduan heroin. Pada 2003, ia menjalani operasi bypass lambung dan kehilangan lebih dari 200 pon.   (ant/npy)

Editor:  

Noviana Indah TW