Kilas Balik Perjalanan Karir Aktor Pemenang 4 Oscars 2020

Editor KapanLagi.com  | 19 Februari 2020, 10:36 WIB
Kilas Balik Perjalanan Karir Aktor Pemenang 4 Oscars 2020

Kapanlagi.com - Acara penghargaan bergengsi di Hollywood “Oscar” adalah salah satu acara penghargaan film di Amerika yang memberikan apresiasi terhadap prestasi karya-karya di dunia perfilman. Para pemenang nominasi kategori akan mendapatkan sebuah piala penghargaan yaitu Academy of Merit atau lebih dikenal dengan piala Oscar.

Ada 9 kategori yang menjadi aspek penilaian kelayakan film yang bisa mendapatkan nominasi di penghargaan Oscar. Mulai dari produksi, akting, produksi teknis, musik, suara, kostum dan tata rias, animasi, dokumenter dan lain-lain. Semua kategori ini telah ditentukan dan dipilah oleh pihak Academy of Motion Picture Arts and Sciences selaku penyelenggara. Tentu saja, acara penghargaan piala Oscar ini sangat dinanti oleh para selebritis Hollywood dan para penggemar di seluruh dunia yang menantikan siapa saja yang akan menyabet piala pada perhelatan Oscar ke-92 2020 tahun ini.

Ada 4 nominasi kategori yang menjadi salah satu nominasi utama dalam penghargaan Oscar dan tentunya nominasi ini sangat dinantikan oleh para selebritis yang menjadi pemeran dalam setiap filmnya. Salah satunya ada Best Actor, Best Actress dan Best Supporting Actor.

Nominasi Best Actor diraih oleh Joaquin Phoenix dalam perannya di film “JOKER” yang juga meraih penghargaan dalam nominasi original score. Kemudian nominasi Best Actress diraih oleh Renee Zellweger dalam perannya di film “JUDY” dan nominasi Best Supporting Actor diraih oleh Brad Pitt sebagai pemeran pendukung di film “ONCE UPON A TIME..IN HOLYWOOD” yang juga meraih penghargaan production design.

Pencapaian yang luar biasa dari Joaquin Phoenix, Renee Zellwager dan Brad Pitt tidak terlepas dari sejarah perjalanan karir mereka dari awal hingga sekarang mendapatkan apresiasi yang luar biasa di penghargaan piala Oscar 2020. Berikut beberapa kilas balik perjalanan karir perfilman para pemenang Best Actor, Best Actress dan Best Supporting Actor piala Oscar 2020:

1. Joaquin Phoenix

sumber: kapanlagi.comsumber: kapanlagi.com

Nominasi Penghargaan

Namanya mulai meroket kembali setelah kesuksesan peran beraktingnya dalam film “JOKER” yang sempat menjadi kontroversi di kalangan masyarakat namun sangat diapresiasi karena totalitasnya dalam mendalami peran seorang Joker. Ia membawa pulang piala penghargaan Golden Globe pada tahun 2020 sebagai Best Actor yang mengalahkan beberapa aktor lainnya yang tidak kalah hebatnya. Joaquin Phoenix telah dinominasikan dalam Golden Globes sebanyak lima kali dalam sepanjang karirnya, namun ia hanya membawa pulang satu penghargaan untuk perannya dalam film “WALK THE LINE” pada tahun 2006.

Berkat perannya dalam film “THE MASTER” pada tahun 2012 Joaquin Phoenix berhasil meraih kategori Best Actor dalam penghargaan Volpi Cup. Berperan sebagai seorang detektif swasta pecandu narkoba dalam film adaptasi dari buku karya Thomas Pynchon, Golden Globe Awards tahun 2015 memasukkan nama Joaquin Phoenix dalam daftar nominasinya. Dua tahun berselang Joaquin bermain dalam film “YOU WERE NEVER REALLY HERE” karya Lynne Ramsay dan berhasil meraih kategori Best Actor di Cannes Film Festival Awards 2017. Dan di tahun 2020 kembali Joaquin Phoenix berhasil meraih penghargaan dalam Piala Oscar ke-92 tahun 2020 sebagai Best Actor dan ini adalah penghargaan ke-4 Joaquin Phoenix sebagai Best Actor di industri perfilman Hollywood.

