Pangeran Harry dan Meghan Markle Resmi Dapat Restu Dari Ratu Elizabeth: Gelar Dilepas & Tak Lagi Dapat Dana Dari Kerajaan

Gogor Subyakto   | Minggu, 19 Januari 2020 10:28 WIB
Pangeran Harry dan Meghan Markle Resmi Dapat Restu Dari Ratu Elizabeth: Gelar Dilepas & Tak Lagi Dapat Dana Dari Kerajaan

Kapanlagi.com - Belakangan ini, pasangan Pangeran Harry dan Meghan Markle tengah menjadi sorotan dunia. Hal tersebut karena keputusan mereka untuk mundur dari jabatan.

Seperti yang diketahui, pada hari Rabu (8/1) waktu setempat atau Kamis dini hari WIB (9/1), Harry dan Meghan menyatakan mundur dari anggota senior kerajaan Inggris lewat akun Instagram resmi mereka.

Tentunya keputusan tersebut menghebohkan banyak orang serta muncul banyak pertanyaan. Kini Ratu Elizabeth II sendiri dan Buckingham Palace telah merilis pernyataan mereka memberikan restu pada Harry dan Meghan.

1 dari 4 halaman

1. Pernyataan Ratu

Pernyataan Ratu Credit: Splash
Pada hari Sabtu (18/1) waktu setempat atau Kamis dini hari WIB (19/1), sebuah pernyataan membahas soal keputusan Harry dan Meghan telah dirilis.

Lewat website resmi kerajaan Inggris, sang ratu mengungkapkan bahwa pasangan tersebut telah mendapatkan restu darinya. "Setelah berbulan-bulan berbincang dan belum lama ini berdiskusi. Saya lega bahwa bersama-sama kita telah menemukan jalan maju yang konstruktif dan mendukung bagi cucu saya dan keluarganya."

"Harry, Meghan dan Archie akan selalu menjadi anggota keluarga saya yang sangat dicintai. Saya mengenali tantangan yang mereka alami sebagai hasil dari pengawasan ketat selama dua tahun terakhir dan mendukung keinginan mereka untuk kehidupan yang lebih mandiri," ungkapnya.

2 dari 4 halaman

2. Harapan Untuk Keluarga Harry

"Saya ingin mengucapkan terima kasih kepada mereka untuk semua pekerjaan khusus mereka di seluruh negeri ini, persemakmuran dan seterusnya, dan saya sangat bangga dengan bagaimana Meghan begitu cepat menjadi salah satu keluarga," tuturnya.

"Merupakan harapan seluruh keluarga saya bahwa perjanjian hari ini memungkinkan mereka untuk mulai membangun kehidupan baru yang bahagia dan damai," pungkas sang ratu.

3 dari 4 halaman

3. Tak Akan Terima Dana Kerajaan

Tak Akan Terima Dana Kerajaan Credit: Splash
Dalam postingan yang sama, pihak Buckingham Palace juga merilis pernyataan soal dukungan mereka atas keputusan Harry dan Meghan. Mereka juga mengungkapkan kalau pasangan tersebut tak akan lagi menerima dana kerajaan.

"Sebagaimana disepakati dalam pengaturan baru ini, mereka memahami bahwa mereka diharuskan untuk mundur dari tugas-tugas kerajaan, termasuk penunjukan militer resmi. Mereka tidak akan lagi menerima dana publik untuk tugas-tugas kerajaan," ungkap mereka.

4 dari 4 halaman

4. Lepaskan Gelar & Kembalikan Dana

Lebih lanjut lagi Harry dan Meghan juga tak akan lagi menyandang gelar HRH (His Royal Highness/Her Royal Highness) atau yang mulia.

"Sussex (Harry dan Meghan) tidak akan menggunakan gelar HRH mereka karena mereka tidak lagi menjadi anggota keluarga kerajaan," jelas mereka.

Selain itu, Harry dan Meghan juga akan mengembalikan dana renovasi tempat tinggal mereka di Inggris. "Duke dan Duchess of Sussex telah berbagi keinginan mereka untuk membayar kembali pengeluaran Sovereign Grant untuk perbaikan Frogmore Cottage, yang akan tetap menjadi rumah keluarga Inggris mereka."

(kpl/ssm)


Editor:  

Gogor Subyakto

↑