Hadirkan Tema 'Camp: Notes on Fashion', MET Gala 2019 Janjikan Visual Lebih Berani

Rezka Aulia | Senin, 06 Mei 2019 16:40 WIB
Hadirkan Tema 'Camp: Notes on Fashion', MET Gala 2019 Janjikan Visual Lebih Berani

Kapanlagi.com - Para selebritis Hollywood sudah mulai melakukan throwback penampilan MET Gala mereka. Ajang fashion yang selalu dinanti ini memang selalu digelar di Senin pertama di bulan Mei setiap tahunnya. Kurang dari 24 jam, kita akan melihat parade fashion terkini di MET Institute, New York.

Acara yang setiap tahunnya dihelat oleh Metropolitan Museum of Art ini selalu hadir tema dress code yang menarik. Tema untuk tahun ini sendiri telah diumumkan pada publik sejak Oktober 2018 lalu. Mengusung tema Camp: Notes On Fashion, MET Gala tahun ini akan semakin meriah dengan kehadiran Lady Gaga, Harry Styles, Serena Williams dan Anna Wintour sebagai co-chairman.

1 dari 3 halaman

1. Camp: Notes on Fashion

Camp: Notes on Fashion © AFP
Mendengar tema tentang camping rasanya mustahil bisa menyatu dengan keindahan fashion kelas tinggi. Namun menurut Andrew Bolton, kurator dari MET Institute, camping bisa menjadi inspirasi high fashion. Tema ini sendiri merupakan adaptasi dari essay milik jurnalis Susan Sontag di tahun 1964.

Menurut Susan Sontag, Camp memiliki arti sebagai sesuatu yang penuh humor, kocak, dan penuh profanity dalam budaya kolektif. Sedangkan bila diterjemahkan dalam dunia fashion, Camp memiliki arti berani, ironic, dan bisa kita lihat dari karya beberapa desainer seperti Marc Jacobs atau Alessandro Michele.

2 dari 3 halaman

2. Modern Camp

Modern Camp © AFP
Bila kata camping identik dengan tampilan ala mendiang Steve Irwin sang petualang. Dapat dipastikan nanti tak ada tampilan sederhana dengan dominasi warna coklat di karpet merah MET Gala. Pasalnya co-host tahun ini memang selebritis yang memiliki tampilan fashion bukan main.

Lady Gaga tak pernah takut bereksperimen dengan pilihan fashionnya. Harry Styles juga menjadi pria fashionista yang beberapa kali menjadi icon Gucci. Kontribusi Serena Williams sebagai atlet tennis memang sedikit dipertanyakan. Namun jangan lupa, atlet satu ini bergaul dengan selebritis dunia selevel Meghan Markle dan Amal Clooney.

 

3 dari 3 halaman

3. Tema Menarik

Tema Met Gala akan diumumkan oleh komite setelah masa pameran berakhir, kurang lebih satu atau dua bulan setelah pameran usai. Hal ini dilakukan agar para selebriti memiliki waktu persiapan yang cukup untuk mengikuti dress code yang ditentukan.

Pemberian tema di MET Gala diberlakukan sejak 1971, meskipun demikian tak banyak dokumentasi acara di masa pra-sosial media ini. MET Gala mulai menjadi sorotan dan konsumsi publik yang lebih luas sejak era sosial media. Tahun lalu MET sempat kontroversial karena memadukan fashion dan Katolik lewat tema: Heavenly Bodies: Fashion and the Catholic Imagination.

 

(kpl/rna)


Editor:  

Rezka Aulia

↑