Joaquin Phoenix dalam film Joaquin Phoenix dalam film

2. Renee Zellweger

sumber: imdbsumber: imdb

Kembalinya Renee Zellweger

Renee Zellweger berhasil menyabet Piala Oscar 2020 sebagai Best Actress lewat perannya sebagai Judy Garland dalam film berjudul “JUDY”. Ini merupakan piala Oscar pertama Renee setelah dirinya vakum dari industri perfilman Hollywood dari tahun 2010-2016. Pada masa awal karir filmnya, Renee meraih penghargaan Golden Globe Awards pada tahun 2000 atas perannya sebagai seorang pelayan yang manis dalam film “NURSE BETTY”. Berselang satu tahun ia masuk kedalam daftar nominasi BAFTA Awards, Golden Globe Awards dan juga Academy Awards melalui keberhasilan perannya sebagai wanita Inggris yang bertekad memperbaiki diri di film “BRIDGET JONES'S DIARY” (2001).

Renee kembali mendapatkan penghargaan Golden Globe keduanya dan nominasi Oscar keduanya melalui film “CHICAGO” (2002). Film bergenre melodrama “COLD MOUNTAIN” (2003) berhasil memberikannya penghargaan BAFTA, Golden Globe dan Oscar sebagai Aktris Pendukung Terbaik. Melalui peran apiknya dalam memerankan sosok Judy Garland dalam film “JUDY” tahun 2019 membawanya meraih penghargaan Golden Globe ke-4 dan ke-4 kalinya masuk dalam nominasi Oscar. britanicca.com

Renee Zellweger dalam film Renee Zellweger dalam film

3. Brad Pitt

sumber: imdbsumber: imdb

Aktor yang paling terkenal

Siapa yang tak kenal seorang Brad Pitt? Aktor kelahiran 1963 ini meskipun telah menginjak usia 57 tahun tetapi kharisma dalam setiap film yang diperankannya tidak akan pudar oleh jaman. Memulai awal karirnya pada tahun 90-an, pada tahun 1995 melalui film psikologis thriller “TWELVES MONKEY” adalah pencapaian pertama Pitt dinominasikan dalam penghargaan Oscar dan memenangkan penghargaan Golden Globe pertamanya pada tahun 1996. Tahun 2004 film berjudul “TROY” menjadikan Brad Pitt memiliki peranan penting tetapi sangat disayangkan box office dan masyarakat memberikan rating rendah untuk film ini. Namun, film ini adalah film pertama yang diproduksi Brad Pitt dibawah naungan perusahaannya Plan B Entertainment.

Pada tahun 2014 Brad Pitt membuktikan kembali film yang diproduksinya “12 YEARS A SLAVE” memenangkan piala Oscar pertamanya selain akting. dibuktikan Kembali menorehkan prestasi melalui film yang diproduksinya. Kesuksesan kembali diraihnya melalui film produksinya “THE BIG SHORT”(2015) yang berhasil masuk jajaran nominasi Oscar. Dan yang terakhir tahun 2019 berperan sebagai pemeran pendukung aktor bersama Leonardo Di Caprio dalam film “ONCE UPON A TIME..IN HOLLYWOOD” dan membawanya berhasil menyabet gelar Best Supporting Actor piala Oscar ke-92 tahun 2020. insider.com

Brad Pitt dan Leonardo Di Caprio para pemeran Brad Pitt dan Leonardo Di Caprio para pemeran

4. Laura Dern

Laura Dern dalam film Laura Dern dalam film

Aktris Pendukung Terbaik

Sukses dalam perannya dalam film Netflix “MARRIAGE STORY”, Laura berhasil menjadi salah satu aktris yang diperbincangkan sepanjang musim penghargaan tahun 2019-2020. Karir Laura mulai meroket semenjak ia memerankan dengan apik sosok Dr. Ellie Sattler dalam film “JURASSIC PARK”(1993). Bersama Sam Neill dan Jeff Goldblum,Laura tergabung dalam trio Jurassic Park yang melegenda sampai sekarang. Dalam film “STAR WARS: THE LAST JEDI” Laura juga berperan apik sebagai Amilyn Holdo lho KLovers, ada yang familiar dengan aksinya?. Di tahun 2015, Laura masuk nominasi Oscars untuk kedua kalinya dalam kategori Aktris Pendukung Terbaik lewat film “WILD”, tak hanya Oscars Laura juga meraih piala dari kategori yang sama sebagai Aktris Pendukung Terbaik dari ajang penghargaan Golden Globe, BAFTA, SAGA dan festival film kelas internasional lainnya. idntimes.com

Kami ucapkan selamat kepada seluruh aktor dan aktris yang berhasil membawa piala penghargaan Oscar ke-92 tahun 2020!

 


Penulis: Aurellia Ardia Pramatana

 

 

 

(kpl/mag)

Join Kapanlagi.com
↑